Pemkab Gianyar Larang Penggunaan Styrofoam untuk Ogoh-ogoh

Gianyar, Koran DOR - PEMERINTAH Kabupaten Gianyar kembali mengarahkan sekha taruna di kawasan seni ini, untuk membuat ogoh-ogoh berbahan r...

Gianyar, Koran DOR - PEMERINTAH Kabupaten Gianyar kembali mengarahkan sekha taruna di kawasan seni ini, untuk membuat ogoh-ogoh berbahan ramah lingkungan. Bahkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gianyar menyiapkan surat edaran yang melarang penggunaan styrofoam untuk ogoh ogoh. Hal ini dipandang penting mengingat besarnya bahaya styrofoam terhadap lingkungan dan masyarakat setempat.

Kepala DLH Gianyar I Wayan Kujus Pawitra, Selasa (30/1) mengatakan, pelarangan terhadap penggunaan styrofoam untuk ogoh-ogoh ini, juga merupakan permintaan dari sejumlah aktivis lingkungan. “Mereka (aktivis lingkungan, red) berharap pemerintah mengeluarkan kebijakan ini, karena bahan plastik khususnya styrofoam sangat berbahaya untuk lingkungan dan masyarakat,“ ucapnya.

Himbauan menghentikan penggunaan styrofoam untuk ogoh-ogoh ini sesungguhnya sudah dilakukan DLH Gianyar sejak setahun lalu. Salah satunya dengan memberi penghargaan terhadap 16 sekha taruna yang membuat ogoh-ogoh berbahan ramah lingkungan, seperti sekha taruna di Desa Sidan, Seronggo, Lebih dan desa laimnya.

“Tahun lalu 16 sekha taruna ini membuktikan, bahwa pembuatan ogoh-ogoh menggunakan kayu, somi dan bahan ramah lingkungan lainya, itu sangat memungkinkan untuk membuat ogoh-ogoh, dan hasilnya bahkan lebih memiliki nilai seni,“ ujar Kujus. 

Sementara untuk persiapan perayaan ogoh-ogoh tahun ini, DLH Gianyar  sudah berkoordinasi dengan dengan Kesbangpol Gianyar, untuk membuat surat edaran yang isinya melarang penggunaan Styrofoam dalam pembuatan ogoh-ogoh. “Surat ini nanti dikirim ke desa se Kabupaten Gianyar,“ ucapnya.

Kujus pun menghimbau kepada seluruh bendesa adat dan perbekel se Kabupaten Gianyar, untuk turut mengarahkan para sekha taruna masing-masing, agar membuat ogoh-ogoh berbahan ramah lingkungan. “Dibutuhkan peran semua pihak untuk menjaga lingkungan, jadi camat hingga desa dan kelian banjar wajib ikut berperan serta, mengarahkan para sekha taruna dalam menggunakan bahan ogoh-ogoh yang ramah lingkungan,“ katanya.


Kujus Pawitra mengaku yakin para pemuda di  kawasan seni ini mampu membuat ogoh-ogoh berbahan ramah lingkungan. Ditambahkan tahun ini DLH Gianyar pun akan kembali memberikan penghargaan dan piagam kepada sekha taruna di Kabuapten Gianyar yang 100 % menggunakan bahan ramah lingkungan.

Para pemuda di Gianyar itu terkenal kreatif dalam bidang seni, jadi pasti bisa. Kami juga akan menurunkan tim verifikasi mengecek sekha taruna yang membuat ogoh-ogoh berbahan ramah lingkungan, sehingga nanti bisa diberikan piagam penghargaan,“ katanya.

Kujus menambahkan bahan plastik khususnya styrofoam sangat berbahaya untuk lingkungan. Bila dibakar akan menghasilkan zat senyawa kimia berhaya yang bersifat karsinogenik, yaitu dioksin. “Nah bila ini dihirup oleh manusia bisa menyebabkan kanker, gangguan paru, bahaya untuk ibu hamil, jadi ancaman ini bukan isapan jempol, ini merupakan hasil dari berbagai penelitian,“ tandasnya. (na)


COMMENTS

ADVERTORIAL,33,Bali,107,Berita Utama,56,Gresik,88,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,46,Nasional,53,Olahraga,10,Regional,191,Tajuk,3,Tanah Bumbu,54,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Pemkab Gianyar Larang Penggunaan Styrofoam untuk Ogoh-ogoh
Pemkab Gianyar Larang Penggunaan Styrofoam untuk Ogoh-ogoh
https://2.bp.blogspot.com/-C-3TCA74A5g/WnS_x5WnNzI/AAAAAAAARKE/NbLbh-NdJMAAGo28jx8DKVsmFy86wkMegCLcBGAs/s320/Pemkab%2BGianyar%2BLarang%2BPenggunaan%2BStyrofoam%2Buntuk%2BOgoh-ogoh-korandorcom.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-C-3TCA74A5g/WnS_x5WnNzI/AAAAAAAARKE/NbLbh-NdJMAAGo28jx8DKVsmFy86wkMegCLcBGAs/s72-c/Pemkab%2BGianyar%2BLarang%2BPenggunaan%2BStyrofoam%2Buntuk%2BOgoh-ogoh-korandorcom.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/02/pemkab-gianyar-larang-penggunaan.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/02/pemkab-gianyar-larang-penggunaan.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy