Debat Paslon Pilwali Kota Kediri Berlangsung Ricuh

Kediri , Korandor.com  – Debat kandidat Pilwali Kota Kediri di Hall IKCC Kota Kediri , Senin (23/4) malam berlangsung ricuh ,. S emp...




Kediri, Korandor.com – Debat kandidat Pilwali Kota Kediri di Hall IKCC Kota Kediri, Senin (23/4) malam berlangsung ricuh,. Sempat berhenti sejenak lantaran massa pendukung paslon nomor 3 Samsul-Teguh tidak terima, karena salah satu stasiun TV lokal dianggap tidak adil dalam menayangkan siaran live.
Massa menganggap gambar yang diambil hanyalah pendukung nomor urut 2, sedangkan nomor urut 1 dan 3 tidak begitu diperhatikan. “Matikan saja siaran live ini atau acara kita mulai dari awal,” teriak Ahmad Qodiron salah satu Timses nomor urut 3 yang tersulut emosinya, Senin (23/4).
Hal senada juga disampaikan Sekretaris Partai Hanura Roy Kurnia Irawan, dirinya mengatakan seluruh pendukung Paslon nomor urut 3 sangat menyayangkan kejadian semalam. Dirinya juga sangat kecewa sekali kepada pihak penyelenggara yang tidak bisa mengkondisikan dan mengawasi media yang menyiarkan live. “Masak iya, peliputan siaran langsung yang lebih sering diambil gambar hanya paslon nomor urut 2, sementara 1 dan 3 tidak begitu sering. Dan yang lebih parah adalah, saat tim sukses pendukung paslon nomor 3 melakukan yel-yel, penyelengara tidak mengambil gambar saat siaran langsung tersebut, disitu justru malah yang diambil gambar tim sukses paslon nomor urut 2, dimana paslon tersebut adalah paslon Incumbent”.
Kejadian tersebut menurutnya sangat merugikan tim pemenangan paslon nomor urut 3. Penyelenggara kami anggap tidak proposional. Kami juga sangat menyayangkan ada kejadian dimana saat mulai duduk untuk mengikuti acara debat kandidat sampai berakhirnya acara, pihak penyelenggara tidak menyediakan air minum kepada para tim peserta. “Tahu kalau pihak penyelenggara tidak menyediakan, maka kami pasti akan membawa air minum sendiri, sebab tim pendukung yang kami bawa sampai kehausan mencari air minum,” tambahnya.
Roy Kurnia Wirawan, tim sukses pasangan calon nomor 3, dr Samsul - Teguh Juniadi, mendesak komisioner KPU Kota Kediri meminta maaf secara terbuka kepada masyarakat. "KPU Kota Kediri harus meminta maaf secara terbuka kepada seluruh warga Kota Kediri, serta tidak memakai lagi stasiun TV yang menyiarkan debat pertama," tandas Roy KurniaWirawan usai menyampaikan protes ke Kantor KPU Kota Kediri, Selasa (24/4).
Roy mengaku pihaknya telah berupaya mengingatkan penyelenggara debat, hanya sampai dengan session ketiga, masih belum ada perubahan sehingga memicu protes lagi, panitia penyelenggara debat juga dinilai tidak professional karena peserta pendukung pasangan calon, sama sekali tidak mendapatkan snack dan minuman selama proses debat berlangsung.
Roy juga menuding kegiatan debat kandidat telah disetting untuk menguntungkan pasangan petahana. "Buktinya ada pendukung pasangan calon lain yang bisa masuk lokasi, tanpa memakai gelang undangan," ungkapnya.
Bawaslu Kota Kediri, akan menggelar rapat pleno terkait, rencana meminta klarifikasi kepada KPU Kota Kediri dan pihak penyelenggara acara dalam Debat Publik Pilwali 2018 yang digelar Senin malam. Ditemui di ruang kerjanya, Selasa (24/4), Ketua Bawaslu IR R Yoni Bambang Suryadi membenarkan bila terjadi sejumlah permasalahan selama penyelenggaraan debat publik, yang bertempat di Hall IKCC Kediri. Mulai dari microphone wireless yang dipasang Pasangan Calon (Paslon) tidak menyala, kemudian microphone juga demikian.
Bahkan, tampil pada layar televisi yang diterima masyarakat, yang disiarkan langsung salah satu stasiun televisi lokal di Kediri, sempat tidak muncul gambar penerjemahan. Pihak Bawaslu pun tak menggelak saat dikonfirmasi bahwa kesiapkan KPU dalam hal ini menunjuk pihak ketiga, dianggap perlu dilakukan klarifikasi. “Yang jelas malam ini kita gelar rapat pleno dan kemudian melakukan klarifikasi kepada pihak KPU dan EO penyelenggara. Bila kemudian, telah tercatat dalam kerjasama namun tidak dilaksanakan dengan baik, harus ada sanksi. Apalagi bila menyangkut kode etik, bisa dilakukan peringatan hingga tidak dibayar kepada penyelenggara,” jelasnya.
Sementara itu, Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofik menjelaskan, bahwa kejadian ini adalah human eror dari cameramen yang tidak cermat melihat situasi. “Ada kesalahan teknis yang bagian nyorot, mereka kurang cermat melihat situasi hingga tidak menyadari hasil shotingannya itu melebihkan antara yang satu dengan yang lain. Dan setelah kita ingatkan akhirnya mereka bisa membenahi kesalahan tersebut.(dlg/korandor.com)


COMMENTS

ADVERTORIAL,25,Bali,84,Berita Utama,38,Gresik,70,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,36,Nasional,41,Olahraga,10,Regional,168,Tajuk,3,Tanah Bumbu,46,Tips,5,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Debat Paslon Pilwali Kota Kediri Berlangsung Ricuh
Debat Paslon Pilwali Kota Kediri Berlangsung Ricuh
https://4.bp.blogspot.com/-iQudM3QuwHo/Wuau6_27OXI/AAAAAAAASdc/vbdWqBnQS5E5Pn3wGJONWPvAOoLbbwIXQCLcBGAs/s320/kediri%2Bdebat%2Bpublik%2Bkota%2Bkediri%2Bkisruh.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-iQudM3QuwHo/Wuau6_27OXI/AAAAAAAASdc/vbdWqBnQS5E5Pn3wGJONWPvAOoLbbwIXQCLcBGAs/s72-c/kediri%2Bdebat%2Bpublik%2Bkota%2Bkediri%2Bkisruh.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/04/debat-paslon-pilwali-kota-kediri.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/04/debat-paslon-pilwali-kota-kediri.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy