Pemkot Menangkan Gugatan Eks Bioskop Jaya

KEDIRI , Korandor.com – PEMKOT Kediri memenangkan gugatan sengketa kepemilikan laham eks Gedung Bioskop Jaya di Jalan Brawijaya, Kot...



KEDIRI, Korandor.com – PEMKOT Kediri memenangkan gugatan sengketa kepemilikan laham eks Gedung Bioskop Jaya di Jalan Brawijaya, Kota Kediri. Selanjutnya, guna mengamankan aset itu, kini dikerahkan sejumlah petugas Satpol PP berjaga-jaga di lokasi.
Kabag Humas Pemkot Kediri Apip Permana saat dikonfirmasi menjelaskan terkait objek sengketa eks gedung bioskop sudah ada putusan dari Mahkamah Agung (MA).  Langkah yang ditempuh senantiasa mengacu pada putusan Mahkamah Agung RI register No 235K/Pdt/2016,  tanggal putusan 15 Desember 2016.
Lahan eks gedung bioskop tersebut kini telah resmi menjadi aset Pemkot. Setelah memenangkan gugatan, kini sedang dikaji pemanfaatan lahan menyusul pemanfaatan lahan harus mengacu pada peruntukan berdasarkan Rencana Tata Ruang dan Wilayah. Terkait keberadaan Satpol PP yang berjaga di lokasi, tidak semata-mata untuk menjaga area,  melainkan juga menjaga ketenteraman dan ketertiban warga masyarakat.
Sementara itu berdasarkan pantauan Koran DOR, di sekitar bekas gedung bioskop itu sudah terpasang sebuah spanduk berlogo Pemkot Kediri dengan tulisan “Tanah milik Pemkot”. Di spanduk itu juga tercantum bahwa kepemilikan aset itu berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia dengan bukti registrasi Nomor 235 K/Pdt/2016 tertanggal putusan 15 Desember 2016. Amar kasasi MA menerangkan bahwa yang berhak atas tanah itu adalah Pemkot Kediri.
Sementara Nur Khamid, Kabid Trantibun Satpol PP Kota Kediri menjelaskan petugas Satpol PP bersama DLHKP melakukan pembersihan di lahan eks gedung bioskop itu. Pembersihan dilakukan dengan menyingkirkan pagar seng yang semula menutup bagian depan lahan eks gedung bioskup termasuk sejumlah mobil korban lakalantas ada dipinggirkan serta beberapa warung yang sempat membuka jualan juga ditertibkan,
Kini, lahan yang sempat menjadi objek sengketa ini sudah terlihat lebih bersih.  Pemkot Kediri malah telah memasang spanduk berlogo Pemkot Kediri dengan tulisan "Tanah Milik Pemerintah Kota Kediri". Karena status hukum sudah dimenangkan Pemkot Kediri maka terhadap gedung yang belasan tahun mangkrak itu sudah dilakukan pembersihan.
Keberadaan petugas Satpol PP hanya untuk berjaga-jaga sambil bersih-bersih. Petugas juga mendirikan tenda lapangan Satpol PP di halaman depan. Sebelumnya eks Gedung Bioskop Jaya menjadi objek sengketa dengan ahli waris pemilik tanah yang diwakili Yudi Tatang Sujana. Pihak kuasa hukum juga sempat melakukan pembersihan di objek sengketa itu untuk dimanfaatkan areal pujasera.
Sementara itu aktivitas bersih-bersih itu bertujuan untuk perawatan. Setidaknya agar tidak terkesan kumuh atau tak terawat. Aktivitas bersih-bersih itupun akan berlangsung mulai minggu ini. Sedangkan untuk merumuskan untuk apa peruntukan gedung tersebut pihak Pemkot akan melakukan koordinasi terlebih dulu yang melibatkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) hingga Bagian Anggaran.
Mereka akan merumuskan untuk apa gedung yang sudah lama mangkrak tersebut Makanya,  akan dilakukan rapat RPJMD (rapat pembangunan jangka menengah daerah, Red) dulu untuk memperkirakan apa yang tepat untuk bekas bioskop itu. Disinggung apakah ada kemungkinan gedung itu jadi perkantoran, Apip tak mengelak. Namun, lagi-lagi, kepastian masih menunggu hasil RPJMD terlebih dulu.
Dengan putusan itu, gedung bekas Bioskop Jaya beserta lahan seluas 2.862 meter persegi tersebut berhak digunakan oleh Pemkot sebelumnya, muncul klaim dari keluarga Tantyo Suharno dan 13 keluarga lain bahwa gedung dan lahan itu milik mereka, sengketa itu berlanjut ke pengadilan pada 2016 lalu sebelum akhirnya dinyatakan kalah. (dlg/tom/Korandor.com)

COMMENTS

ADVERTORIAL,25,Bali,84,Berita Utama,38,Gresik,70,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,36,Nasional,41,Olahraga,10,Regional,168,Tajuk,3,Tanah Bumbu,46,Tips,5,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Pemkot Menangkan Gugatan Eks Bioskop Jaya
Pemkot Menangkan Gugatan Eks Bioskop Jaya
https://3.bp.blogspot.com/-J17R6DK5-OE/WqUh7odU7tI/AAAAAAAAR48/xKETy88B6IQm8om0qavNiUqa9BEHN5LSACLcBGAs/s320/kediri%2Bbioskop%2Bjaya%2Bkota%2Bkediri.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-J17R6DK5-OE/WqUh7odU7tI/AAAAAAAAR48/xKETy88B6IQm8om0qavNiUqa9BEHN5LSACLcBGAs/s72-c/kediri%2Bbioskop%2Bjaya%2Bkota%2Bkediri.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/03/pemkot-menangkan-gugatan-eks-bioskop.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/03/pemkot-menangkan-gugatan-eks-bioskop.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy