Pentas Budaya Warnai Pelepasan Siswa Kelas IX SMPN 3 Marga

TABANAN, Koran DOR – PELEPASAN siswa–siswi kelas IX SMP Negeri 3 Marga tahun pelajaran 2017/2018 yang digelar di Balai Serbaguna Banj...



TABANAN, Koran DOR – PELEPASAN siswa–siswi kelas IX SMP Negeri 3 Marga tahun pelajaran 2017/2018 yang digelar di Balai Serbaguna Banjar Cau, Desa Tua, Marga Senin (11/6) lalu, berjalan lancar dan cukup meriah.
Walaupun baru pertama kali pelepasan siswa digelar di luar sekolah dengan mementaskan atraksi seni budaya, namun acara ini mendapat sambutan antusias dari warga setempat.
Konsep acara digelar cukup meriah dengan menampilkan pentas seni budaya yang sepenuhnya merupakan hasil kreativitas siswa setempat. Hadir pada kesempatan tersebut, unsur kepolisian, Perbekel Desa Baru, Desa Tua, Payangan, Bunutin, kadus, bendesa adat, unsur komite sekolah, pengawas manajerial, kasek SD pendukung, tokoh masyarakat, orang tua siswa kelas IX serta para dewan guru. Acara diawali dengan pementasan Tari Puspanjali yang dibawakan oleh siswi setempat
Kepala SMP Negeri 3 Marga, I Made Lastra, SPd dalam sambutannya mengatakan, sebagai seorang pendidik, pihaknya berharap siswa yang dilepas dapat meraih keberhasilan di kemudian hari, dan mampu meningkatkan kualitasnya dan mampu menjaga nama baik almamaternya dimanapun mereka berada.
Selain itu, melalui pentas budaya juga diharapkan anak-anak mampu berkreasi dan beraktifitas untuk memenangkan persaingan. Dengan digelarnya pentas budaya ini, tentu anak-anak akan terhindar dari pengaruh-pengaruh negatif, karena mereka sudah mengisi waktunya dengan kegitan-kegitan yang positif. Dengan menggelar pentas seni budaya ini, secara otomatis mereka akan mengembangkan diri dalam program-program pengembangan diri dan ekstra. Meningkatkan ilmu pengetahuan mereka ke jenjang yang lebih tinggi. Karena dalam perkembangan globalisasi saat ini, para siswa yang dilepas harus terus belajar agar ke depan bisa menjadi contoh bagi bangsa dan negara.
Untuk tahun pelajaran 2017/2018, pihak sekolah menyatakan kelas IX lulus 100 persen dengan jumlah siswa sebanyak 63 siswa. Untuk nilai UN anak-anak SMP Negeri 3 Marga sudah masuk nilai 10 besar, untuk itu Lastra juga merasa bangga karena anak didiknya semuanya lulus 100 persen. Pihaknya mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh komponen terkait maupun steak holder, yang telah ikut mendukung anak-anak didiknya berhasil menyelesaikan tingkat pendidkannya,” ujarnya.
Drs Ida Bagus Putu Sudiasa, M.Pd selaku pengawas manajerial mengatakan, sampai saat ini, untuk di Kecamatan Marga sudah ada empat sekolah tingkat SMP. Awalnya Kecamatan Marga hanya memiliki satu sekolah SMP yakni SMP Negeri 1 Marga. Bagi anak-anak yang tidak tertampung di SMP 1 Marga pada saat itu, semuanya diarahkan ke  sekolah TP 45. Pesatnya laju pertumbuhan penduduk, membuat pemerintah daerah mengajukan ke pemerintah pusat, agar bisa mendirikan sekolah yang baru lagi. Dan hingga saat ini di Kecamatan Marga sudah berdiri 4 sekolah SMP.
Terkait dengan pentas budaya yang digelar saat ini, dari segi pendanaan sepenuhnya merupakan hasil dari iuran sukarela. Pihaknya mengungkapkan bahwa, banyak bakat dan potensi yang ada dan dimiliki oleh anak-anak dari desa pendukung dan sekitarnya, yang perlu digali dan tentunya mutiara-mutiara tersebut perlu diasah.
Saat ini pihaknya masih mengupayakan untuk memperjuangkan angkutan gratis siswa, yakni Trans Serasi supaya bisa mengakomodir ataupun memfasilitasi sekolah SMP Negeri 3 Marga,” ungkapnya.
Made Mudastra selaku Perbekel Desa Tua mengatakan, sekolah merupakan jembatan untuk menggapai cita-cita. Dirinya mengajak seluruh lapisan masyarakat agar ikut peduli dengan pendidikan, agar nantinya tunas-tunas bangsa ini bisa menjadi kebanggaan orang tua, demi mencapai cita-cita bangsa. Pihaknya berharap, ke depan dengan adanya potensi dari anak-anak tersebut, pihak sekolah tentunya bisa merangkul dan bekerjasama dengan pihak desa maupun dengan karang taruna, supaya bisa bersinergi di bidang seni, agar nantinya terbentuk generasi-generasi berbudaya yang memiliki jiwa seni,” harapnya.
Untuk memotifasi siswa, Mudastra mengajak seluruh anak-anak melakukan test case. Bagi siswa yang berhasil menjawab pertanyaan, akan mendapatkan imbalan masing-masing Rp 50.000.
Hal yang sama juga diungkapkan Sekdes Baru, I Made Suwenda Asnawa. Pihaknya memberikan hadiah berupa bingkisan kepada anak–anak berprestasi. Dirinya mengapresiasi positif kegiatan pentas budaya yang digelar SMP Negeri 3 Marga. SMP Negeri 3 Marga berhak menyandang predikat sekolah kreatif, inovatif dan berkarakter.  Pihaknya berharap agar, pihak sekolah bisa membangun dan bersinergi dengan masyarakat.
Hal senada juga disampaikan I Made Adi Putra selaku Komite Sekolah, yang berharap agar anak-anak khususnya kelas IX yang telah lulus, nantinya bisa melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi
Di akhir acara, dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan kepada siswa-siswi yang berprestasi, dimana untuk juara I diraih oleh I Kadek Adi Saputra, juara II Ni Made Devi Purwaningsih, dan untuk juara III diraih oleh Ni Made Risa Candra Dewi. Acara ditutup dengan pementasan acara hiburan pentas budaya calonarang, yang merupakan hasil olah kreatifitas anak-anak SMP Negeri 3 Marga. (gin)

COMMENTS

ADVERTORIAL,29,Bali,90,Berita Utama,42,Gresik,73,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,40,Nasional,47,Olahraga,10,Regional,170,Tajuk,3,Tanah Bumbu,48,Tips,5,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Pentas Budaya Warnai Pelepasan Siswa Kelas IX SMPN 3 Marga
Pentas Budaya Warnai Pelepasan Siswa Kelas IX SMPN 3 Marga
https://3.bp.blogspot.com/-ajUu-JZFT_4/WzmxDbYOjPI/AAAAAAAASx4/Yu4SzLn2_BEJKc4xDUYbTAdtJVM9anjfwCLcBGAs/s320/bali%2Banak%2Bberprestasi%2B%2B%25282%2529.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-ajUu-JZFT_4/WzmxDbYOjPI/AAAAAAAASx4/Yu4SzLn2_BEJKc4xDUYbTAdtJVM9anjfwCLcBGAs/s72-c/bali%2Banak%2Bberprestasi%2B%2B%25282%2529.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/07/pentas-budaya-warnai-pelepasan-siswa.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/07/pentas-budaya-warnai-pelepasan-siswa.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy