Plt Bupati Lumajang Tolak Mutasi Pejabat

LUMAJANG, Korandor.com – PLT BUPATI Lumajang, Dr. Buntaran Supriyanto MKes tidak setuju dilakukan mutasi Kepala Dinas Kesehatan (Dink...



LUMAJANG, Korandor.com – PLT BUPATI Lumajang, Dr. Buntaran Supriyanto MKes tidak setuju dilakukan mutasi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lumajang.  Sebab, hal itu sangat mungkin kelak dapat dianggap melanggar ketentuan, amburadul dan tidak sesuai basic yang harus dimiliki seorang pengendali Dinas Kesehatan.
Hal itu sama sekali bukan karena faktor like and dislike. Melainkan sesuai dengan kebutuhan serta masukan dari beberapa pihak termasuk Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Lumajang.
Saat ini Plt Dinkes Kabupaten Lumajang adalah Ir Agus Widarto, mantan Asisten Ekonomi (Ekbang) dan pernah menjadi Sekda Lumajang. Plt Bupati Lumajang juga keberatan dengan rencana mutasi para pejabat termasuk Golongan Eselon II. "Tidak ada kepentingan mendesak dan kebetulan terkait hal itu sejauh ini saya tak pernah diajak musyawarah.  Jadi, kesimpulan saya masih belum terlalu urgen." tutur Plt Bupati Lumajang, Rabu (21/2).
Diungkapkan Buntaran Supriyanto,  bahwa Plt Kepala Dinkes Kabupaten Lumajang yang sekarang background pendidikannya adalah insinyur. Padahal, idealnya dari Sarjana Kesehatan atau AMD KEB (D3) atau paling tidak Sarjana Kesehatan Masyarakat.
Selaku  Plt Kepala Dinkes sangat  butuh kompetensi khusus dan pekerjaan itu tidak boleh disambi-sambi. Dampaknya, dari pekerjaannya tersebut akan tidak bisa optimal hasilnya. Pasti akan banyak kekurangan disana sini. Sebab, dia harus tahu betul persoalan yang ada di lingkup Dinkes secara keseluruhan. Seperti program imunisasi difteri, dari 121.745 sasaran ORI imunisasi difteri, sejauh ini masih realisasi sekitar 49,80 persen saja dan 42,96 persen cakupan yang belum terealisasi.
Disinggung apakah akan ada pergantian lagi dimasa jabatannya sebagai Plt Bupati Lumajang? Kepastian pun belum bisa diberikan oleh Buntaran Supriyanto. Namun, dijelaskan dirinya dan jajaran terkait masih mempelajari apakah pihaknya diperbolehkan mengganti Plt Dinas yang satu dengan Plt yang lain. "Dalam ketentuannya boleh, tapi harus ada persetujuan menteri. Kalau saya sebagai Plt boleh mengganti, maka akan saya ganti dengan yang lebih kompeten dan lebih baik lagi," tambah dia.
Ditambahkan, menurut Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 971 Tahun 2009, pada BAB V tentang kompetensi pejabat struktural Dinkes Propinsi/Kabupaten/Kota, Yang pada Pasal 19 ayat (1), menyebutkan bahwa kepala dan sekretaris dinas kesehatan berlatar belakang pendidikan Sarjana Kesehatan dengan pendidikan Sarjana Strata 2 dibidang Kesehatan Masyarakat.
Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 74 Tahun 2016, itu termasuk kewenangan plt Bupati pasal 9e, dapat melakukan pengisian dan penggantian pejabat berdasarkan Perda perangkat daerah setelah mendapat persetujuan dari Mendagri..
Opini masyarakat dalam menyikapi mutasi besar-besaran di Kabupaten Lumajang  akhirnya menuai buah mulut yang tidak sedap seperti diungkapkan oleh tokoh aktifis Agus Supriyatno bahwa "menurut informasi yang dijelaskan sesuai komentar Kepala BKD Nur Wahid menjelaskan bahwa mutasi yang dilakukan adalah sesuai prosedur, namun dibalik itu menuai negatif dan nampak adanya kepentingan dan strategi politik untuk penguatan dirinya sebagai Bupati yang mencalonkan kembali.
Bahwa langkah yang dilakukan oleh Bupati As'at malik beserta jajarannya seperti BKD dan Kepala dinas langkahnya sangatlah terbaca  bahkan kurang menguntungkan Bupati. (As'at red) hal itu dibuktikan dengan opini yang berkembang dari kalangan Pemkab sendiri yang menilai kurang jelas dan mengecewakan.
“Perlu saya kritisi bahwa mutasi kemarin harus dikaji kembali. Bila perlu diulang atau dikembalikan ke semula dan ditata kembali disesuaikan dengan ke ahlian. Disamping itu patut ditanyakan juga apakah yang dimutasi tersebut sudah membaca SK nya." tambahnya. (Korandor.com)

COMMENTS

ADVERTORIAL,39,Bali,125,Berita Utama,64,Gresik,96,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,51,Nasional,64,Olahraga,11,Regional,213,Tajuk,5,Tanah Bumbu,62,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Plt Bupati Lumajang Tolak Mutasi Pejabat
Plt Bupati Lumajang Tolak Mutasi Pejabat
https://4.bp.blogspot.com/-lrsCSNlTLl0/WpEBmD7Z26I/AAAAAAAARqU/OLLm-3t6k6EsYP5znzn7A6jzsxRwyIDngCLcBGAs/s320/Korandor.com%2B2.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-lrsCSNlTLl0/WpEBmD7Z26I/AAAAAAAARqU/OLLm-3t6k6EsYP5znzn7A6jzsxRwyIDngCLcBGAs/s72-c/Korandor.com%2B2.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/02/plt-bupati-lumajang-tolak-mutasi-pejabat.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/02/plt-bupati-lumajang-tolak-mutasi-pejabat.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy