Diduga Lakukan Penipuan dan Pemerasan Ketua ASKAB Banyuwangi Ditangkap Polisi

Banyuwangi, Korandor.com - AGUS Tarmidzi yang masih menjabat Kepala Desa Wonosobo Kecamatan Srono, dan juga sebagai Ketua Asosiasi Ke...



Banyuwangi, Korandor.com - AGUS Tarmidzi yang masih menjabat Kepala Desa Wonosobo Kecamatan Srono, dan juga sebagai Ketua Asosiasi Kepala Desa Banyuwangi (Askab), resmi menjadi penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Mapolres Banyuwangi, Minggu (25/2) sekitar pukul 00.52 wib.
Setelah penyidik Unit Pidkor (Pidana Korupsi) Satreskrim Polres Banyuwangi melakukan pemeriksaan kepada Agus Tarmidzi selama kurang lebih 8 jam, akhirnya Agus Tarmidzi ditetapkan sebagai tersangka dengan dugaan melanggar pasal 372 jo 378.
Menurut Eko Sutrisno.SH, selaku kuasa hukum Agus Tarmidzi menuturkan bahwa, kliennya ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan pemerasan dan penipuan disertai penggelapan.
“Klien kita dituduhkan dengan pasal penggelapan dan penipuan, yang menurutnya bahwa uang yang diterima adalah uang pengembalian hutang dari pelapor”, ungkap Eko.
Eko menambahkan, akan mengajukan upaya penangguhan penahanan. “Setelah diterbitkan surat perintah penahanan, Klien kita resmi dilakukan penahanan dan kita bersama keluarga akan mengajukan upaya penangguhan penahanan”, tambahnya.
Kronologi kejadian, Sabtu (24/2) Agus Tarmidi ditangkap oleh Satreskrim Polres Banyuwangi saat hendak masuk ke dalam mobilnya diparkiran Cafe Java River. Uang sebesar Rp 10 juta beserta sebuah handphone berhasil diamankan sebagai barang bukti (BB). Sedangkan korbannya adalah Achmad Turmudi yang tak lain adalah Kepala Desa Tegalarum, Kecamatan Sempu.
Kasat Reskrim Polres Banyuwangi, AKP Sodik Efendi didampingi Kanit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Ipda IGP Wiranata, membenarkan pengamanan Agus Tarmidi. “Benar, yang bersangkutan saat ini masih dalam pemeriksaan”, jelasnya.
Kasus ini sendiri berkaitan dengan perkara yang menimpa Kades Tegalarum, Kecamatan Sempu pada beberapa waktu yang lalu. Saat itu, Kades Tegalarum terkena OTT oleh Satgas Uber Pungli Kabupaten Banyuwangi dengan dugaan pungli Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang merupakan Program Nasional Agraria (Prona).  
Dua hari pasca kejadian OTT Kades Tegalarum, dia didatangi Agus Tarmidi bersama seorang anggota LSM asal Muncar bernama Ipong Poniyahadi. Saat itu, Kades Tegalarum mengaku dimintai uang sebesar Rp 40 juta untuk menutup kasusnya di Polres Banyuwangi. Walaupun sempat ragu, karena kendati sudah memberikan uang sebesar Rp 40 juta, dirinya bersama Pokmas dan petugas PPAT Kecamatan Sempu masih saja dipanggil oleh penyidik Polres Banyuwangi dan ditetapkan sebagai tersangka. Dan baru seminggu lalu, kades juga mengaku jika dirinya ditelepon lagi oleh Agus Tarmidi, dikatakan bahwa perkaranya yang di Polres terkait PTSL sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Banyuwangi.
Dengan dalih untuk menutup kasus di Kejaksaan itu lah Kades Tegalarum Achmad Turmudi mengaku dimintai uang sebesar Rp 50 juta. “Katanya untuk menutup kasus di Kasi Pidsus Kejari Banyuwangi”, ungkap Turmudi yang juga mantan anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi dari PKNU ini, Sabtu (24/2).
Sementara Achmad Turmudi seusai mendapat telepon Agus Tarmidi, langsung melakukan koordinasi dengan Pokmas yang menangani PTSL serta PPAT Kecamatan Sempu, untuk urunan (bersama-sama) memanggul biaya sebesar Rp 50 juta seperti yang diminta Agus Tarmidi. Pada saat Kades Achmad Turmudi masih berusaha mengumpulkan uang sebesar Rp 50 juta, Sabtu siang (24/2) Agus Tarmidi datang di Cafe Java River untuk mengambil uang Rp 10 juta, yang menurut keterangannya kepada Kades Tegalarum, dirinya sudah menalangi (membayar lebih dahulu) untuk diserahkan kepada pihak Kejari Banyuwangi. (ris/dod/Korandor.com) 


COMMENTS

ADVERTORIAL,25,Bali,84,Berita Utama,38,Gresik,70,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,36,Nasional,41,Olahraga,10,Regional,168,Tajuk,3,Tanah Bumbu,46,Tips,5,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Diduga Lakukan Penipuan dan Pemerasan Ketua ASKAB Banyuwangi Ditangkap Polisi
Diduga Lakukan Penipuan dan Pemerasan Ketua ASKAB Banyuwangi Ditangkap Polisi
https://1.bp.blogspot.com/-mvnmmk5pOvY/WpucK2JPVJI/AAAAAAAARv8/rB_-XeQjtFIKIGc0aoigCdxDTcyDBJJNwCLcBGAs/s320/bwi%2Bbrt%2Bdiduga%2Bmelakukan%2Bpenipuan%2B%2BKades%2BWonosobo%2Bagus%2Btarmidi.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-mvnmmk5pOvY/WpucK2JPVJI/AAAAAAAARv8/rB_-XeQjtFIKIGc0aoigCdxDTcyDBJJNwCLcBGAs/s72-c/bwi%2Bbrt%2Bdiduga%2Bmelakukan%2Bpenipuan%2B%2BKades%2BWonosobo%2Bagus%2Btarmidi.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/03/diduga-lakukan-penipuan-dan-pemerasan.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/03/diduga-lakukan-penipuan-dan-pemerasan.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy