Dokter Gadungan Ditangkap

DENPASAR, Korandor.com - POLSEK Denpasar Barat, Provinsi Bali, membekuk seorang dokter gadungan, karena melakukan praktik pengobatan...



DENPASAR, Korandor.com - POLSEK Denpasar Barat, Provinsi Bali, membekuk seorang dokter gadungan, karena melakukan praktik pengobatan ilegal dan menipu pasiennya. Kepada korban, tersangka mengaku sebagai dokter spesialis yang bertugas di rumah sakit ternama di Bali. Akibat penipuan tersebut, korban mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.
Kapolsek Denpasar Barat, Kompol Gede Sumena mengatakan, praktik kedokteran secara ilegal ini dilakukan tersangka Ni Made Kunti (30) sejak Desember 2017. “Caranya yakni dengan meyakinkan korban bahwa dirinya seorang dokter spesialis yang bertugas di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah dan Rumah Sakit SOS,” kata Sumena, di Denpasar, Selasa (15/4).
Tersangka menjalankan praktik pengobatan ilegalnya dengan mendatangi rumah korban, masing-masing Ni Wayan Laksmi dan I Made Rundah yang menderita penyakit kanker payudara sebanyak empat kali. Tersangka memasang tarif satu kali pengobatan sebesar Rp 5 juta sesuai kesepakatan dengan korban.
Korban yang merasa tak kunjung sembuh setelah diobati tersangka kemudian mengecek ke RSUP Sanglah. Namun, setelah diperiksa, korban pun menemukan fakta bahwa tersangka tidak benar bertugas di rumah sakit. Menurut korban, tersangka selama ini mengaku bernama dokter Dela.
"Korban yang merasa ditipu kemudian memancing tersangka dengan cara menelepon Made Kunti agar mau mengobati korban di rumahnya lagi. Saat datang ke rumah korban, tersangka langsung diinterogasi oleh keluarga korban, kepala dusun dan Babinkamtibmas. Tersangka akhirnya mengakui sebagai dokter gadungan," ujarnya.
Selanjutnya, korban yang merasa ditipu melaporkan kejadian itu ke Polsek Denpasar Barat pada 14 Mei 2018. Pelaku pun langsung diamankan dengan barang bukti baju dokter, papan nama, sepatu dan uang tunai sisa hasil penipuan kepada korban Rp1,2 juta.
"Pelaku kemudian kami tangkap di Jalan Imam Bonjol Gang 106 No 11, Denpasar dengan barang bukti baju yang dipakai untuk praktik dokter, sepatu, uang sisa hasil penipuan, obat dan jarum suntik yang dibelinya di apotek," kata Sumena.
Tidak hanya melakukan praktik ilegal, tesangka yang hanya lulusan SMA ini juga menipu korban Wayan Anton (76). Dia menjanjikan cucu korban atas nama Made Ananta bisa bersekolah di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dengan program yang telah dibuat RSUP Sanglah. Wayan Anton yang ditemui di Polsek Denpasar Barat saat melaporkan kasus penipuan itu menuturkan telah memberikan uang Rp 180 juta lebih kepada tersangka, untuk proses kelulusan cucunya di Fakultas Kedokteran yang terbesar di Pulau Bali itu.
"Saya dijanjikan oleh tersangka bahwa cucu saya bisa masuk di Fakultas Kedokteran Unud, dengan syarat menyerahkan uang untuk proses kelulusan. Karena dia mengaku seorang dokter yang memiliki kenalan di Fakultas Kedokteran Unud, jadi saya percaya dengan dia dan telah menyerahkan uang secara bertahap dengan total mencapai Rp 180 juta lebih," katanya.
Hingga kini, pihak kepolisian masih terus mengembangkan kasus ini. Tersangka akan dijerat menggunakan Pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman empat tahun penjara. (dvd/tim/korandor.com).



COMMENTS

ADVERTORIAL,35,Bali,119,Berita Utama,61,Gresik,91,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,49,Nasional,61,Olahraga,11,Regional,203,Tajuk,4,Tanah Bumbu,59,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Dokter Gadungan Ditangkap
Dokter Gadungan Ditangkap
https://3.bp.blogspot.com/-Xw3D_wRqOmI/WwALv2pTmdI/AAAAAAAASl8/ilats9uq0coMMGbmy2TniqLYpXrtPyM2wCLcBGAs/s320/bali.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Xw3D_wRqOmI/WwALv2pTmdI/AAAAAAAASl8/ilats9uq0coMMGbmy2TniqLYpXrtPyM2wCLcBGAs/s72-c/bali.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/05/dokter-gadungan-ditangkap.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/05/dokter-gadungan-ditangkap.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy