Kejati Jatim Periksa Dugaan Penyelewengan Dana Bansos MWCNU Rp 18 Miliar

Banyuwangi, Korandor.com - DALAM dua hari Satuan Khusus Tipikor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur (Jatim), turuntangan langsung me...



Banyuwangi, Korandor.com - DALAM dua hari Satuan Khusus Tipikor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur (Jatim), turuntangan langsung menangani dugaan kasus Penyelewengan Dana Bansos tahun 2017 senilai hampir Rp 18 miliar.
Tim Jaksa ini menempati Aula Kejaksaan Negeri (Kejari) Banyuwangi, memeriksa keterangan sejumlah pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Banyuwangi, 21-22 Februari 2018.
 “Kita mendapat perintah dari atasan untuk melakukan pemeriksaan dalam rangka penyelidikan Dugaan Kasus Penyelewengan Dana Bansos tahun 2017. Kita memeriksa 8 orang dan 18 orang yang kita panggil”, kata salah satu penyidik Kejati Jatim Nur Hadi, SH.
Sementara itu, diantara Pengurus MWCNU yang dipanggil, sekitar delapan perwakilan MWCNU termasuk Kecamatan Genteng, Kalipuro, dan Rumah Sakit NU serta perwakilan Lembaga Falakiyah, sudah dilakukan pemeriksaan pada hari pertama 21 Februari.
Sedangkan 10 pengurus lain seperti Sekretaris, bendahara PC NU Banyuwangi serta pengurus MWC lainnya, diperiksa pada hari kedua tanggal 22 Februari 2018.
Kepala seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Banyuwangi, Putu Sugiawan, SH mengatakan, pihaknya tidak mengetahui persis rincian hasil penyidikan tim Kejati Jatim.
“Data orang yang kita panggil sudah kita berikan pada penyidik dari Kejati, jadi saya juga kurang paham siapa saja yang di panggil”, katanya.
Namun demikian menurutnya, ada sekitar hampir 20 orang akan dimintai keterangan. “Yang jelas ada 18 orang yang dipanggil, yang sudah datang dan diperiksa masih 8 orang, selanjutnya yang lain dilanjutkan untuk pemeriksaan.” ungkapnya.
Sementara itu sejumlah Aktivis berharap Kejaksaan yang mengusut tuntas kasus tersebut jangan sampai masuk angin. Puluhan Aktivis Banyuwangi, mendatangi kantor Kejaksaan Negeri Banyuwangi menyampaikan kepada media terkait Dana Bansos senilai kurang lebih Rp 17 Miliar itu dengan menyerahkan Obat Antangin.
Hal itu dimaksudkan agar kejaksaan yang menyidik kasus tersebut tidak masuk angin. ”Kami datang ke Kejaksaan Negeri Banyuwangi dalam rangka berikan dukungan penuh kepada Kejaksaan, agar diusut tuntas dugaan penyimpangan dana bansos tersebut.
Menurut mereka yang diketahui dana yang sudah diterimakan kepada sebanyak 25 MWC NU se Kabupaten Banyuwangi berkisar senilai kurang lebih Rp 2 Milyar. Dengan perhitungan setiap MWC NU baru menerima sekitar kurang lebih berkisar Rp 60 Jutaan. "Lalu kemana sisa dana yang sebanyak Rp 15 Milyar itu”, papar Sulaiman Sabang.
 Dijelaskan pula oleh Sulaiman Sabang, bahwa dirinya dan yang lainnya datang ke Kejaksaan atas nama rakyat Banyuwangi, bukan atas nama lembaga manapun.
Tujuannya agar proses hukum terkait dana hibah tersebut, betul betul diusut tuntas. Kemana dana hibah itu mandeknya dan diperuntukkan apa saja. ”Kita juga perlu menghargai, menghormati proses penyelidikan oleh penegak hukum, kita juga tidak perlu apriori dan jangan su uzhon”, imbuhnya. Dalam aksi dukungan tersebut sebelumnya Sulaiman Sabang sempat memberikan Obat Antangin kepada Hendri staf Kasi Intel Kejaksaan Negri Banyuwangi.
Sementara Hendri Staf Kasi Intel memberikan tanggapan. ”Apa yang disampaikan oleh tim yang diwakili Sulaiman Sabang dan kawan kawan, akan kami sampaikan kepada pihak penyidik Kejaksaan Tinggi, dan kami dari Kejaksaan Negeri Banyuwangi, hanya memfasiltasi tempat saja, untuk selebihnya dalam penyidikan adalah kewenangan Kejaksaan Tinggi”, ujarnya.
Dikonfirmasi terpisah, Suparmin, SH Ketua Umum LSM Somasi, dimintai tanggapannya tentang aksi aktivis dan tokoh di Kejakasaan Negeri Banyuwangi. Suparmin, SH menyampaikan apresiasi. ”Saya apresiasi terhadap aksi dukungan rekan-rekan di Kejaksaan hari ini, demi tegaknya hukum kita memang harus beri dukungan kepada penegak hukum, saya atas nama LSM Somasi berharap sama seperti rekan – rekan, persoalan dugaan penyimpangan dana hibah miliaran rupiah itu, diusut tuntas siapapun yang terlibat di dalamnya, dan sebagai bukti dukungan LSM Somasi ini tadi saya ikut tanda tangani fakta integritas”, tegas Suparmin, SH. (Korandor.com)



COMMENTS

ADVERTORIAL,25,Bali,84,Berita Utama,38,Gresik,70,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,36,Nasional,41,Olahraga,10,Regional,168,Tajuk,3,Tanah Bumbu,46,Tips,5,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Kejati Jatim Periksa Dugaan Penyelewengan Dana Bansos MWCNU Rp 18 Miliar
Kejati Jatim Periksa Dugaan Penyelewengan Dana Bansos MWCNU Rp 18 Miliar
https://3.bp.blogspot.com/-wE14ROe-toE/WpD9_D1nn0I/AAAAAAAARpI/K5TR9OihQnkFIaSdvNNobTWkfLzzGzLKwCLcBGAs/s320/bwi%2Bpemeriksaan%2BMWCNU%2Bdi%2BAula%2BKejari%2BBanyuwangi.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-wE14ROe-toE/WpD9_D1nn0I/AAAAAAAARpI/K5TR9OihQnkFIaSdvNNobTWkfLzzGzLKwCLcBGAs/s72-c/bwi%2Bpemeriksaan%2BMWCNU%2Bdi%2BAula%2BKejari%2BBanyuwangi.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/02/kejati-jatim-periksa-dugaan.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/02/kejati-jatim-periksa-dugaan.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy