Wacana Jenderal Polri Jadi Penjabat Gubernur

JAKARTA, Koran DOR - WAKIL Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsudin meminta Presiden Joko Widodo menegur Menteri Dala...



JAKARTA, Koran DOR - WAKIL Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsudin meminta Presiden Joko Widodo menegur Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang berniat mengangkat pejabat aktif Polri sebagai penjabat gubernur di Jawa Barat dan Sumatera Utara.
"Kami berharap, semoga Presiden Jokowi bisa mengingatkan Mendagri Tjahjo Kumolo sebagai pembantunya untuk tidak memaksakan kehendaknya mengangkat polisi aktif jadi penjabat gubernur Jabar dan Sumut," ujar Didi melalui siaran persnya yang diterima, Jumat (26/1).
Didi berpendapat, pengangkatan perwira aktif Polri sebagai penjabat gubernur Jabar dan Sumut berpotensi menimbulkan konflik kepentingan. Pasalnya, ada perwira Polri yang maju sebagai peserta pilkada, yakni pada Pilkada Jabar.
Di sisi lain, Jabar adalah provinsi dengan penduduk terbanyak di Pulau Jawa. Sumut juga provinsi dengan penduduk terbanyak di Pulau Sumatera. Oleh sebab itu, proses pilkada di dua provinsi itu harus demokratis dan adil.
"Apalagi banyak pihak mengatakan, ini tahun politik dengan persaingan yang keras. Karena itu banyak kepentingan yang harus dilindungi demi pemilu yang adil dan demokratis. Maka tentu kurang patut manakala ada pejabat Polri dijadikan penjabat gubernur," ujar Didi.
"Walaupun mungkin maksudnya untuk mengisi kekosongan jabatan sementara, tetapi bagaimana bisa menjamin netralitasnya di kemudian hari ?" kata dia.
Didi berharap setelah Presiden menegur Mendagri, kebijakan tersebut dibatalkan. Penjabat gubernur pada dua provinsi tersebut pun diserahkan ke aparatur pemerintah lain yang lebih pas sesuai dengan amanat UU Aparatur Sipil Negara.
Hingga saat ini, Kemendagri belum menentukan nama yang akan diangkat sebagai penjabat Gubernur di Jawa Barat dan Sumatera Utara.
Ada dua nama yang merupakan pejabat tinggi Polri, yang diusulkan untuk menjadi penjabat gubernur. Dua perwira tinggi itu adalah Asisten Operasi (Asops) Kapolri Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan dan Kepala Divisi Propam Polri Inspektur Jenderal Martuani Sormin.
Dua nama itu merupakan usulan dari Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian atas permintaan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (kpc/is/red)

COMMENTS

ADVERTORIAL,25,Bali,84,Berita Utama,38,Gresik,70,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,36,Nasional,41,Olahraga,10,Regional,168,Tajuk,3,Tanah Bumbu,46,Tips,5,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Wacana Jenderal Polri Jadi Penjabat Gubernur
Wacana Jenderal Polri Jadi Penjabat Gubernur
https://3.bp.blogspot.com/-PD2uCU4XZPc/Wm8eNosDVNI/AAAAAAAAAAc/dh5_5XnS6j0YHoJ_BoQ87tioCBfvMskKACLcBGAs/s400/Jenderal-Polri-Jadi-gubernur.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-PD2uCU4XZPc/Wm8eNosDVNI/AAAAAAAAAAc/dh5_5XnS6j0YHoJ_BoQ87tioCBfvMskKACLcBGAs/s72-c/Jenderal-Polri-Jadi-gubernur.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/01/jenderal-polri-jadi-penjabat-gubernur.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/01/jenderal-polri-jadi-penjabat-gubernur.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy