Seniman Gianyar Diberi Penghargaan Tertinggi

GIANYAR Koran DOR - TIGA tokoh seniman Gianyar dianugerahi penghargaan tertinggi di bidang seni, yakni Penghargaan Parama Satya Budaya dan...

GIANYAR Koran DOR - TIGA tokoh seniman Gianyar dianugerahi penghargaan tertinggi di bidang seni, yakni Penghargaan Parama Satya Budaya dan Parama Satya Citra Kara. Penghargaan diserahkan oleh Bupati Gianyar A A Gde Agung Bharata pada tokoh seniman Alm Tjokorda Gde Rai , Alm Anak Agung Gde Ngurah Mandera dan I Ketut Budiana, di Balai Budaya Gianyar, Rabu (31/1).
Penghargaan Parama Satya Budaya dan Parama Satya Citra Kara merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Pemkab Gianyar kepada tokoh seniman, pelaku seni dan masyarakat yang layak diberikan penghargaan sesuai kriteria yang telah ditetapkan. 
Seperti ditegaskan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar IGN Wijana, penghargaan yang diberikan pada ketiga tokoh seniman tersebut telah diawali dengan pengamatan, diskusi para ahli budaya dan kajian akademis yang dipandang patut dan layak diberikan penghargaan tersebut. Setelah itu dilanjutkan dengan verifikasi oleh Dinas Kebudayaan untuk ditetapkan melalui SK Bupati Gianyar.
Tidak hanya itu, selain verifikasi data juga dilakukan kunjungan lapangan untuk menverifikasi dan melengkapi administrasi calon penerima penghargaan yang  telah dilakukan pada bulan Desember 2017 dan Januari 2018 lalu. Dari proses tersebutlah dikeluarkan SK Bupati Gianyar Nomor 336/E-01/HK/2018 tentang Penetapan Penerima Penghargaan Parama satya Budaya dan Parama Satya Citra Kara tahun 2018.
Ngurah Wijana menambahkan, untuk tahun 2018 ketiga tokoh yang yang diusulkan tersebut meraih penghargaan katagori maestro yang terdiri dari Penghargaan Parama Satya Budaya untuk Alm Tjokorda Gde Rai dari Puri Agung Peliatan karena ketokohan beliau di bidang pembina seni dan budaya. Penghargaan Parama Satya Budaya juga diberikan pada Alm Anak Agung Gde Ngurah Mandera dari Puri Kaleran Peliatan, atas kiprah beliau di bidang seni tari dan karawitan. Sedangkan Penghargaan Parama Satya Citra Kara diberikan pada I ketut Budiana asal Br. Padang Tegal Kelod, Ubud. Beliau adalah tokoh seniman di bidang seni rupa.
Ketiga tokoh ini telah melewati kriteria yang telah ditetapkan seperti telah berkontribusi terhadap penggalian, pelestarian, pengembangan dan pembinaan terhadap seni budaya secara berkelanjutan. Memiliki prestasi yang luar biasa dibuktikan dengan hasil karya cipta maupun gagasan yang diakui oleh masyarakat. Dan mereka memiliki kompetensi atau keahlian dibidang seni maupun budaya.
Salah satu penerima penghargaan, I Ketut Budiana seusai menerima penghargaan mengucapkan rasa terima kasih pada Bupati Gianyar atas perhatiannya yang besar terhadap seni dan budaya di Kabupaten Gianyar. Sebagai seorang seniman, Ketut Budiana menyadari Pemkab Gianyar telah memberikan cukup ruang dan wadah bagi mereka untuk berkreasi, salah satunya adalah pada HUT kota Gianyar melalui parade budaya, pentas seni kolosal maupun parade gong kebyar.
I Ketut Budiana sendiri adalah seniman rupa Bali yang dikenal memiliki kemampuan hampir di semua bidang seni. Mulai dari seni lukis, seni patung, arsitektur, pahat bahkan membuat pratima. Pria kelahiran  6 Oktober 1960 silam ini, karyanya banyak dikoleksi museum di dalam maupun luar negeri.  Diantaranya adalah Dutch National Museum, Japan National Asia Art Museum, Art Center in Barcelona dan lain-lainnya.
“Bagi saya hidup adalah pergerakan yang tak pernah berhenti, dalam kesempatan hidup ini saya ingin mengabdikan diri pada seni tampa pamerih apapun,” kata Ketut Budiana.
Sementara itu Bupati Gianyar, AA Gde Agung Bharata pada kesempatan itu berharap agar, pemberian penghargaan ini mampu menginspirasi dan membangkitkan semangat pengabdian para tokoh serta generasi muda Gianyar, untuk memajukan dan meningkatkan kejayaan seni dan budaya sebagai warisan pusaka Bali dan bangsa Indonesia.
“Besar keyakinan saya bahwa atas dukungan dari berbagai pihak,  terutama dari para tokoh dan maestro seni budaya kita mampu menjaga kelestarian dan kejayaan seni budaya kita,” tegas Bupati agung Bharata.
Pada kesempatan itu juga Bupati Agung Bharata yang sebentar lagi akan mengakhiri masa jabatannya, menitipkan pesan pada siapapun bupati yang terpilih nanti agar tetap memajukan seni dan budaya di Gianyar dan tetap memperhatikan para tokoh seniman. Mereka adalah asset yang sangat berharga bagi kelangsungan seni dan budaya di kabupaten Gianyar. (na)


COMMENTS

ADVERTORIAL,25,Bali,84,Berita Utama,38,Gresik,70,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,36,Nasional,41,Olahraga,10,Regional,168,Tajuk,3,Tanah Bumbu,46,Tips,5,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Seniman Gianyar Diberi Penghargaan Tertinggi
Seniman Gianyar Diberi Penghargaan Tertinggi
https://4.bp.blogspot.com/-LHy2xG4_HtI/WnS-H6I0TcI/AAAAAAAARJk/k0LGi648aTYE9ZeqFzRsKUEU3h6dYcdlQCLcBGAs/s320/bali%2Bft%2Bbrt%2Bparama%2Bsatya%2Bbudaya-korandorcom.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-LHy2xG4_HtI/WnS-H6I0TcI/AAAAAAAARJk/k0LGi648aTYE9ZeqFzRsKUEU3h6dYcdlQCLcBGAs/s72-c/bali%2Bft%2Bbrt%2Bparama%2Bsatya%2Bbudaya-korandorcom.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/02/seniman-gianyar-diberi-penghargaan.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/02/seniman-gianyar-diberi-penghargaan.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy