Semua Desa Perlu Berdiri BUMDes

MaALANG, Koran Dor – SEBANYAK 325 desa di Kabupaten Malang sejauh ini belum memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) guna menopang pengelola...

MaALANG, Koran Dor – SEBANYAK 325 desa di Kabupaten Malang sejauh ini belum memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) guna menopang pengelolaan obyek wisata yang ada. Hal itu diungkapkan Kepala Disparbud Kabupaten Malang,  Made Arya Wedhantara SH MSi.
Menurut dia, hal itu patut disayangkan lantaran BUMDes diyakini menjadi saah satu syarat utama agar perekonomian desa dapat berkembang sekaligus meyejahterakan warga masayarakat.  Maka dari itu pihaknya bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) berupaya mendorong pihak seluruh desa untuk membuat BUMDes. Selain itu, menggandeng APDESI Kabupaten Malang dalam menyosialisasikan betapa penting mengembangkan BUMDes.
“Keberadaan BUMDes juga menjadi salah satu syarat bagi desa wisata supaya segera berkembang. Syarat untuk lebih profesional, akan lebih baik dibentuk dulu BUMDes,” tutur  Made.
Dia menambahkan, sebelumnya Kementerian Desa (Kemendes) sudah membuka peluang bakal ada suntikan modal usaha untuk BUMDes di setiap desa. Syaratnya, desa tersebut sudah sukses dan berhasil mengelola dengan baik BUMDes terutama dalam kaitan mengelola obyek wisata.
“Desa yang belum memiliki BUMDEs perlu segera membentuk BUMDes. Sedangkan konsentrasi ke depan yang paling utama adalah pengelolaan pariwisata,” tambah mantan Kepala Dispora Kabupaten Malang itu.
Dia menjelaskan setiap desa harus melakukan musyawarah terlebih dahulu sebelum membuat BUMDes yang berbasis pengembangan pariwisata. Tak cukup hanya sekali, musyawarah perlu dilakukan beberapa kali dengan menggandeng semua elemen warga desa. Dalam hal ini sering terjadi benturan antara ide dan keinginan dari setiap kelompok warga.
Keuntungan lain yang bisa didapat yakni terbukanya bantuan dari pemerintah pusat. “Selanjutnya akan kami lakukan pengkajian desa-desa mana yang memiliki potensi wisata. Kemudaian, bersama DPMD kami melakukan sosialisasi supaya obyek wisata itu berkembang dengan dikelola secara profesional melalui BUMDes,” imbuh dia.
Yang lebih penting adalah BUMDes sebagai badan usaha, seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa, karena itu, pengembangan BUMDes merupakan bentuk penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa serta merupakan alat pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa.  “Lebih dari itu, BUMDes menjadi tulang punggung perekonomian pemerintahan desa guna mencapai peningkatan kesejahteraan warganya.” (is/arie/red/tom)

COMMENTS

ADVERTORIAL,35,Bali,119,Berita Utama,61,Gresik,91,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,49,Nasional,61,Olahraga,11,Regional,203,Tajuk,4,Tanah Bumbu,59,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Semua Desa Perlu Berdiri BUMDes
Semua Desa Perlu Berdiri BUMDes
https://3.bp.blogspot.com/-KOpymumVADE/Wn4ED1CAxwI/AAAAAAAARX4/_BINttUowNYwW0Qdhje8fnV4C6gvukKwACLcBGAs/s320/mlg%2Bbrt%2Bwarga%2Bkab%2Bmlg%2Bbelum%2Bmiliki%2Bbumdes.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-KOpymumVADE/Wn4ED1CAxwI/AAAAAAAARX4/_BINttUowNYwW0Qdhje8fnV4C6gvukKwACLcBGAs/s72-c/mlg%2Bbrt%2Bwarga%2Bkab%2Bmlg%2Bbelum%2Bmiliki%2Bbumdes.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/02/semua-desa-perlu-berdiri-bumdes.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/02/semua-desa-perlu-berdiri-bumdes.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy