Merasa Dicurangi Saat Pendaftaran Cawawali: Gunadi Gugat DPC PKB Kota Malang

MALANG, Koran DOR – ISU jelang pesta demokrasi pilkada di Kota Malang cenderung terus menggelinding dan makin panas. Sebut saja, misalnya,...

Gunadi Gugat DPC PKB Kota Malang
MALANG, Koran DOR – ISU jelang pesta demokrasi pilkada di Kota Malang cenderung terus menggelinding dan makin panas. Sebut saja, misalnya,  menyangkut Gunadi Handoko beserta 36 advokad dan kuasa hukum baru-baru ini mendaftarkan gugatan perbuatan melawan hukum di PN Malang, Rabu (24/1) siang sekitar pukul 10 WIB.
Dalam isi gugatan tersebut tim advokat Gunadi melayangkan gugatan kepada 4 tergugat dan 4 turut sebagai tergugat. Tergugat pertama adalah DPC PKB Kota Malang, LPP (Lembaga Pemenangan Pemilu) PKB, DPP PKB dan Desk Pilkada Pusat PKB.
Selain itu turut menjadi tergugat yang dilaporkan yakni HM Anton selaku Ketua DPC PKB Kota Malang yang sekaligus calon incumben Walikota Malang 2018-2023 dan Syamsul Mahmud selaku Wakilnya. Turut menjadi tergugat juga KPUD Kota Malang.
Dalam kasus pelaporan ini Gunadi mengatakan pihaknya mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum pada 23 Desember 2017 terkait kebijakan mekanisme pemilihan calon Wakil Walikota Mendampingi HM Anton melaju di Pilkada. Saat itu Gunadi sebagai Bacawawali yang telah resmi mendaftar di LPP DPC PKB Kota Malang dan sempat dipanggil oleh Abah Anton selaku Ketua DPC PKB Kota Malang dan Lembaga Pemenangan Pemilu.
Dalam keterangan pers Gunadi menjelaskan Abah Anton saat pemanggilannya itu disebutkan bahwa yang dipilih sebagai N2 harus sudah mendaftar di PKB dan harus mengikuti mekanisme dan proses. Yakni yang sudah mendaftar di LPP PKB, membayar Rp 25 juta, sudah mengikuti proses penyampaian visi misi, tes uji kepatutan di Kota Malang hingg di Jakarta serta sudah mengikuti survey elektabilitas.
“Yang kita persoalkan, harusnya yang dipilih adalah salah satu dari pendaftar yang sudah mengikuti mekanisme. Namun kenyataannya yang dipilih adalah Syamsul yang tidak pernah mengikuti proses,” tutur Gunadi setelah mengetahui ditolak Menjadi Wakil HM Anton.
Pihaknya menganggap Abah Anton bersama timnya sudah menyimpang dari prosedur. Hal ini berdasarkan track record  Syamsul yang mendampinginya dalam Pilkada tidak pernah mengikuti prosedur seperti yang sudah di lakukan Gunadi. “Syamsul, setahu saya daftar di Nasdem dan bukan di PKB. Tapi nyatanya justru dia ditunjuk sebagai bakal calon N2 mendampingi Abah Anton.”.
Tim Advokat Gunadi dalam gugatan meminta supaya pendaftaran pencalonan Abah Anton-Syamsul ditangguhkan oleh turut tergugat 4 yakni KPUD Kota Malang. Pihaknya pun mengaku dirugikan di antaranya sebagai pemulihan nama baik dan permintaan maaf harua dilakukan oleh DPC PKB . DPC PKB.
Sementara itu Muji Leksono SH, ketua tim advokat Penegak Demokrasi mengatakan dalam hal ini kliennya telah didholimi oleh DPC PKB Kota Malang. Yakni keputusan DPP PKB yang menetapkan Abah Anton-Syamsul, dianggap cacat hukum mengikari prosedur.  “Kami juga akan melakukan gugatan perdata, mereka juga akan melapor terkait kasus pidana berkaitan dengan bacawawali ini,” katanya.
Terpisah HM Anton menanggapi dingin perihal gugatan Gunadi dan Tim Advokadnya ke PN Malang. Ia mengatakan, sebagaiKetua DPC PKB Kota Malang, akan menghormati proses hukum terkait gugatan yang dilayangkan. “Kami serahkan semua ke tim hukum. Kami juga menghormati proses hukum, karena gugatan itu adalah hak semua warga negara,” kilah  Anton di Gedung Balaikota. (ary/vry/red/tom)

COMMENTS

ADVERTORIAL,25,Bali,84,Berita Utama,38,Gresik,70,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,36,Nasional,41,Olahraga,10,Regional,168,Tajuk,3,Tanah Bumbu,46,Tips,5,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Merasa Dicurangi Saat Pendaftaran Cawawali: Gunadi Gugat DPC PKB Kota Malang
Merasa Dicurangi Saat Pendaftaran Cawawali: Gunadi Gugat DPC PKB Kota Malang
https://lh3.googleusercontent.com/-5MWmevQtMDU/Wm9P4W9ODpI/AAAAAAAAAL8/SXxi708LXvgaagskTwWC9ghfs7BncKHEwCHMYCw/Gunadi%2BGugat%2BDPC%2BPKB%2BKota%2BMalang_thumb%255B2%255D?imgmax=800
https://lh3.googleusercontent.com/-5MWmevQtMDU/Wm9P4W9ODpI/AAAAAAAAAL8/SXxi708LXvgaagskTwWC9ghfs7BncKHEwCHMYCw/s72-c/Gunadi%2BGugat%2BDPC%2BPKB%2BKota%2BMalang_thumb%255B2%255D?imgmax=800
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/01/gunadi-gugat-dpc-pkb-kota-malang.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/01/gunadi-gugat-dpc-pkb-kota-malang.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy