Gubernur, Kapolda dan Pangdam Pantau Langsung Pelaksanaan Pilkada

SURABAYA, Koran DOR – GUBERNUR Jawa Timur Dr H. Soekarwo bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin dan Pangdam V/Brawiaya Mayjen...



SURABAYA, Koran DOR – GUBERNUR Jawa Timur Dr H. Soekarwo bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin dan Pangdam V/Brawiaya Mayjen TNI Arif Rahman secara bersama-sama turun ke lapangan untuk memantau secara langsung penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Jatim, Rabu (27/6).
Paling tidak terdapat tiga lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dikunjungi oleh para pejabat tinggi di Jatim tersebut. Pertama, TPS 33 dengan jumlah 654 Daftar Pemilih Tetap (DPT) berlokasi di Jl. Karang Menjangan No. 1 A, Kelurahan Mojo, Kec. Gubeng, Surabaya.  Kedua, TPS 04 dengan jumlah 452 DPT dan TPS 05 dengan 482 DPT yang sama-sama berlokasi di SDK Santa Katarina Jl Mojopahit, Kelurahan Keputran, Kec Tegalsari, Surabaya. Ketiga, TPS 06 dengan jumlah 607 DPT yang beralamat di KUD Ringan Jaya Wonocolo, Jl. Kebonsari Manunggal No. 22, Kelurahan Kebonsari, Kec. Jambangan Surabaya.
Ditemui wartawan usai pemantauan TPS tersebut, Pakde Karwo -  sapaan akrab Gubernur Jatim Soekarwo - mengatakan, secara umum penyelenggaraan pilkada serentak di Jatim berjalan aman dan lancar. Gubernur kelahiran Madiun itu juga berharap tingkat partisipasi masyarakat pada pilkada tahun ini dapat meningkat dari ketimbang kegiatan sebelumnya.
“Kami sangat berharap antusiasme masyarakat bisa sesuai dengan harapan pemerintah yakni tingkat partisipasibmencapai 77,5 persen. Dengan demikian, tingkat partisipasi pilkada kali ini bisa meningkat dibanding sebelumnya.”
Ditambahkan, hal yang patut diantisipasi dan diwaspadai dalam pilkada kali ini adalah tahapan penghitungan suara. Alasannya, banyak lembaga yang mengadakan penghitungan cepat atau quick count. Padahal hasil quick count tersebut bukanlah hasil final dan bisa saja justru kurang akurat.
Oleh karena itu orang nomor satu di Pemprov Jatim ini secara tegas mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya para pendukung fanatik masing-masing pasangan calon kepala daerah untuk tetap berpedoman pada keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang akan diumumkan pada tanggal 3 Juli 2018 mendatang. “Kalaupun ada quick count, itu adalah hasil sementara, jangan dianggap hasil yang pasti,” ujarnya sambil menambahkan quick count untuk dianggap sebagai hiburan semata. Penghitungan KPU tanggal 3 Juli 2018 merupakan hasil kepastian pilkada yang harus  ditunggu. 
Tingkat Partisipasi
Dalam kesempatan yang sama Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan, salah satu tolak ukur keberhasilan pilkada adalah tingginya tingkat partisipasi masyarakat. Oleh karena itu pihaknya mengimbau kepada seluruh warga masyarakat agar datang ke TPS dan menggunakan hak pilih.
Secara umum, lanjut Kapolda Machfud, tingkat partisipasi masyarakat di kota-kota kecil sangat tinggi. Ia mencontohkan, saat melakukan peninjauan di Mojokerto pukul 08.00 WIB, tingkat partisipasi masyarakatnya sudah mencapai 40%. Kondisi agak berbeda ditemui di kota-kota besar seperti Surabaya.
“Di Surabaya sedikit terlambat, jam 10.30 masih minim. Semoga setelah ini seluruh masyarakat Surabaya yang terdaftar DPT bisa menggunakan hak pilihnya” ujarnya. Berdasarkan data KPU, di Jatim terdapat total 30.155.719 DPT yang terdiri dari 14.840.353 laki-laki dan 15.315.366 perempuan.  Sedangkan jumlah TPS diseluruh Jatim mencapai 67.644 TPS. 
Ikut serta dalam kesempatan kegiatan ini, Ketua KPU Jatim, Ketua Bawaslu Jatim, dan beberapa kepala OPD di lingkup Pemprov Jatim, diantaranya Kepala Bakesbangpol Jatim, Kepala Diskominfo Jatim, Kepala Satpol PP Jatim, Kepala Biro Administrasi Pemerintahan Setdaprov Jatim dan Kepala Biro Hukum Jatim serta sejumlah wartawan. (biel/red/tom)


COMMENTS

ADVERTORIAL,33,Bali,107,Berita Utama,56,Gresik,88,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,46,Nasional,53,Olahraga,10,Regional,191,Tajuk,3,Tanah Bumbu,54,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Gubernur, Kapolda dan Pangdam Pantau Langsung Pelaksanaan Pilkada
Gubernur, Kapolda dan Pangdam Pantau Langsung Pelaksanaan Pilkada
https://4.bp.blogspot.com/-GKMUw4QHETY/Wzmu0YOwtWI/AAAAAAAASxY/l2mjNeMhS3k62fBHtL4lfJLaEtB0xSSPgCLcBGAs/s320/sby%2Bpilkada.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-GKMUw4QHETY/Wzmu0YOwtWI/AAAAAAAASxY/l2mjNeMhS3k62fBHtL4lfJLaEtB0xSSPgCLcBGAs/s72-c/sby%2Bpilkada.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/07/gubernur-kapolda-dan-pangdam-pantau.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/07/gubernur-kapolda-dan-pangdam-pantau.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy