Lahan Pemkot Banjarmasin Dipakai Duta Mall Tanpa Izin

BANJARMASIN, Koran DOR – Pemerintah Kota Banjarmasin bakal mengukur ulang lahan seluas 1924 meter, di samping Duta Mall yang kini dipaga...


BANJARMASIN, Koran DOR – Pemerintah Kota Banjarmasin bakal mengukur ulang lahan seluas 1924 meter, di samping Duta Mall yang kini dipagari seng oleh mall terbesar di Banjarmasin tersebut.
Surat peringatan pertama untuk pembongkaran lahan itu sudah dilayangkan ke Duta Mall.
"Kita akan ukur ulang lahan kita 1924 meter yang dipagari tanpa izin oleh Duta Mall. Surat peringatan pertama sudah kita layangkan.Kalau surat peringatan pertama tak digubris, kita akan kirim surat peringatan kedua dan jika surat peringatan kedua ini tak digubris, maka pagar seng itu akan kita bongkar paksa," kata Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, Selasa (30/1).
Rencanannya, sambung Hermansyah, lahan milik Pemkot di samping Duta Mall yang sekarang dipagari seng itu akan dipakai untuk event-event Pemkot.
Pemkot memang tak punya lahan representatif untuk acara pameran, lokasi berjualan PKL dan lain-lain.
Jika tak mau membongkar, maka Pemkot yang akan membongkar dan Duta Mall akan kita adukan ke pihak terkait.
Lebih lanjut Hermansyah menyatakan, fakta saat ini lahan Pemkot dipakai Duta Mall tanpa izin.
Alternatif lainnya, nanti lahan Pemkot Banjarmasin itu akan dijadikan lokasi taman bermain anak karena lahannya cukup luas.
"Makanya kita minta Duta Mall membongkar pagar seng di lahan Pemkot samping mall itu. Bersihkan gundukan tanahnya dan bongkar sengnya. Atau kita yang bongkar," katanya.
Saat ini, sambung Hermansyah, Pemkot sangat kekurangan lahan, sampai-sampai taman bermain anak itu dibangun di bawah Jembatan Banua Anyar.
Selain sangat membahayakan anak-anak karena di bawah jembatan dan di pinggir jalan, juga lokasinya tidak pas.
"Masak taman bermain di bawah jembatan. Di satu sisi, banyak lahan Pemkot malah dipakai pihak lain tanpa izin, seperti Duta Mall memagari lahan Pemkot," katanya.
Hermansyah meminta Duta Mall membongkar pagar seng di lahan Pemkot dan merapikan tanah di dalam pagar seng itu sebelum Februari ini. Kalau Februari masih belum dibongkar, maka Satpol PP yang akan membongkar.
"Saya sendiri akan memimpin pembongkaran pagar seng tersebut," katanya.
Dihubungi terpisah, Humas Duta Mall Banjarmasin Fathana, menyatakan sampai saat ini belum ada arahan dari pihak manemajen soal permintaan Wakil Walikota Banjarmasin, Hermansyah yang soal pembongkaran lahan pemkot yang dipagari seng oleh Duta Mall.
"Kebetulan General Manager Duta Mall lagi keluar daerah sehingga belum ada arahan soal masalah ini. Tapi akan kita segera tanyakan ke manajemen soal harapan dari Pemkot Banjarmasin," katanya



Ketua Komisi II (dua) DPRD Kota Banjarmasin, dr Aulia Ramadhan Supit, menyatakan, masalah lahan Pemkot yang dipakai Duta Mall selama dua tahun ini memang sudah seharusnya ada ketegasan dari pihak pemkot setempat.
"Pemkot harus tegas. Ini lahan milik Pemkot yang dipakai Duta Mall tanpa izin. Duta Mall juga harus bersikap dewasa.Ingat tanah itu milik Pemkot, bukan Duta Mall," kata Rama dengan nada lantang.
DPRD Kota Banjarmasin, sambung Rama, memang mendengar rencana Pemkot akan menjadikan lahan yang dipagari seng oleh Duta Mall itu untuk pusat kuliner. Lokasinya sangat strategis dan nanti ribuan karyawan Duta Mall itu bisa makan di warung kuliner tersebut.
"Karyawan Duta Mall tak mampu makan di Duta Mall karena mahal dan bisa makan di pusat atau warung kuliner milik Pemkot. Nanti sebagian pedagang kuliner Baiman itu bisa dipindahkan ke pusat kuliner di samping Duta Mall," katanya.
Keberadaan pusat kuliner di samping Duta Mall, sambungnya, nanti akan meningkatkan taraf perekonomian rakyat. DRPD tak mau berantem dengan Duta Mall, namun sebaiknya Duta Mall
legowo untuk segera membongkar pagar seng di lahan Pemkot tersebut.

"DPRD Banjarmasin mendukung penuh jika Satpol PP mau membongkar dan meratakan tanah secara paksa jika Duta Mall tak mau membongkar sendiri. Kita ingin jangan sampai Pemkot terus dirugikan dan pihak Duta Mall tetap bisa berusaha," tegas Rama.
Rama juga ingin masalah lahan Pemkot dipakai Duta Mall tanpa izin ini harus cepat diselesaikan. Sebab, masalah ini sudah lama berlangsung dan sejak dirinya menjabat sebagai Ketua Komisi III (tiga) DPRD Kota Banjarmasin.
"Saya waktu itu ikut mengukur luasan lahan milik Pemko di samping Duta Mall dengan pihak BPN. Kalau masalah ini masih berlarut-larut, DPRD akan memanggil pihak Duta Mall untuk mencarikan solusinya," kata Rama. (bp/pra)

COMMENTS

ADVERTORIAL,29,Bali,90,Berita Utama,42,Gresik,73,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,40,Nasional,47,Olahraga,10,Regional,170,Tajuk,3,Tanah Bumbu,48,Tips,5,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Lahan Pemkot Banjarmasin Dipakai Duta Mall Tanpa Izin
Lahan Pemkot Banjarmasin Dipakai Duta Mall Tanpa Izin
https://1.bp.blogspot.com/-Vu1ry2IkHTc/WnS0Ps3hPwI/AAAAAAAARIM/bhUDqTg3jkYQ2AmeF_0GDwl0M0Jr7CUuACLcBGAs/s320/Lahan-Pemkot-Banjarmasin-Dipakai-Duta-Mall%2BTanpa%2BIzin-korandorcom.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Vu1ry2IkHTc/WnS0Ps3hPwI/AAAAAAAARIM/bhUDqTg3jkYQ2AmeF_0GDwl0M0Jr7CUuACLcBGAs/s72-c/Lahan-Pemkot-Banjarmasin-Dipakai-Duta-Mall%2BTanpa%2BIzin-korandorcom.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/02/lahan-pemkot-banjarmasin-dipakai-duta.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/02/lahan-pemkot-banjarmasin-dipakai-duta.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy