Kasus Dugaan Korupsi Rp 4 2 Miliar di Biro Umum Setda Prov Bali

DENPASAR, Korandor.com  - TERKUAKNYA kasus dugaan korupsi yang melibatkan bendahara di Biro Umum Setda Perovinsi Bali berinisial WTR ...



DENPASAR, Korandor.com - TERKUAKNYA kasus dugaan korupsi yang melibatkan bendahara di Biro Umum Setda Perovinsi Bali berinisial WTR dengan jumlah uang sebesar Rp 4,2 miliar, merupakan temuan BPK-RI Wilayah Bali.

Temuan itu ketika BPK melakukan audit di Biro Umum pada Maret 2017 silam. Kasus ini sempat diduga menghilang begitu saja, tetapi setelah setahun berjalan muncul lagi kepermukaan.

Sumber Koran DOR di Polda Bali menjelaskan, kasus ini terus diproses oleh Reskrimsus Polda Bali. Dalam kurun waktu satu tahun berjalan, pelaku utama yaitu WTR sudah diperiksa sampai 6 jam di Reskrimsus Polda Bali. WTR sudah tidak bisa mengelak lagi aksinya. Bahkan selain WTR ada 21 orang yang sudah diperiksa juga.

Dari 21 orang saksi yang diperiksa, disebut – sebut beberapa pejabat juga sudah diperiksa. Termasuk ada pejabat yang sudah pensiun. Namun belum pasti peran dari pejabat yang diperiksa ini. Kabarnya memang kasus ini akan merembet kemana – mana, karena tidak mungkin seorang Bendahara yang adalah pegawai biasa, bisa sampai menarik uang Rp 4,2 miliar hanya untuk dirinya sendiri. Hal yang menarik ada fakta unik hingga membuat WTR leluasa untuk menarik uang. Fakta itu adalah, WTR memiliki kekuatan penuh untuk bisa mencairkan uang dari BPD Bali. Hanya satu tanda tangan dari WTR bisa mencairkan uang. “Mestinya kalau mau menarik uang dari BPD yang adalah kas daerah, mestinya ada beberapa tanda tangan. Namun satu tanda tangan WTR bisa langsung cair dari BPD Bali.

Dengan kondisi ini, beberapa orang BPD Bali juga diperiksa, karena dianggap turut serta dalam kasus ini. “Ini yang akan membuat kasus ini merembet kemana – mana. Dengan posisi kasus yang sudah cukup lama didalami oleh Reskrimsus Polda Bali, kabarnya masih menunggu hasil lengkap audit BPK. Namun secara umum sudah menjadi temuan oleh BPK RI Wilayah Bali. Namun Polda Bali, tetap mesti meminta agar ada audit khusus terkait dengan kerugian Negara.

“Masih menunggu audit detail dari BPK RI untuk memastikan kerugian Negara,
Jika sudah ada audit kerugian Negara, akan dilanjutkan dengan proses gelar perkara. Untuk nanti kasus ini masuk ke proses penyidikan. “Kalau sudah ada hasil audit kerugian Negara dari BPK. Kemudian gelar perkara, selanjutnya naik ke penyidikan untuk ada tersangka.

Kepala Biro Hukum Pemprov Bali Gusti Agung Ketut Kartika Jaya Saputra, membenarkan memang ada kasus dugaan korupsi di Biro Umum. Namun dia memastikan belum ada penatapan tersangka. “Kasusnya masih segitu - segitu saja, masih proses pendalaman dari Polda Bali. Saya pastikan sampai saat ini belum ada tersangka,” imbuhnya.

Dia juga mengatakan, namun ketika ditanyakan detail kasusnya dia mengaku tidak  tahu. Termasuk terkait 21 saksi yang sudah periksa, juga dia mengaku tidak tahu. “Kalau data pastinya saya tidak tahu. Namun kalau setiap diperiksa saksi, kami dampingi. Jumlah saksinya saya tidak ingat.

Seperti halnya berita sebelumnya, Pemprov Bali geger dengan kasus penyimpangan anggaran hingga Rp 4,2 miliar di Biro Umum Pemprov Bali.
Begitu gampang hanya tanda tangan seorang pegawai biasa, mampu mencairkan dana sebesar itu dari Bank Pembangunan Daerah Bali sebagai kas pemprov, malah menggelapkan dana Rp 4,2 miliar.

WTR adalah Bendahara Pengeluaran di Biro Umum Pemprov Bali. ada permainan angka – angka, antara SILPA (Sisa Lebih Penghitungan Anggaran) dengan dana persediaan. Akhirnya terbongkar, bahwa Rp 4,2 miliar hanya ada angka saja, sedangkan fisik dananya tidak ada. (dvd/korandor.com)



COMMENTS

ADVERTORIAL,39,Bali,125,Berita Utama,64,Gresik,96,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,51,Nasional,64,Olahraga,11,Regional,213,Tajuk,5,Tanah Bumbu,62,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Kasus Dugaan Korupsi Rp 4 2 Miliar di Biro Umum Setda Prov Bali
Kasus Dugaan Korupsi Rp 4 2 Miliar di Biro Umum Setda Prov Bali
https://1.bp.blogspot.com/-HRT_w0t3SRU/W3uN-wSYhhI/AAAAAAAAS7s/mg3FMhLpX_kx78GBSHihOMF56X9cbUOWACLcBGAs/s320/bali%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-HRT_w0t3SRU/W3uN-wSYhhI/AAAAAAAAS7s/mg3FMhLpX_kx78GBSHihOMF56X9cbUOWACLcBGAs/s72-c/bali%2B1.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/08/kasus-dugaan-korupsi-rp-4-2-miliar-di.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/08/kasus-dugaan-korupsi-rp-4-2-miliar-di.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy