Disnak Jatim Kembangkan Budidaya Ternak Kelinci

SURABAYA, Korandor.com - PEMERINTAH melalui Kementerian Pertanian (Kementan), mendorong pemanfaatan ternak kelinci sebagai salah sa...




SURABAYA, Korandor.com - PEMERINTAH melalui Kementerian Pertanian (Kementan), mendorong pemanfaatan ternak kelinci sebagai salah satu sumber protein hewani. Ternak kelinci merupakan sumber protein yang bermanfaat, karena proses budidayanya tidak menggunakan bahan kimia, sehingga kelinci dan produknya dapat digolongkan sebagai ternak organic, yang sama sekali tidak berbahaya bagi para konsumen. Ternak kelinci juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber pedaging alternatif.
Kebutuhan protein hewani tidak hanya dari daging sapi saja, akan tetapi bisa dari daging ayam, telur, daging kelinci, kambing, dan domba, serta hasil ternak lainnya.Target swasembada protein sebenarnya sudah tercapai, karena Indonesia sudah mengekspor hasil peternakan. Indonesia sudah mampu mengekspor sejumlah produk peternakan bernilai strategis ke beberapa Negara, seperti olahan daging ayam, pakan ternak, telur tetas ayam ras/persilangan, kambing/domba, vaksin dan obat hewan, serta produk pangan hewani lainnya. Sejauh ini, keseluruhan peternakan Indonesia sudah mampu menembus lebih dari 110 negara.
Kelinci merupakan salah satu komponen dari sistem pertanian terpadu yang didukung berbagai kegiatan ekonomi pertanian yang saling berkaitan satu sama lain. Ternak kelinci memberikan pupuk untuk tanaman, sekaligus memberikan sumber protein hewani alternatif pangan untuk masyarakat, mengingat saat ini terjadi peningkatan harga ayam potong.
Dalam upaya meningkatkan dan mengembangkan populasi kelinci agar semakin meningkat dan tidak punah. Dinas Peternakan (Disnak) Provinsi Jawa Timur terus melakukan berbagai macam cara, mengenai budidaya hewan kelinci. Mulai sistem pembudidayaan dari mulai awal, dimulainya budidaya kelinci baik itu, perkandangannya, kesehatan hewan kelinci, hingga antisipasi terhadap penyakit menular.
Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan budidaya kelinci tentunya yang harus diperhatikan sejak awal adalah, seleksi induknya, pakan, perkandangan, kesehatan, dan managemen serta recording (pembibitan).
Kunjungan Kerja Menteri Pertanian, Dr Andi Amran Sulaiman, MP dan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Magetan (7/5), terpusat di 3 titik kegiatan, yaitu Optimalisasi Penggunaan Alsintan (OPA) di Desa Campursari Kecamatan Sidorejo, BEKERJA di Desa Tanjungsari Kecamatan Panekan, serta Panen Pedet di Desa Cempoko Kecamatan Panekan.
Di lokasi "BEKERJA" (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) berbasis pertanian, Mentan RI memberikan bantuan 500 ekor kelinci kepada 25 KK miskin dengan masing-masing rumah tangga memperoleh 20 ekor kelinci, 50 unit kandang, pakan serta Obat-obatan. Program BEKERJA yang dijalankan Kementerian Pertanian merupakan upaya pengentasan kemiskinan berbasis pertanian, bertujuan menekan angka kemiskinan dibawah 2 digit, dengan sasaran daerah-daerah yang telah didata sebagai kantong pra sejahtera.
Masyarakat saat ini sudah mulai pintar memilih daging untuk dikonsumsi, misalnya daging kelinci ini meski serat dan proteinnya tinggi, tapi rendah kalori, lemak dan kolesterol bila dibandingkan dengan daging ayam, sapi, kambing/domba dan babi.
Sementara itu data yang dihimpun menyebutkan, di Jawa Timur populasi ternak kelinci di Tahun 2017 sebanyak 365,990 ekor dengan populasi terbesar berada di Kabupaten Magetan (52.414 ekor), Kabupaten Bojonegoro (51.141 ekor) dan Kabupaten Malang (42.606 ekor). Tingkat produksi daging kelinci di Tahun 2017 sebesar 68.136 kg dengan produksi tertinggi di Kabupaten Magetan (23.165 kg), Kota Batu (12.425 kg) dan Kabupaten Malang (7.254 kg)
Pada tahun 2017, Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur melalui Bidang Pembibitan, Pakan dan Produksi Peternakan memberikan bantuan ternak kelinci, pakan dan obat-obatan di Kabupaten Nganjuk, Mojokerto, Malang, Kota Batu. Bantuan berupa pembangunan kandang koloni kelinci di Kabupaten Malang dan Magetan. (adv/ncs)


COMMENTS

ADVERTORIAL,39,Bali,125,Berita Utama,64,Gresik,96,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,51,Nasional,64,Olahraga,11,Regional,213,Tajuk,5,Tanah Bumbu,62,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Disnak Jatim Kembangkan Budidaya Ternak Kelinci
Disnak Jatim Kembangkan Budidaya Ternak Kelinci
https://3.bp.blogspot.com/-V3uOwjw-nsw/W2bUVHuKkJI/AAAAAAAAS1g/fSRS1wrfpIYjtMEFbg0nQ3gVEQBtvrw9ACLcBGAs/s320/adv%2Bpeternakan.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-V3uOwjw-nsw/W2bUVHuKkJI/AAAAAAAAS1g/fSRS1wrfpIYjtMEFbg0nQ3gVEQBtvrw9ACLcBGAs/s72-c/adv%2Bpeternakan.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/08/disnak-jatim-kembangkan-budidaya-ternak.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/08/disnak-jatim-kembangkan-budidaya-ternak.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy