Rapat Tertutup DPRD-PT BSI Dikritik Kalangan Aktivis

BANYUWANGI, Korandor.com – RAPAT Dengar Pendapat yang digelar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyuwangi bersama ja...




BANYUWANGI, Korandor.com – RAPAT Dengar Pendapat yang digelar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banyuwangi bersama jajaran Manajemen PT Bumi Suksesindo (BSI) di Ruang Rapat DPRD terkesan tertutup untuk umum. Terbukti beberapa awak media tidak dibolehkan meliput acara tersebut.
Tapi tak lama setelah rapat dengar pendapat, Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi I Made Cahyana Negara berkesempatan memberi keterangan kepada wartawan. Disebutkan, dalam acara itu pihaknya sempat melontarkan beberapa pertanyaan yang berasal dari warga masyarakat terkait dengan Golden share, pembagian deviden dan perwakilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi yang berkompeten memantau dan mengetahui secara pasti kondisi riil PT Bumi suksesindo (PT BSI) berikut beberapa persoalan lain.
Lebih lanjut ia menuturkan dalam acara tersebut pihak perusahaan berjanji akan lebih memperhatikan pekerja lokal, pembagian Corporate Social Responsibility (CSR) yang lebih efektif dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Bahkan pihak PT BSI berupaya mencetak lebih banyak dokter.
"Sebagai tindak lanjut agenda ini kami akan segera mengundang eksekutif untuk membicarakan perwakilan pemerintah di perusahaan yang dapat mengetahui secara detail perkembangan kondisi perusahaan dan pertemuan diagendakan dalam waktu dekat," tutur Ketua DPRD Banyuwangi.
Sementara untuk saham yang terdilusi, imbuh dia, nilai saham Pemkab Banyuwangi memang turun menjadi 6,4 persen dari 10 persen. Tapi harga saham justru mengalami kenaikan dan saat ini saham pemerintah tercatat 229 juta lembar saham dengan nilai Rp 600 miliar.
Sudarmono, Senior Manager Eksternal PT BSI mengungkapkan pihaknya berupaya memenuhi permintaan  pimpinan dan anggota DPRD Banyuwangi dengan  memberikan penjelasan terkait goldenshare, deviden dan saham pemkab yang terdilusi serta rencana pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT BSI.
Menurut Sudarmono persentase saham pemkab yang mengalami penurunan juga dialami pemegang saham yang lain karena saham PT BSI sudah masuk dalam Initial Public Offering (IPO).
Sudarmono menambahkan karena sudah masuk bursa saham publik maka setiap perkembangan PT BSI dapat dipantau dan diakses publik melalui website perusahaan. Sementara untuk pembagian deviden, lanjut Sudarmono salah satu faktor penentunya kinerja perusahaan. Selama tahun 2017 PT BSI belum untung. "Tahun 2018 kami berharap dukungan masyarakat dan Pemkab Banyuwangi agar mampu beroperasi penuh sehingga meningkat produksinya," katanya.
Kinerja perusahaan akan dievaluasi setiap tahun dan dilakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada triwulan awal tahun berikutnya. Nantinya akan terlihat berapa biaya operasional maupun keuntungan yang diperoleh perusahaan. “Untuk perwakilan Pemkab di perusahaan, PT BSI menunggu hasil diskusi dewan dan pemkab Banyuwangi,” imbuh Sudarmono 
Sebelumnya, beberapa wartawan merasa kecewa lantaran rapat tersebut berlangsung tertutup. Dan tidak ada satu media pun yang bisa masuk kedalam ruangan rapat tersebut, Melihat kondisi yang sangat janggal tersebut salah seorang aktivis M. Yunus Wahyudi yang mewakili masyarakat Banyuwangi angkat bicara terkait kondisi rapat yang diadakan secara tertutup. Yunus mengatakan DPRD merupakan tempat aspirasi rakyat yang harusnya memang terbuka untuk rakyat.
"Saya kecewa pertemuan DPRD ini berlangsung tertutup, bagaimana masyarakat tahu kalau DPRD seperti ini, apa yang dirahasiakan, DPRD ini sebagai wakil rakyat harus tegas dan terbuka", ujar Yunus dengan nada penuh heran. (ris//dod/red/tom)

COMMENTS

ADVERTORIAL,35,Bali,119,Berita Utama,61,Gresik,91,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,49,Nasional,61,Olahraga,11,Regional,203,Tajuk,4,Tanah Bumbu,59,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Rapat Tertutup DPRD-PT BSI Dikritik Kalangan Aktivis
Rapat Tertutup DPRD-PT BSI Dikritik Kalangan Aktivis
https://1.bp.blogspot.com/-WYR7zS3veuI/WwATygYPodI/AAAAAAAASoI/f7xj-eV84zkkrzdPaWVOjK77Z_Tm84w6QCLcBGAs/s320/bwi%2Bketua%2BDPRD%2BI%2BMade%2BCahyana%2BNegara.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-WYR7zS3veuI/WwATygYPodI/AAAAAAAASoI/f7xj-eV84zkkrzdPaWVOjK77Z_Tm84w6QCLcBGAs/s72-c/bwi%2Bketua%2BDPRD%2BI%2BMade%2BCahyana%2BNegara.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/05/rapat-tertutup-dprd-pt-bsi-dikritik.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/05/rapat-tertutup-dprd-pt-bsi-dikritik.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy