Tolak Pelantikan Perangkat Desa Nanggungan: Warga Rame-rame Demo Balai Desa

KEDIRI, Koran DOR – PELANTIKAN perangkat Desa Nanggungan, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri, Kamis pagi (8/2) diwarnai unjuk rasa. Rat...

KEDIRI, Koran DOR – PELANTIKAN perangkat Desa Nanggungan, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri, Kamis pagi (8/2) diwarnai unjuk rasa. Ratusan warga meluruk Kantor Balai Desa setempat untuk melakukan protes. Mereka juga membentangkan sejumlah poster berisi tuntutan dan hujatan.
Di antara isi hati mereka tertuang dalam tulisan sebut saja berbunyi “Jangan Arogan”, “Hentikan Kegaduhan”, Tindak-lanjuti konsultasi ke Mendagri bahwa nilai tinggi yang dilantik”,  “Kami Manusia Bukan Boneka”,  “Untuk Permainanmu Bu KADES”, “Tegakkan Hukum Keadilan” dan masih banyak lagi. Terkesan, massa sengaja berorasi agar kegiatan pelantikan dibatalkan.
"Ternyata tidak ada arti tes sebab yang dilantik justru yang hasil ujiannya rendah. Kami telah dibodohi dengan permainan kotor. Nilai kami lebih bagus dari mereka yang dilantik. Bahkan, di antara kami kami ada yang peringkat pertama," kata Dwi Lina, salah satu orator.
Dwi Lina Nindyawati adalah salah satu peserta seleksi perangkat Desa Nanggungan mendapatkan nilai tertinggi untuk jabatan Kaur Perencanaannya 72,5. Tapi Kepala Desa setempat Siti Zahrotun justru melantik Nanda Yudho Rahmawati padahal nilai hasil ujian Nanda hanya 59,05 dan hanya menduduki peringkat kelima.
Tidak hanya Dwi Lina yang merasa telah didzolimi, dua teman sesama peserta tes juga bernasib sama yaitu Asfia'ul Khusaini untuk jabatan Sekretaris Desa, Mahasiswa Universitas Kadiri (Unik) Kediri ini mendapat nilai tertinggi dalam ujian 74,1. Sementara yang dilantik untuk posisi sekdes adalah Fitri Sandy Anvala, peringkat nomor lima dengan nilai 60,85.
Kemudian Amir Yahya untuk posisi Kaur Umum, hasil tes nya tertinggi 61,75 namun kepala desa justru melantik Niniek Lisa Rahmawati, peringkat ketiga dengan nilai 59,85, Ketiga peserta tes dengan nilai tertinggi ini bersama warga melakukan aksi menolak pelantikan.
Dalam aksi yang dikawal puluhan aparat kepolisian dan TNI ini sempat ricuh, warga terlibat aksi saling dorong dengan petugas keamanan, mereka mendesak Kepala Desa Siti Zahrotun dan perangkat desa keluar dari ruangan untuk menemui massa.Tapi kades maupun perangkat desa tidak ada yang keluar untuk menemui hingga pelantikan usai, massa masih bertahan di depan balai desa dan pihak keamanan hanya memperbolehkan beberapa orang perwakilan masuk untuk menemui kades, mereka adalah ketiga peserta tes dengan nilai tertinggi yang digugurkan dan dua orang pendamping.
Pertemuan berlangsung tertutup di ruang kades dan pihak kepolisian tidak mengizinkan wartawan masuk untuk meliput jalannya mediasi, di dalam forum mediasi itu juga ada Camat Kayen Kidul Drs Teguh Kuncahyo.
Untuk diketahui, pengangkatan perangkat desa di 52 desa di Kabupaten Kediri memang meninggalkan polemik, sebelumnya, aksi protes terhadap pelantikan juga terjadi di Desa Baye, Kecamatan Kayen Kidul dengan persoalan sama, Kepala Desa Baye justru melantik peserta rangking dua, sementara peserta dengan nilai tertinggi digugurkan.
Kapolsek Pagu, AKP Bowo Wicaksono ketika dikonfirmasi mengatakan pihaknya meminta rombongan massa memasuki area balai desa dan pihaknya, memperbolehkan berorasi di pinggir jalan masuk balai desa setempat "Kami mengupayakan mediasi perwakilan pengunjuk rasa dengan pihak desa setempat," pihaknya sempat berkomunikasi bersama warga untuk menyelesaikan permasalah ini"Langkah selanjutnya pendemo berencana akan menempuh jalur hukum," kilahnya. (dlg/red/tom)
Aksi Demo Warga Tolak Keras Hasil Pelantikan Perangkat Desa

COMMENTS

ADVERTORIAL,33,Bali,107,Berita Utama,56,Gresik,88,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,46,Nasional,53,Olahraga,10,Regional,191,Tajuk,3,Tanah Bumbu,54,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Tolak Pelantikan Perangkat Desa Nanggungan: Warga Rame-rame Demo Balai Desa
Tolak Pelantikan Perangkat Desa Nanggungan: Warga Rame-rame Demo Balai Desa
https://4.bp.blogspot.com/-EY3gqT_nd80/Wn333OY0XzI/AAAAAAAARVg/iaMnk-4QFmoI7UHtANpLfo0CpsxC88nyQCLcBGAs/s320/kediri%2Bdemo%2Bperangkat.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-EY3gqT_nd80/Wn333OY0XzI/AAAAAAAARVg/iaMnk-4QFmoI7UHtANpLfo0CpsxC88nyQCLcBGAs/s72-c/kediri%2Bdemo%2Bperangkat.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/02/tolak-pelantikan-perangkat-desa.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/02/tolak-pelantikan-perangkat-desa.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy