Bawaslu Bali Panggil 3 Guru Besar untuk Klarifikasi

Denpasar, Korandor.com   - TIGA Guru Besar Universitas Udayana (unud) dipanggil Bawaslu Bali, untuk mengklarifikasi pernyatan merek...




Denpasar, Korandor.com - TIGA Guru Besar Universitas Udayana (unud) dipanggil Bawaslu Bali, untuk mengklarifikasi pernyatan mereka yang terang-terangan mendukung Paslon Cagub dan Cawagub Bali, Koster-Ace.
Setelah mendengar paparan mereka pada Uji Publik di Kampus Unud (23/3). Pemanggilan ketiga professor itu, karena mereka adalah Aparatur Sipil Negara yang seharusnya bersikap netral. Ketiga Guru Besar Unud yang dipanggil yakni Prof Dr Yohanes Usfunan SH MH yang merupakan guru besar hukum tata negara, Prof Dr Made Subawa selaku guru besar hukum tata negara dan Prof Dr Wayan Windia sebagai Guru Besar Hukum Adat.

Uji Publik yang diselenggarakan di Kampus Unud itu, diprakarsai oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Unud dengan tema, “Berebut Tahta Pulau Dewata”. Sebagai panelis, ketiga Guru Besar itu menedengar paparan Koster dalam mempresentasikan Visi dan Misi dan Program Kerja yang dibingkai dalam konsep besar, “Nangun Sat Kerthi Loka Bali”.
Setelah mendengat paparan Koster yang jebolan ITB Badung itu, mendapat pujian dari Profesor Dr Yohanes Usfunan selaku panelis mengatakan, Koster yang bergelar Doktor sudah layak sebagai profesor. Yang sangat mengejutkan pernyataan Prof Yohanes yang berasl dari Nusa Tenggara Timur, dirinya menyatakan Koster sudah sangat layak menjadi Gubernur Bali. Prof Yohanes menilai, program Koster-Ace ini sangat jelas baik dari segi akademis dan filosofis, serta Komitmen Koster-Ace membangun pemerintahan yang bersih sangat diharapkan rakyat Bali saat ini.

Sementara itu pakar Hukum Adat Prof Dr Wayan Windia mengatakan, konsep Nangun Sat Kerthi Loka Bali itu sangat utuh dan terstruktur. Begitu pula dengan Prof Dr Made Subawa, setuju dengan pernyataan  Prof Yohanes.
Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Bawaslu Bali Ketut Sunadra menjelaskan, pemanggilan terhadap para akademisi Unud ini terkait dengan pemberitaan media dan pengaduan masyarakat tentang, acara atau sebuah forum yang digelar di FH Unud selama dua hari berturut-turut dengan mengundang 2 pasangan calon (Paslon) yakni, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra-I Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta) dan I Wayan Koster-Tjokorda Oka Arta Ardhana Sukawati (Koster-Ace).  

Menurutnya, ada beberapa pernyataan di media yang harus segera diklarifikasi. Pernyataan itu tercatat dalam berita di beberapa media. Salah satunya adalah "anda layak jadi gubernur", "sudah seperti guru besar" dan beberapa pernyataan lainnya. "Pernyataan-pernyataan ini harus segera diklarifikasi. Apakah mendukung pasangan tertentu. Karena kalau disampaikan hanya untuk salah satu Paslon maka, ini ada indikasi keberpihakan. Karena bisa jadi yang satunya layak jadi gubernur maka yang lainnya tidak layak, atau juga bisa lebih layak dari yang lainnya," katanya.
Klarifikasi lainnya soal ada upaya seorang PNS atau ASN yang mendukung Palson dengan pernyataan tersebut. Seorang ASN diminta tidak melakukan kampanye dan dukungan kepada Paslon tertentu. Klarifikasi lain yang dibutuhkan Bawaslu adalah materi kampanye visi dan misi dihadapan para dosen dan mahasiswa. Secara UU, Paslon dilarang berkampanye di lembaga pendidikan termasuk kampus. Bawaslu berdasarkan hasil penelusurannya, telah terjadi kampanye oleh Paslon nomor urut 1 dengan menyampaikan visi, misi, program dan bukan merupakan jadwal kampanye, demikian kata Bawaslu. (dvd/Korandor.com).

COMMENTS

ADVERTORIAL,33,Bali,107,Berita Utama,56,Gresik,88,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,46,Nasional,53,Olahraga,10,Regional,191,Tajuk,3,Tanah Bumbu,54,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Bawaslu Bali Panggil 3 Guru Besar untuk Klarifikasi
Bawaslu Bali Panggil 3 Guru Besar untuk Klarifikasi
https://3.bp.blogspot.com/-Hs3ajbaH-wc/WsH2XtbKklI/AAAAAAAASOw/3hB8XA8cC94CfLZEFjvvZ1c0XaZ-KKL0gCLcBGAs/s320/bali%2B1.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Hs3ajbaH-wc/WsH2XtbKklI/AAAAAAAASOw/3hB8XA8cC94CfLZEFjvvZ1c0XaZ-KKL0gCLcBGAs/s72-c/bali%2B1.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/04/bawaslu-bali-panggil-3-guru-besar-untuk.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/04/bawaslu-bali-panggil-3-guru-besar-untuk.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy