Polisi sita ratusan batang kayu meranti di Solok

Arosuka , Korandor.com - KEPOLISIAN Resor Solok Arosuka, Sumatera Barat, bersama polisi hutan dari Dinas Kehutanan setempat, berhas...



Arosuka , Korandor.com - KEPOLISIAN Resor Solok Arosuka, Sumatera Barat, bersama polisi hutan dari Dinas Kehutanan setempat, berhasil menyita 100 kubik kayu jenis meranti yang diduga hasil pembalakan liar di hutan Nagari Simanau, Kecamatan Tigo Lurah, daerah setempat.

"Tumpukan kayu dengan berbagai ukuran itu berjumlah ratusan batang, berukuran panjang empat meter dengan ketebalan 20 hingga 40 cm," kata Waka Polres Solok Arosuka, Kompol El Lase didampingi Kapolsek Payung Sekaki, Iptu Muchlis usai meninjau lokasi penemuan kayu tersebut di hutan Nagari Simanau, Jumat.

Ia mengatakan penemuan kayu di kawasan hutan produksi Simanau terungkap setelah mendapat laporan dari masyarakat setempat yang menemukan kayu yang telah dipotong di beberapa titik. Bahkan kondisi hutan di sekitar lokasi pembalakan sudah sangat memprihatinkan.

Laporan masyarakat terkait pembalakan di kawasan hutan Simanau ini kemudian direspon petugas dengan menyusuri hutan yang dilaporkan adanya kegiatan pembalakan liar tersebut.

Petugas polisi bersama polisi hutan setempat kemudian menuju lokasi dengan berjalan kaki selama enam jam dari Nagari Simanau hingga menemukan area pembalakan liar tersebut.

Sedangkan dari Koto Baru Solok hingga Nagari Simanau membutuhkan waktu sekitar tiga jam dengan perjalanan mobil.

Jalan menuju lokasi pembalakan liar menyisiri bukit dan jalan setapak yang menanjak dan menurun. Medan yang sulit inilah yang membuat polisi hutan kesulitan melakukan patroli rutin ditambah keterbatasan petugas.

"Jarak yang cukup jauh dari tepi jalan dan medan yang sulit memasuki hutan ini juga yang menjadi kendala kita untuk membawa barang bukti," kata dia.

Polisi masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui para pelaku, dan bagaimana cara kayu itu dikeluarkan dari hutan. Sebab medan yang sulit dan ukuran kayu yang besar tidak memungkinkan kayu itu diangkut keluar.

Melihat dari kondisi kayu yang ditebang adalah jenis kayu meranti dengan dugaan usia mencapai ratusan tahun.

Ia mengatakan kasus ini akan didalami lebih lanjut untuk mengungkap para pelaku. (ant/red)


COMMENTS

ADVERTORIAL,31,Bali,101,Berita Utama,51,Gresik,83,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,44,Nasional,50,Olahraga,10,Regional,182,Tajuk,3,Tanah Bumbu,52,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Polisi sita ratusan batang kayu meranti di Solok
Polisi sita ratusan batang kayu meranti di Solok
https://4.bp.blogspot.com/-5Rkt0lPWoRs/W2bgz0Ct0lI/AAAAAAAAS5s/qcyTJC-UKfMxEqyvib8mU0i9uW1vGVVMwCLcBGAs/s320/nas%2B1%2B%25282%2529.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-5Rkt0lPWoRs/W2bgz0Ct0lI/AAAAAAAAS5s/qcyTJC-UKfMxEqyvib8mU0i9uW1vGVVMwCLcBGAs/s72-c/nas%2B1%2B%25282%2529.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/08/polisi-sita-ratusan-batang-kayu-meranti.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/08/polisi-sita-ratusan-batang-kayu-meranti.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy