Disdukcapil Gianyar Raih Role Model Penyelengaraan Pelayanan Publik Kategori A

Gianyar, Koran DOR - MENGAWALI tahun 2018, Kabupaten Gianyar melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menorehkan pres...

Disdukcapil-Gianyar-Raih-Role-Model-Penyelengaraan-Pelayanan-Publik
Gianyar, Koran DOR - MENGAWALI tahun 2018, Kabupaten Gianyar melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menorehkan prestasi yang membanggakan di tingkat nasional. Disdukcapil Kabupaten Gianyar salah satu dari 14 Disdukcapil Kabupaten/ Kota se- Indonesia, yang menerima penghargaan sebagai Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik dengan Kategori A (sangat baik). Penghargaan diserahkan langsung oleh Sekretaris Menteri PANRB, diterima Kepala Disdukcapil Kabupaten Gianyar I Putu Gede Bayangkara, SH, MH didampingi Sekdakab Gianyar Ir I Made Gede Wisnu Wijaya, MM dan Asisten Administrasi Umum Setdakab Gianyar I Wayan Sudamia, SH ,MH di kantor Kementerian PANRB, Rabu (24/1).
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), akan memberikan  penghargaan kepada sejumlah unit kerja instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah, sebagai role model pelayanan publik. Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi pelayanan publik tertentu pada 72 Kabupaten/ Kota, terdapat  5 pembina pelayanan publik yang masuk dalam kategori A (sangat baik). Serta 67 unit penyelenggara pelayanan publik yang mendapatkan penghargaan dengan kategori sangat baik (A). Jumlah itu terdiri dari 14 Disdukcapil Kab/ Kota, 17 RSUD Kab/ Kota, 17 Dinas PTMTSP Kab/ Kota, 2 DPMPTSP Provinsi, 9 Polres/Ta/Tabes, 6 BPOM Provinsi, dan 2 Kantor Pertanahan.
Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengatakan, pantauan dan evaluasi ini dilakukan sebagai amanat dari Undang-Undang no 25/2009 tentang Pelayanan Publik. Berdasarkan  pasal 7 ayat (3) huruf c dan ayat (4) huruf c UU tersebut, Menteri PANRB bertugas melakukan pemantauan  dan evaluasi serta wajib membuat peringkat kinerja penyelenggaraan pelayanan publik, dan secara berkala wajib memberikan penghargaan kepada penyelenggara.
Dikatakan, monitoring dan evaluasi ini dilakukan untuk mendapat gambaran secara konkret sampai sejauh mana kepatuhan instansi pemerintah terhadap pelaksanaan UU no 25/2009.  Selain itu, juga untuk menjadikan 72 Kabupaten/ Kota sebagai pilot project keberhasilan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. “Dengan demikian, daerah tersebut dapat menjadi tempat belajar bagi instansi lain dalam peningkatan kualitas pelayanan publik,” ujar Diah.
Pemberian penghargaan dari pembina pelayanan publik nasional sebagai bentuk apresiasi atas kinerja dan capaian yang telah diperoleh, oleh unit penyelenggara pelayanan publik.  “Unit penyelenggara pelayanan publik yang telah memenuhi kriteria yang ditetapkan, agar terus mampu mempertahankan dan meningkatkan kualitasnya, sehingga tercapai pelayanan publik yang prima terhadap masyarakat,” imbuhnya.
Kepala Disdukcapil Gianyar I Putu Gede Bayangkara ketika dihubungi mengatakan, penghargaan ini didapat atas kerja keras bersama, utamanya semua pegawai di lingkungan Disdukcapil Kabupaten Gianyar. Begitu juga, atas dukungan seluruh masyarakat yang telah memiliki kesadaran serta partisipasi di dalam mengurus dokumen kependudukan. Diharapkan, ke depan kesadaran secara aktif mengurus dokumen kependudukan lebih meningkat lagi. Karena sesungguhnya, dokumen kependudukan memiliki arti sangat penting bagi setiap penduduk ketika membutuhkan pelayanan kebutuhan dasar lainnya, seperti pelayanan kesehatan dan pendidikan. Termasuk juga penggunaan hak politik karena di tahun 2018, Kabupaten Gianyar akan melaksanakan Pemilukada baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten.
“Terima kasih saya ucapkan atas kerja keras dan dedikasinya. Mudah - mudahan dengan diterimanya penghargaan ini menjadi motivasi bagi kita semua di Disdukcapil Gianyar, untuk meningkatkan kinerja demi pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat Gianyar,” kata Gede Bayangkara.
Sementara Sekdakab Gianyar Ir I Made Gede Wisnu Wijaya, MM mengatakan, peenghargaan ini menjadi kado terbaik bagi Kabupaten Gianyar di awal tahun 2018. Diharapkan, dengan diraihnya prestasi ini menjadi motivasi sekaligus sebagai momentum bagi OPD lain, untuk senantiasa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
“Prestasi ini merupakan kado terbaik di awal tahun bagi Kabupaten Gianyar. Prestasi ini tentu melalui kerja keras dan selanjutnya untuk bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan,” terang Wisnu Wijaya. (na)

COMMENTS

ADVERTORIAL,35,Bali,119,Berita Utama,61,Gresik,91,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,49,Nasional,61,Olahraga,11,Regional,203,Tajuk,4,Tanah Bumbu,59,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Disdukcapil Gianyar Raih Role Model Penyelengaraan Pelayanan Publik Kategori A
Disdukcapil Gianyar Raih Role Model Penyelengaraan Pelayanan Publik Kategori A
https://lh3.googleusercontent.com/-3l72IZvlRng/Wm9JowJDLmI/AAAAAAAAAKM/nijYXJ770egXKgfWKkQrMOwRRwy-7IywgCHMYCw/Disdukcapil-Gianyar-Raih-Role-Model-Penyelengaraan-Pelayanan-Publik_thumb%255B2%255D?imgmax=800
https://lh3.googleusercontent.com/-3l72IZvlRng/Wm9JowJDLmI/AAAAAAAAAKM/nijYXJ770egXKgfWKkQrMOwRRwy-7IywgCHMYCw/s72-c/Disdukcapil-Gianyar-Raih-Role-Model-Penyelengaraan-Pelayanan-Publik_thumb%255B2%255D?imgmax=800
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/01/disdukcapil-gianyar-raih-role-model.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/01/disdukcapil-gianyar-raih-role-model.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy