Arti Penghargaan "Pena Emas" PWI Bagi Gubernur Jatim Dr.H.Soekarwo

SUDAH banyak penghargaan yang diterima Dr.H.Soekarwo,SH,MHum selama sembilan tahun menjabat Gubernur Provinsi Jawa Timur. Mulai pada masab...

SUDAH banyak penghargaan yang diterima Dr.H.Soekarwo,SH,MHum selama sembilan tahun menjabat Gubernur Provinsi Jawa Timur. Mulai pada masabakti pertama 2008-2013 dan pada masabakti kedua 2014-2019 yang tinggal setahun lagi. Pada bulan Februari 2018 ini, tepat satu tahun lagi, jabatan Soekarwo yang berpasangan dengan Wakil Gubernur Jatim H.Saifullah Yusuf akan berakhir 12 Februari 2019 nanti.
            Kandati Soekarwo menyatakan, bahwa lebih dari 50 penghargaan yang diterimanya itu, bukan semata-mata prestasi dirinya pribadi sebagai gubernur Jatim, tetapi juga kebersamaannya dengan Gus Ipul – panggilan akrab Saifullah Yusuf, wakilnya. Soekarwo juga sering menyebut  penghargaan dari berbagai instansi dan lembaga itu, prestasi Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jatim. Artinya, prestasi staf  dan aparat yang bernaung di bawah panji Pemprov Jatim. Bahkan, berulang-ulang pula Soekarwo mengatakan anugerah  yang diterimanya itu merupakan prestasi rakyat Jawa Timur.
            Terlepas dari segala bentuk basa-basi bahwa penghargaan yang tiada henti sepanjang tahun diterima Soekarwo, yang akrab disapa Pakde Karwo itu, layak dan sangat layak memperolehnya. Baik yang diraihnya di tingkat daerah, nasional, maupun internasional.
            Nah, ada yang menarik terjadi pada awal Februari 2018 ini, dalam kaitan hubungan Soekarwo dengan masyarakat pers nasional. Menjelang puncak acara HPN (Hari Pers Nasional) 2018 yang akan berlangsung 9 Februari 2018 di Padang, Soekarwo dianugerahi Penghargaan Teringgi dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berupa pin “Pena Emas” yang sekaligus menjadi “Anggota Kehormatan” PWI.
Penghargaan itu tidak sertamerta diberikan begitu saja kepada Pakde Karwo. Sebuah tim yang dibentuk PWI Pusat, melakukan “uji kelayakan”. Hasilnya, tidak tanggung-tanggung. Soekarwo memperoleh predikat "cum laude" atau sangat memuaskan. Penilaian dan pemberian predikat ini diberikan atas kesepakatan 16  panelis, yang berasal dari jajaran pengurus, ketua dewan pengawas, dan dewan kehormatan PWI.
Pakde Karwo  dinilai berjasa dalam pengembangan pers nasional. Di antaranya membuka ruang publik yang luas bagi masyarakat serta penguatan peran pers. Memang, sebelum penghargaan “Pena Emas” itu di diserahkan oleh Ketua PWI Pusat, Margiono kepada Dr.H.Soekarwo di Hall Dewan Pers, Jakarta, Kamis, 1 Februari 2018, pria berkumis lebat ini lebih dahulu menyampaikan orasi.
Dalam orasinya Pakde Karwo menyampaikan penghormatannya kepada jajaran pengurus, dewan penasehat, dan dewan pengawas PWI yang menginderai dirinya dalam berkomunikasi dengan pers. Penghargaan Pena Emas ini, bukan hanya untuk dirinya, tetapi juga untuk masyarakat dan media di Jatim. Sebab, komunikasi tidak sendiri, melainkan ada komunikator dan komunikan. "Kita ingin membangun peradaban yang baik dalam komunikas," ujarnya.

Pakde Karwo mengatakan  jalinan baik perlu dilakukan dengan media atau wartawan. Tanpa ada komunikasi yang baik dengan kalangan pers, lanjutnya, sulit untuk menciptakan Jatim yang  kondusif. Sementara, kondusifitas Jatim baik ekonomi, sosial, dan budaya sangat mempengaruhi Indonesia bagian timur dan tengah. Alasannya,  posisi Jatim sangat mempengaruhi logistik dan konektivitas  wilayah wilayah tersebut.
 Dengan memiliki hubungan komunikasi yang baik atau bekerjasama dengan pers, kata Soekarwo, maka akan didukung pemberitaan yang positif, sehingga demokrasi Indonesia  timur dan tengah selalu terjaga keamanan dan kenyamanannya. Peran penting media, juga dilihat dari fungsi kontrolnya. Pemberitaan beberapa hari terakhir di media Jatim menyoroti mahalnya tarif jalan tol-Surabaya, sehingga jalan tol itu sepi dan tidak meningkatkan roda perekonomian. Dengan peran kontrolnya, maka Pemerintah akhirnya akan mengkaji kembali harga tol Surabaya-Kertosono yang dinilai publik mahal.
Tidak hanya itu, baik yang diucapkan Pakde Karwo, maupun dari yang dilihat dan dialami sendiri oleh masyarakat pers di Jatim, wujud hubungan baik dengan media itu memang kenyataan. Ini dibuktikan misalnya, penyediaan informasi sebagai kebutuhan pokok media. Aparat di Pemprov Jatim, sangat terbuka dan bersinergi dengan wartawan. Di antaranya,  pengiriman siaran pers (press release) ke redaksi media secara rutin, wawancara door stop di berbagai kesempatan, konferensi pers, dan dialog.
Yang lebih menarik lagi, tidak jarang Soekarwo, menantang wartawan kalau bertemu: “ayo mau tanya apa?”. Di samping, apa saja yang ditanya, selalu dijawabnya dengan memuaskan.
Soekarwo juga terbuka dengan memberikan latar belakang sebuah permasalahan. Kerjasama operasional lainnya diwujudkan dalam bentuk pariwara, dengan  tujuan agar media, terutama yang  mainstream tetap eksis sebagai penyeimbang medsos (media sosial). Selain itu, mendukung penyelenggaraan uji kompetensi wartawan (UKW),  mendukung kegiatan SIWO (Seksi Wartawan Olahraga) PWI Jatim, serta menyelenggarakan press tour atau karya wisata wartawan, baik antarprovinsi, maupun ke mancanegara.
Jadi, arti penghargaan Pena Emas PWI pada HPN 2018 kepada Gubernur Jatim Dr.H.Soekarwo itu, mungkin lebih tinggi nilainya, dibanding pemberian penghargaan tiga tokoh Jatim sebelumnya, sebagai Anggota Kehormatan PWI, yaitu kepada: H.Soegiono (Walikota Malang) tahun 1984, H.Wahono (Gubernur Jatim) tahun 1988 dan H.Trimarjono (Sekwilda Jatim) tahun 1990.
Dirgahayu Pers Nasional pada HPN 2018 dan Selamat Hari Ulang Tahun ke 72 PWI, 9 Februari 1946-2018. (yousri)




COMMENTS

ADVERTORIAL,31,Bali,101,Berita Utama,51,Gresik,83,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,44,Nasional,50,Olahraga,10,Regional,182,Tajuk,3,Tanah Bumbu,52,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Arti Penghargaan "Pena Emas" PWI Bagi Gubernur Jatim Dr.H.Soekarwo
Arti Penghargaan "Pena Emas" PWI Bagi Gubernur Jatim Dr.H.Soekarwo
https://2.bp.blogspot.com/-V--fBXvkMlk/WnTKge7z7lI/AAAAAAAARMg/s5s9vE30ebs2ImYSBoDZrVAfpNrBLADTACLcBGAs/s320/penghargaan%2BPena%2Bemas-korandorcom.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-V--fBXvkMlk/WnTKge7z7lI/AAAAAAAARMg/s5s9vE30ebs2ImYSBoDZrVAfpNrBLADTACLcBGAs/s72-c/penghargaan%2BPena%2Bemas-korandorcom.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/02/arti-penghargaan-pena-emas-pwi-bagi.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/02/arti-penghargaan-pena-emas-pwi-bagi.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy