Polres Kediri Bongkar Sindikat Uang Palsu

KEDIRI , Korandor.com  – ANCAMAN peredaran uang palsu (upal) boleh jadi masih akan tetap menghantui masyarakat. Sebab, baru-baru ini u...


KEDIRI, Korandor.com ANCAMAN peredaran uang palsu (upal) boleh jadi masih akan tetap menghantui masyarakat. Sebab, baru-baru ini upal senilai Rp 50,5 juta siap diedarkan di tengah masyarakat berhasil dibongkar polisi. jajaran Polres Kediri pun dengan cepat berhasil membongkar sindikat upal tersebut.
Polisi di Kediri kali ini tak hanya berhasil menggagalkan peredaran upal. Namun juga menangkap sosok pembuat. Diketahui sindikat upal kali ini tak hanya melibatkan orang Kediri tapi juga dari daerah lain. Disebut-sebut pencetakan upal itu dilakukan di Magelang, Jawa Tengah.
“Dua pelaku (pengedar, red) berhasil kami tangkap di Kediri. Begitu pun seorang lagi berhasil ditangkap di Jateng,” kata Kapolres Kediri AKBP Erick Hermawan kepada wartawan di Mapolres Kediri.
Dikatakan Kapolres, Muhammad Sulhan Amri ditangkap di Magelang berkat bantuan jajaran kepolisian setempat. Yang bersangkutan adalah warga Desa Ambartawang, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dia merupakan otak peredaran upal dan di rumahnya ditemukan tempat dan perangkat pencetak upal.
Pelaku lain adalah Vexi Soeratman (61), Sumadi (54) dan Sunarto (55). .Vexi adalah warga Dusun Gelangan, Dusun Jebungan, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jateng. Bertindak sebagai marketing sekaligus perantara antara MS dengan para pengedar di tengah masyarakat.
Sedangkan Sumadi adalah warga Desa Kepung, Kecamatan Kepung. Sementara Sunarto warga Desa Sekoto, Kecamatan Badas. Terbongkarnya kasus ini berawal dari tertangkapnya Sumad yang tengah berusaha mengedarkan upal dengan cara membeli kambing milik Tukinem, Sabtu (10/3). Wanita asal Kepung itu merasa curiga terhadap uang yang diterima dari pelaku.
Tukinem yang merasa curiga dengan uang itu melapor ke Polsek Kepung. Polisi pun lalu bergerak cepat dan menangkap Sumadi. Dari penangkapan ini kemudian dikembangkan dengan kemudian berhasil menggulung sindikat upal. Pengakuan Sumadi, dia membeli upal dari Vexi setiap Rp 10 juta upal dibeli dengan harga Rp 1 juta. Polisi kemudian menangkap Vexi di Klaten, Jateng. Dari penangkapan Vexi itu pula polisi tahu ada pengedar lain yakni Sunarto lalu merembet lagi sampai  ke pencetak yaitu M. Sulhan Amri.
Saat dilakukan penggerebekan di rumah MS, polisi mendapati peralatan yang digunakan untuk membuat upal. Mulai dari peralatan sablon, mesin fotokopi, cutter, screen besar dengan gambar logo Bank Indonesia (BI). Kemudian screen besar bergambar pahlawan yang biasa ada di lembar uang kertas, laptop dan penggaris besi.
Semua barang-barang itu kemudian dijadikan barang bukti. Polisi berhasil mengamankan upal sebanyak 440 lembar dalam pecahan Rp 100 ribu. Juga ada cetakan uang yang masih dalam proses. Total upal senilai Rp 50,5 juta dan sudah siap diedarkan  ke  tengah masyarakat.
Menurut keterangan Muhammad Sulhan Amri, ia dan Vexi mencetak uang palsu manakala ada pesanan. Seperti halnya pesanan dari pengedar yang ada di Kediri. Kemampuan mencetak upal itu dipelajari secara otodidak. “Latar belakang MS sebagai seorang penyablon ternyata sangat mendukung cetak uang palsu,” tutur AKBP Erick Hermawan.
Hingga kini empat pelaku pembuat dan pengedar uang beserta barang bukti telah diamankan di Mapolres Kediri. Mereka dituding melanggar Pasal 36 ayat (1), ayat (2), dan (3) UU RI Nomor 07 Tahun 2011 tentang mata uang dan terancam hukuman penjara 15 tahun. “Kasus itu masih akan terus kami kembangkan,” kilah AKBP Erick Hermawan. .(dlg/tom/Korandor.com)


COMMENTS

ADVERTORIAL,33,Bali,107,Berita Utama,56,Gresik,88,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,46,Nasional,53,Olahraga,10,Regional,191,Tajuk,3,Tanah Bumbu,54,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Polres Kediri Bongkar Sindikat Uang Palsu
Polres Kediri Bongkar Sindikat Uang Palsu
https://1.bp.blogspot.com/-YGK7EJyzGTM/WrfKuPiE4jI/AAAAAAAASIw/pLxhwewA9HQ20AJpAzajoQiPFDBpNZ7pgCLcBGAs/s320/kediri%2Brp-50-juta-upal-siap-beredar.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-YGK7EJyzGTM/WrfKuPiE4jI/AAAAAAAASIw/pLxhwewA9HQ20AJpAzajoQiPFDBpNZ7pgCLcBGAs/s72-c/kediri%2Brp-50-juta-upal-siap-beredar.jpeg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/03/polres-kediri-bongkar-sindikat-uang.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/03/polres-kediri-bongkar-sindikat-uang.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy