Pj Bupati Buka Forum Musrenbang RKPD

PROBOLINGGO, Korandor.com – PENJABAT (Pj) Bupati Probolinggo R. Tjahjo Widodo SH MHum membuka secara resmi Forum Musrenbang Rencana Ke...


PROBOLINGGO, Korandor.com – PENJABAT (Pj) Bupati Probolinggo R. Tjahjo Widodo SH MHum membuka secara resmi Forum Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Probolinggo Tahun 2018  di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo.
Kegiatan diikuti 250 peserta itu mengambil tema “Pembangunan Tahun 2019 Meningkatkan Daya Saing Pembangunan Daerah yang Berkelanjutan untuk Pertumbuhan Ekonomi dan Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat.”
Forum Musrenbang kali ini dihadiri jajaran Forum Pimpinan Koordinasi Daerah (Forkopimda), Pimpinan DPRD dan Bappeda Provinsi Jawa Timur. Hadir pula, Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Soeparwiyono, Staf Ahli, Asisten, Kepala SKPD, Camat, Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo, tokoh agama, tokoh masyarakat, pimpinan organisasi dan LSM, akademisi, perwakilan pengusaha, perwakilan Forum Anak Kabupaten Probolinggo, BUMN dan BUMD se Kabupaten Probolinggo.
Tjahjo Widodo menyampaikan beberapa hal untuk diterjemahkan lebih lanjut dalam Forum Musrenbang Penyusunan RKPD tahun 2018. Salah satunya, seiring dengan reputasi negatif terkait masalah kemiskinan di Kabupaten Probolinggo, menurut pengamatan langsung yang dilakukan saat berkunjung ke salah satu wilayah termiskin bahwa saat ini tingkat kesejahteraan masyarakat secara umum sudah cukup baik.
“Sesungguhnya perjuangan Pemerintah Kabupaten Probolinggo bersama Forkopimda dalam pengentasan kemiskinan selama ini sungguh luar biasa. Hal ini saya buktikan saat meninjau beberapa wilayah yang menurut data adalah termiskin, namun kondisi rumah warga rata-rata sudah gedung permanen dan sudah sangat layak,” ungkap Tjahjo Widodo.
Mantan pegawai Juru penerang yang cukup berpengalaman dengan tugas sensus ekonomi, sensus pertanian dan penduduk ini mengharapkan kepada BPS ke depan agar lebih cermat dalam mendapatkan data yang valid. “Saya mohon kepada BPS dan tim yang tergabung petugas sensus pencacah ini agar dibekali dengan skill khusus untuk mengorek informasi yang benar dan cermat khususnya pada warga yang hanya berpura-pura miskin,” tutur dia.
Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat ini khususnya di tiga wilayah termiskin di Kabupaten Probolinggo, Tjahjo Widodo menyebutkan program pariwisata agar menjadi prioritas utama dalam agenda di tahun 2019. Dengan mengedepankan peningkatan situasi yang kondusif, tertib, aman dan damai. Hal ini juga sesuai dengan petunjuk Gubernur Jawa Timur, bahwa keamanan, kerukunan dan ketertiban adalah harga mati. Tanpa itu semua maka pengembangan sektor wisata tidak akan terwujud.
Lebih lanjut Tjahjo Widodo menjelaskan, selain sektor wisata, salah satu syarat meningkatnya pertumbuhan ekonomi itu adalah dengan peningkatan ekspor. Sementara produk unggulan di Kabupaten Probolinggo ini sangat luar biasa, hasil pertanian dan hortikultura adalah unggul.
“Ekspor ini sangat penting, semua komoditi unggulan ini harus kita ekspor. Seperti halnya produk home industri warga Kecamatan Dringu sudah mengawali mengekspor bawang rajang/iris sampai ke Jepang. Menurut hasil survey tim independent bahwa salah satu kompetitor kita adalah negara Malaysia, namun kualitas jauh di bawah kita,” kilahnya dengan nada bangga.
Syarat kedua ladalah dengan mendatangkan investor. Adanya program pembangunan jalan tol melintasi wilayah Kabupaten Probolinggo ini merupakan kesempatan emas bagi Kabupaten Probolinggo. Dengan adanya jalan tol ini sudah banyak para investor yang sudah datang pada kita untuk menanamkan usahanya. Jika ini benar-benar terwujud maka lapangan pekerjaan tentu akan terbuka bagi masyarakat.
Senada dengan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Musayyib Nahrawi dalam penyampaian pokok pikiran Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Probolinggo. Pihaknya juga menitikberatkan sektor wisata dengan peningkatan kualitas infrastruktur dan rehabilitasi jalan sebagai penunjang dalam pengurangan angka kemiskinan.
“Tahun 2019 sisa pekerjaan jalan penghubung antar kecamatan dan penghubung kegiatan sentra pertanian, peternakan dan pariwisata harus tuntas, sebagai pengungkit pertumbuhan ekonomi daerah dan masyarakat Kabupaten Probolinggo. Tanpa mengesampingkan peningkatan kualitas infrastruktur pendidikan, kesehatan,  perumahan maupun sanitasi pemukiman,” pungkasnya. (adv/woko/korandor.com)

COMMENTS

ADVERTORIAL,31,Bali,92,Berita Utama,48,Gresik,77,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,42,Nasional,50,Olahraga,10,Regional,180,Tajuk,3,Tanah Bumbu,50,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Pj Bupati Buka Forum Musrenbang RKPD
Pj Bupati Buka Forum Musrenbang RKPD
https://2.bp.blogspot.com/-xGvhiDxd4ww/WwAMlwOE-XI/AAAAAAAASmM/RXGIfEhvpmEV2SB4E5PhEBIstutn6ZklACLcBGAs/s320/adv%2Bwoko.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-xGvhiDxd4ww/WwAMlwOE-XI/AAAAAAAASmM/RXGIfEhvpmEV2SB4E5PhEBIstutn6ZklACLcBGAs/s72-c/adv%2Bwoko.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/05/pj-bupati-buka-forum-musrenbang-rkpd.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/05/pj-bupati-buka-forum-musrenbang-rkpd.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy