PT Merak Jaya Beton Dinilai Ingkar Janji: Warga Desak Penutupan Paksa

KEDIRI, Koran DOR – KONFLIK antara pabrik pengolahan bahan cor PT Merak Jaya Beton (MJB) dengan warga Ngebrak kembali bergejolak. Puncaknya,...

KEDIRI, Koran DOR – KONFLIK antara pabrik pengolahan bahan cor PT Merak Jaya Beton (MJB) dengan warga Ngebrak kembali bergejolak. Puncaknya, sebanyak 25 warga setempat yang tergabung dalam Paguyuban Masyarakat Peduli Lingkungan Insan Cendikia mendatangi pabrik pengolahan bahan cor di Dusun Ngebrak, Desa Grompol, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Sabtu (3/2).
Aksi massa di depan pabrik bahan cor yang telah berlangsung untuk ke-sekian kali itu menuntut agar menghentikan aktivitas produksi pabrik setempat. Para pengunjuk rasa mendapat pengawalan ketat dari aparat polisi dan TNI.
"Pada Oktober 2017, sudah ada kesepakatan antara warga dengan PT MJB bahwa per 31 Januari 2018 harus tutup. Tapi kenyataan hingga awal Februari ini mereka masih beroperasi. Karena itu pula warga terpaksa kembali kembali," tandas Samsul Munir, salah satu koordinator warga.
Sejatinya pihak MJB dan perwakilan warga yang tergabung dalam Paguyuban Masyarakat Peduli Lingkungan Insah Cendika sudah bersepakat mengakhiri konflik. Pada 12 Oktober lalu perdamaian berlangsung di Polsek Gampengrejo dengan disaksikan oleh aparat Polri dan TNI.
Paling tidak ada enam poin tanggapan dari PT MJB yang disepakati meski dirasa pahit oleh pihak warga masyarakat. Tapi mereka terpaksa menuruti dan perusahaan diperbolehkan beroperasi hingga 1 Februari 2018 dengan pertimbangan berakhir masa kontrak sewa lahan perusahaan dengan Pemerintahan Desa Ngebrak.
Melihat ada gelagat kurang baik dari perusahaan, kata Munir, pada 1 Febuari 2018 warga berkirim surat kepada MJB dan instansi terkait mulai dari Pemerintah Desa Ngebrak, Kecamatan Gampengrejo, Polsek Gampengrejo dan Koramil Gampengrejo. Inti surat tersebut adalah meminta perusahaan menghentikan aktivitas produksi dan angkat kaki dari Desa Ngebrak sebagaimana butir kesepakatan terdahulu.
"Dari dua hari kemarin kami melihat MJB masih beroperasi dan Paguyuban kemudian memberikan surat namun karena tidak diindahkan, akhirnya hari ini kami melakukan aksi meminta supaya MJB menghentikan aktivitas," tandas Munir.
Tidak kurang  25 orang terdampak yang meluruk MJB dan aksi mereka mendapat pengawalan dari aparat TNI dan Polri. Pada kesempatan itu warga masyarakat dan perwakilan perusahaan diajak duduk bersama di Balai Desa Ngebrak untuk berdialog.
Hadir dari pertemuan itu owner MJB, warga yang didampingi kuasa hukum dan Kepala Desa Ngebrak Saeroji "Dari pertemuan kami hari ini, ternyata ada pengakuan dari perusahaan dan Kepala Desa Ngebrak bahwa kontrak sewa lahan yang dibuat bukan dua tahun, melainkan enam tahun dan kontrak itu dibuat sebelum investor masuk. Kami sungguh terkejut karena selama ini yang kami tahu kontrak tersebut dua tahun sebagaimana diatur dalam Peraturan Desa (Perdes),"  tutur Munir.
Pihak MJB, imbuh Munir, mengasumsikan bahwa aturan perdes memperbolehkan mereka menyewa lahan bengkok Desa Ngebrak selama enam tahun dengan mekanisme dua tahunan dan diperpanjang sebanyak tiga kali tetapi warga tidak lagi mau kompromi dan mereka meminta supaya MJB mengakhiri kegiatan produksinya di Desa Ngebrak serta warga juga mendesak Kepala Desa Saeroji untuk mendukung keputusan warga
"Warga mengacu pada Perdes yang sudah ada, mau tidak mau akhirnya kepala desa harus menghentikan  kegiatan operasi MJB kemudian dari kepala desa sudah menyatakan tentang perpanjang kontrak sewa itu harus mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya hasil evaluasi perkembangan situasi sementara, dari MJB nampaknya kecewa dan masih berusaha melakukan lobi-lobi supaya jalan terus," kata dia.
Menurut Jesicha Yenny Susanty, selaku kuasa hukum warga, perjanjian sewa lahan selama enam tahun antara perusahaan dengan PT MJB di luar pengetahuan warga meskipun perusahaan ngeyel tetap beroperasi dengan berpedoman pada perjanjian kontrak tersebut, warga tetap menolak.
"Kesepakatan antara Pemerintah Desa Ngebrak dengan PT MJB baru terungkap begitu ketika kita berdialog di balai desa, hari ini karena semuanya memang telah bersepakat untuk menandatangni memorandum of understanding (MoU) perusahaan hanya diberikan waktu beroperasi hingga 1 Februari 2018, dengan pertimbangan masa berakhir kontrak dengan desa, maka harus dilaksanakan san warga sudah tidak bisa bernegosiasi lagi, karena bukan persoalan kompensasi, melainkan dampaknya."
Diberitakan sebelumnya, tabung silow PT Merak Jaya Beton ambrol, Selasa (16/5/2017) dari empat tabung yang bocor, mengeluarkan debu semen dampak insiden ini menimbulkan polusi hingga mencapai radius 1 kilometer dari perusahaan bahkan, menurut warga debu yang keluar menyapu rumah warga lebih parah dari erupsi Gunung Kelud, 14 Februari 2013 akhirnya warga berunjuk rasa menuntut penutupan sebab, kehadiran perusahaan ini di desa setempat juga belum pernah izin masyarakat. (dlg/red/tom)

COMMENTS

ADVERTORIAL,25,Bali,84,Berita Utama,38,Gresik,70,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,36,Nasional,41,Olahraga,10,Regional,168,Tajuk,3,Tanah Bumbu,46,Tips,5,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: PT Merak Jaya Beton Dinilai Ingkar Janji: Warga Desak Penutupan Paksa
PT Merak Jaya Beton Dinilai Ingkar Janji: Warga Desak Penutupan Paksa
https://1.bp.blogspot.com/-UIE1MI4fRd0/Wn4C82KNGbI/AAAAAAAARXg/JR6Szgd0A_wYGVRfm-k1MD99ByJMAQt3ACLcBGAs/s320/kediri%2Bmerak%2Bjay%2Bbeton%2Bingkar%2Bjanji.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-UIE1MI4fRd0/Wn4C82KNGbI/AAAAAAAARXg/JR6Szgd0A_wYGVRfm-k1MD99ByJMAQt3ACLcBGAs/s72-c/kediri%2Bmerak%2Bjay%2Bbeton%2Bingkar%2Bjanji.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/02/pt-merak-jaya-beton-dinilai-ingkar.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/02/pt-merak-jaya-beton-dinilai-ingkar.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy