Kejati Bali SP3 Dugaan Korupsi Dana Investasi Rp 200 Miliar di BPD

DENPASAR, Korandor.com - DUGAAN korupsi dana investasi senilai Rp 200 Miliar di Bank Pembangunan Daerah Bali (BPDB) tidak dilanjutkan ...


DENPASAR, Korandor.com - DUGAAN korupsi dana investasi senilai Rp 200 Miliar di Bank Pembangunan Daerah Bali (BPDB) tidak dilanjutkan ke Pengadilan, karena tidak ditemukan kerugian Negara, sehingga pihak Kejati Bali menerbitkan SP3. Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bali, Amir Yanto menjelaskan hal itu, disela-sela puncak peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke 58 di Kejati Bali, Senin (23/7).

Lanjut Kajati, dari hasil penghitungan yang dilakukan saksi ahli,  disimpulkan bahwa agunan/ jaminan yang diberikan sudah melebihi dari nilai kredit. “Karena nilai angunan lebih besar dari nilai kredit, maka ahli menyimpulkan tidak ada kerugian negara. Sehingga salah satu unsur dalam tindak pidana korupsi yaitu kerugian negara belum terpenuhi,”ungkap Amir Yanto.

Ditegaskan, terkait salah satu agunan yang disebut hanya merupakan hak sewa, dikatakan Amir Yanto itu tidak benar. Sebab setelah tim penyidik melakukan pendalaman terhadap agunan yang diserahkan, ternyata agunan tersebut bukan merupakan hak sewa melainkan Hak Guna Bangunan (HGB).

 Selain itu Amir Yanto juga membantah bahwa, dihentikanya kasus ini karena adanya tekanan dari pihak luar atau politik. “Itu tidak benar, kami bekerja secara hukum saja, jadi tidak ada elit politik baik yang di Bali maupun di luar Bali, yang mengintervensi kasus ini,”tandasnya.

 Meski kasus ini dikatakan sudah dihentikan, namun saat ditanya kapan penghentian dilakukan, Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Bali, Polin Oktavianus Sitanggang, menjawab lupa.

 “Saya tidak ingat kapan, yang jelas SP3 masih ditandatangani oleh bapak Jaya Kesuma (Kajati sebelumnya),”tandas pejabat yang tidak lama lagi pindah dari Kejati Bali ini.

 Lanjut Polin, pada saat itu anggunan dari kreditor memang tidak mencukupi sehingga diekspos. Penyidik Kejati Bali sepakat dinaikkan ke tahap penyelidikan."Namun, setelah didalami, yang dianggunkan bukan hak sewa, melainkan HGB," katanya, sebagaimana dilansir Antara.

 Terkait dengan kabar miring adanya lobi-lobi elit politik dengan Kejati Bali, Polin menegaskan bahwa pihaknya tidak mengenal satu pun politikus yang ada di Bali. Pihaknya tidak mengumumkan keluar SP3, karena di Bali sedang ada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali.

 "Kejaksaan ingin menjaga iklim kondusif pilkada. Jujur saya takut itu dimanfaatkan oleh orang-orang tertentu," katanya. Sebelumnya, kasus dugaan korupsi di BPD Bali ini menyusul adanya ketidakwajaran pencairan dana kredit kepada dua kreditor, yakni PT Karya Utama Putera Pratama senilai Rp 150 miliar pada tahun 2013, dan PT Hakadikon Beton Pratama senilai Rp 42 miliar.

Selaku kreditor, pemilik PT Karya Utama Putera Pratama dan PT Hakadikon merupakan orang yang sama. Pencairan kredit untuk PT Karya Utama Putera Pratama terjadi pada tahun 2013. Pemilik PT berinisialnya HS. Selain pencairan yang tidak wajar dan supercepat, penyerahan objek agunan yang tidak sesuai dengan nilai kredit karena objek agunan (H Sovereign Bali) yang berada di sekitar Jalan Raya Tuban, Badung merupakan tanah sewa.

 Pengajuan kredit tidak sesuai dengan sistem kredit perbankan, nilai atau jumlah dana yang dikucurkan juga tidak sebanding dengan nilai agunan yang dijaminkan. (dvd)


COMMENTS

ADVERTORIAL,40,Bali,130,Berita Utama,67,Gresik,101,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,52,Nasional,68,Olahraga,11,Regional,218,Tajuk,7,Tanah Bumbu,65,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Kejati Bali SP3 Dugaan Korupsi Dana Investasi Rp 200 Miliar di BPD
Kejati Bali SP3 Dugaan Korupsi Dana Investasi Rp 200 Miliar di BPD
https://3.bp.blogspot.com/-GnwqsZzF4Vk/W2beLtgqb7I/AAAAAAAAS4o/NwgFFURxL-8DocUDEwTgk9engLfhImSRgCLcBGAs/s320/bali%2B1.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-GnwqsZzF4Vk/W2beLtgqb7I/AAAAAAAAS4o/NwgFFURxL-8DocUDEwTgk9engLfhImSRgCLcBGAs/s72-c/bali%2B1.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/08/kejati-bali-sp3-dugaan-korupsi-dana.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/08/kejati-bali-sp3-dugaan-korupsi-dana.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy