Desa Dapet Tanam Pohon di Pekarangan Warga

GRESIK, Korandor.com - DESA Dapet, Kecamatan Balongpanggang, Gresik, mempunyai 3 dusun diantaranya Kedungdowo, Dapet, dan Sugihwaras....



GRESIK, Korandor.com - DESA Dapet, Kecamatan Balongpanggang, Gresik, mempunyai 3 dusun diantaranya Kedungdowo, Dapet, dan Sugihwaras.
Tim penggerak PKK desa Dapet mempunyai terobosan baru, dengan memanfaatkan lahan dipekarangan rumah untuk ditanami pohon jeruk. Ada tiga macam pohon jeruk diantaranya jeruk nipis, jeruk lemon dan nagami.
Selasa (28/2), ketua Tim Penggerak PKK Gresik, Maria Ulfah Sambari secara simbolis menanam pohon jeruk di halaman balai desa Dapet usai lounching Nensi Lincah.
"Dengan mengucapkan Bismilah, mudah-mudah pohon jeruk ini berbuah dan dapat mensejahterahkan masyarakat", katanya.
Seperti inovasi yang terus dikembangkan oleh Tim penggerak PKK desa Dapet, Herlina Suyitno bekerja sama dengan pemerintah desa, kelompok PKK tersebut membuat inovasi yakni dengan menanam tanaman pohon produktif untuk ditanam di tiap pekarangan rumah warga. Ada tiga jenis pohon yang di tanam. Diantaranya pohon jeruk nipis, lemon dan nagami.
Kepala desa Dapet menjelaskan bahwa, ide yang didapat tim PKK berawal dari salah satu warga yang menjadi pedagang sayur yang menjual dagangannya di Surabaya dalam jumlah besar. Oleh karena itu, tim PKK membuat inovasi untuk menanam tanaman produktif sehingga apabila tanaman tersebut berbuah, bisa dimanfaatkan masyarakat desa Dapet. 
"Tujuan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat", tutur Suyitno.
Kades menambahkan, pada tahun lalu, pohon yang sudah ditanam sebanyak 600 pohon. Kemudian untuk tahun ini telah didatangkan sebanyak 2500 pohon. "Tahun ini ada 2500 pohon yang ditanam, semua itu terus diupayakan guna menuju gerakan tanam 5000 pohon produktif dan menyebar di setiap rumah, sebanyak tiga pohon," ujarnya. 
Dia menambahkan, dalam menjalankan program ini, pihak pemerintah desa bertugas memfasiltasi. "Pihak pemdes tugasnya memfasilitasi, selebihnya tim PKK lah yang terus memaksimalkan program ini," ungkapnya.
Sebagai Kades, dirinya merasa bersyukur karena inovasi yang dikembangkan oleh tim PKK ternyata mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat karena dampaknya kedepan selain bermanfaat untuk penghijauan, juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan warga.
Kades berharap kepada pemerintah, untuk memberi dukungan terhadap program tanam pohon yang ada di desa ini. Salah satunya dengan memberi bantuan tanaman produktif selain tanaman jeruk.
"Sehingga Desa Dapet kedepan menjadi desa yang hijau dan produktif menuju desa mandiri", harapnya. (ono/Korandor.com)


COMMENTS

ADVERTORIAL,31,Bali,92,Berita Utama,48,Gresik,77,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,42,Nasional,50,Olahraga,10,Regional,180,Tajuk,3,Tanah Bumbu,50,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Desa Dapet Tanam Pohon di Pekarangan Warga
Desa Dapet Tanam Pohon di Pekarangan Warga
https://1.bp.blogspot.com/-q0aP6Cmcdl8/WpuQJfp_JnI/AAAAAAAARuc/wD2qJrGXzu4gGOYapy_xIivcqSIfhZ2kgCEwYBhgL/s320/gresik%2B2.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-q0aP6Cmcdl8/WpuQJfp_JnI/AAAAAAAARuc/wD2qJrGXzu4gGOYapy_xIivcqSIfhZ2kgCEwYBhgL/s72-c/gresik%2B2.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/03/desa-dapet-tanam-pohon-di-pekarangan.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/03/desa-dapet-tanam-pohon-di-pekarangan.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy