Kinerja Kejari Banyuwangi Dipertanyakan

BANYUWANGI, Koran DOR – TINDAK-LANJUT pelaporan dugaan korupsi Dana ADD/DD tahun anggaran 2016 hingga 2017 di Desa Bumiharjo, Kecamatan G...

BANYUWANGI, Koran DOR – TINDAK-LANJUT pelaporan dugaan korupsi Dana ADD/DD tahun anggaran 2016 hingga 2017 di Desa Bumiharjo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi ke Kejaksaan Negeri Banyuwangi sejauh ini terus dipantau oleh warga terutama kalangan pelapor. 
 Warga Desa Bumiharjo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi melaporkan dugaan korupsi dana ADD / DD tahun anggaran 2016 sampai 2017 pada masa jabatan Kepala Desa Bumiharjo periode 2012 sampai 2017 yang kala itu dijabat oleh Tupon. 
 Laporan dari warga itu secara resmi telah diterima oleh Kejaksaan Negeri Banyuwangi. Laporan  yang dibuat di salah satu rumah warga bernama Mohammad Soleh Dusun Wonoasih RT 03/RW 02 Desa Bumiharjo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi itu antara lain menyebut ada indikasi kuat bahwa telah terjadi penyimpangan anggarab. Apalagi setelah sejumlah warga masyarakat minta rincian penggunaan keuangan Desa  Bumiharjo yang dikeluarkan tahun 2016 dan 2017 oleh pemerintah desa setempat. 
 “Sejak rincian didapatkan pada 10 Oktober 2017 kami melakukan pengamatan seksama selama 2 bulan. Dalam pengamatan kami terdapat berbagai pos anggaran terindikasi terjadi penyimpangan. Bahkan kami menduga terdapat anggaran untuk bangunan tertentu tapi titik objek yang dibangun tidak tersentuh alias hanya fiktif,” tutur salah seorang warga setempat. 
 Dugaan fiktif yang dimaksud warga Desa Bumiharjo adalah pembangunan ruang RTH ( Ruang Terbuka Hijau) yang ada di halaman Balai Desa Bumiharjo pada awal tahun 2017 dengan mengeluarkan dana Rp.  44.245.000 namun sampai saat laporan dikirim area tersebut ternyata tidak pernah dibangun. 
 Bedah rumah untuk warga yang kurang mampu pada tahun 2017, pemerintah desa mengeluarkan anggaran sebesar Rp 150 juta untuk membangun 15 unit rumah dengan anggaran tiap rumah Rp 10 juta. Fakta di lapangan yang dikerjakan hanya 6 unit dengan nilai nominal Rp 60 juta. Selebihnya, untuk 9 unit dengan nominal Rp 90 juta sejauh ini tak pernah jelas dan perlu penelitian. 
 Tahun 2016 pemerintah Desa Bumiharjo mengeluarkan anggaran untuk plengsengan, bau jalan di Dusun Sugiwaras sepanjang kurang lebih 900 meter dari jembatan Porolinggo menuju pura Girimulya. Anggaran yang digunakan untuk objek yang dimaksud menggunakan 2 pos anggaran yaitu Rp 70.021.000 dan Rp 294.400.000.
 Warga Bumiharjo berharap penegak hukum benar-benar memproses sesuai  aturan hukum dan perundang-undangan  yang berlaku.  Putu Sugiawan SH selaku Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Banyuwangi saat dikonfirmasi Koran DOR terkait sampai dimana proses laporan Dugaan Korupsi Desa Bumiharjo menuturkan bahwa pelaporan itu masih terus ditindak-lanjuti. “Kami masih dalam proses pengumpulan data dan masih menunggu hasil penghitungan Inspektorat,” tutur dia.
           Wakil ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Hasto Admojo, tim ahli Ruly Novian, Deby Darmawati dan Lia Gunawan mendatangi Kejaksaan Negeri Banyuwangi guna berkoordinasi terkait perlindungan saksi-saksi dan Korban terkait pelaporan dugaan korupsi DD dan ADD yang dilakukan oleh kepala Desa Bumiharjo periode 2012 sampai 2017 yang dijabat oleh Tupon. 
 Harianto dan Moh. Sholeh Hari selasa, 30 Januari 2018 dua pelapor  tersebut didatangkan ke Kejaksaan Negeri Banyuwangi oleh Kasi Pidsus  guna diminta keterangannya untuk pendalaman laporan.  Menurut Hariyanto saat dimintai keterangan oleh Koran DOR menuturkan Kejaksaan masih menunggu hitungan dari inspektorat, padahal inspektorat tidak bisa menghitung saat diajak menghitung di Kantor Inspektorat. (ver/dod/red/tom)


COMMENTS

ADVERTORIAL,25,Bali,84,Berita Utama,38,Gresik,70,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,36,Nasional,41,Olahraga,10,Regional,168,Tajuk,3,Tanah Bumbu,46,Tips,5,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Kinerja Kejari Banyuwangi Dipertanyakan
Kinerja Kejari Banyuwangi Dipertanyakan
https://3.bp.blogspot.com/-phZp5m58kmQ/WnTAaAyaQ7I/AAAAAAAARKM/-FFC6iVvs4Mq_VIDZdner49JSLLbfQxzACLcBGAs/s320/Kinerja%2BKejari%2BBanyuwangi%2BDipertanyakan-korandorcom.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-phZp5m58kmQ/WnTAaAyaQ7I/AAAAAAAARKM/-FFC6iVvs4Mq_VIDZdner49JSLLbfQxzACLcBGAs/s72-c/Kinerja%2BKejari%2BBanyuwangi%2BDipertanyakan-korandorcom.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/02/kinerja-kejari-banyuwangi-dipertanyakan.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/02/kinerja-kejari-banyuwangi-dipertanyakan.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy