Disnak Jatim Gelar Workshop Penggunaan Obat Hewan yang Benar dan Biosecurity

SURABAYA, Koran DOR - DALAM Upaya meningkatkan status kesehatan hewan, Dinas Peternakan (Disnak) Provinsi  Jawa Timur memiliki  kegiata...



SURABAYA, Koran DOR - DALAM Upaya meningkatkan status kesehatan hewan, Dinas Peternakan (Disnak) Provinsi  Jawa Timur memiliki  kegiatan jitu dengan melaksanakan beberapa program yang dikemas dalam workshop, bagi peternak dan petugas lapangan.
 Workshop penggunaan obat hewan yang baik dan biosecurity dilaksanakan, untuk memberikan informasi serta pemahaman kepada petugas lapangan dan peternak, tentang arti pentingnya mengetahui jenis obat hewan, aplikasi dan waktu henti obat, serta aturan aturan yang berkembang terkait obat hewan.
Kegiatan workshop tersebut melatih peternak untuk dapat menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sederhana dalam memelihara ternak/ peternakan yang baik, serta mencegah masuknya penyakit di peternakan.
Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur drh Wemmy Niamawati, MMA mengatakan, bahwa penggunaan obat hewan untuk ternak harus hati-hati baik itu aplikasi maupun dosisnya. Untuk mantri hewan, pengobatan ternak dibawah penyedia dokter hewan. "Obat yang digunakan harus sudah diregistrasi oleh Kementerian Pertanian." Jelasnya.
Diterangkan drh Wemmy Niamawati, MMA, saat ini sejak diberlakukannya Permentan no 14/PERMENTAN/PK.350/5/2017 Tentang klasifikasi obat hewan, maka obat hewan tidak boleh lagi dicampur dalam pakan khususnya jenis antibiotik sebagai growth promotor (AGP), maupun antibiotika/ obat keras lainnya.
Obat hewan yang dilarang digunakan pada ternak adalah obat hewan yang berpotensi membahayakan kesehatan manusia. Pelarangan penggunaan obat hewan tersebut ditujukan untuk mencegah terjadinya residu obat hewan pada ternak, mencegah gangguan kesehatan manusia yang mengkonsumsi produk ternak yang tercemar residu. Penggunaan pengobatan alternatif bagi manusia, perlu dipertimbangkan dalam upaya mencegah timbulnya resistensi mikroba pathogen.
Produk pengganti antibiotik imbuhan pakan (feed additive) dapat berupa probiotik, prebiotik, enzim, dan obat alami yang telah mempunyai nomor pendaftaran obat hewan.
Selain menggunakan produk pengganti antibiotik imbuhan pakan (feed additive) peternak maupun pelaku usaha dibidang peternakan khususnya unggas, dapat menggunakan feed suplement yang berkualitas.
Diharapkan, peternak juga menerapkan biosecurity 3 zona. Yaitu, program yang dirancang untuk membuat kuman penyakit jauh dari tubuh ternak dan menjaga ternak jauh dari kuman penyakit. Biosecurity 3 zona meliputi zona merah, zona kuning, dan hijau. Zona merah (zona kotor) yaitu daerah diluar peternakan yang diasumsikan penuh dengan kuman dan virus yang siap masuk kandang untuk mengganggu kesehatan/ membunuh unggas. Zona kuning (zona transisi) yaitu daerah transisi antara zona kotor dan zona bersih. Sedangkan Zona Hijau (zona bersih) yaitu daerah yang hanya pekerja yang boleh masuk dan pengunjung tidak boleh masuk, di daerah ini disediakan sandal atau sepatu khusus.
Peningkatan produktifitas ternak (kenaikan berat badan panen dan produksi telur), dapat dipengaruhi juga oleh penggunaan pakan berkualitas dan pemilihan DOC yang sehat dan berkualitas. (adv/ncs)


COMMENTS

ADVERTORIAL,29,Bali,90,Berita Utama,42,Gresik,73,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,40,Nasional,47,Olahraga,10,Regional,170,Tajuk,3,Tanah Bumbu,48,Tips,5,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Disnak Jatim Gelar Workshop Penggunaan Obat Hewan yang Benar dan Biosecurity
Disnak Jatim Gelar Workshop Penggunaan Obat Hewan yang Benar dan Biosecurity
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/07/disnak-jatim-gelar-workshop-penggunaan.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/07/disnak-jatim-gelar-workshop-penggunaan.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy