Waspada Saat Ibadah Haji 2018 Cuaca Mencapai 53 Derajat Celcius

“Labbaik Allahummaa Labbaik, Labbaika laasyarikalaka Labbaik. Innalhamda wan-ni’mata laka walmulk, Laasyarikalak !” Kalimat berbahasa ...



“Labbaik Allahummaa Labbaik, Labbaika laasyarikalaka Labbaik. Innalhamda wan-ni’mata laka walmulk, Laasyarikalak!”
Kalimat berbahasa Arab yang dibaca bersama-sama itu disebut talbiyah. Gema talbiyah yang tiada henti dan bersahutan berkumandang tatkala musim haji. Seperti saat-saat ini. Mulai dari pemberangkatan dari Indonesia sampai di kota tujuan, yakni di Madinah al Munawarah untuk jamaah gelombang pertama dan di Jedah dan Makkah al Mukarramah untuk gelombang kedua.
Lantunan suara bagaikan koor itu artinya: “Aku datang memenuhi panggilanMu, aku datang memenuhi perintahMu, ya Allah sesungguhnya segala puji dan nikmat itu adalah milikMu, dan kerajaan itu adalah milikMu, tidak ada sekutu bagiMu”.
Bahkan, suara itu semakin bergemuruh saat jamaah haji menuju padang Arafah menjelang tanggal 9 Zulhijjah, puncak prosesi haji. Boleh dikatakan tidak satupun jamaah haji, maupun yang melaksanakan umrah yang tidak  hafal lafad talbiyah itu.  Suasana iman dan kedekatan kepada Allah sang Maha Pencipta alam semesta benar-benar terasa. Semakin dekat dan makin dekat dengan Allah.
            Begitulah perasaan para jamaah haji, sejak saat meninggalkan tanah air hingga di tanah suci Arab Saudi. Ketika pesawat terbang yang mengangkut rombongan jamaah haji mendarat di Bandara Internasional Price Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah atau  Bandara Internasional King Abdul Azis, Jeddah, kedekatan kepada Allah semakin tak terbatas. Rumah Allah – baitullah – yakni Ka’bah yang berada di Kota Mekah sudah dekat.
            Ka’bah adalah tujuan pertama bagi umat Islam dalam menunaikan rukun Islam ke lima, haji. Di awali dengan thawaf , kemudian berlanjut dengan ritual berikutnya, sa’i, tahalul dan kemudian menuju ke Padang Arafah untuk wukuf.
Al hajju Arafah” – artinya, berhaji itu adalah di Arafah – dengan demikian kehadiran seorang jamaah haji “mutlak” harus berada di Arafah pada tanggal 9 Zulhijjah. Diibaratkan wisuda sarjana untuk meraih gelar, maka tiap tahun tanggal 9 Zulhijjah itu, dua juta lebih umat muslim berhak menyandang gelar haji di depan namanya. Tidaklah seorang dinyatakan berhaji, apabila dia tidak hadir pada tanggal 9 Zulhijjah di Arafah. Walaupun dalam keadaan sakit, bahkan koma, pasien di rumahsakit juga dibawa dengan ambulans melintas di Arafah dalam bentuk “safari wukuf” untuk pengesahan hajinya.
 Usai dari Arafah, masih ada rangkaian ibadah berikutnya, yakni melempar jumrah dan memotong kurban di Mina, lalu kembali ke Masjidil Haram untuk thawaf wadak – perpisahan sebelum meninggalkan kota Mekah.
            Tahun 2018 ini, puncak ibadah haji di Padang Arafah, 9 Zulhijjah 1439 Hijriyah, bertepatan dengan tanggal 21 Agustus 2018. Besoknya 10 Zulhijjah disebut  Idul Adha atau Hari Raya Haji 1439 Hijriyah.
            Puncak penyelenggaraan haji yang disebut Wukuf itu, tahun ini, diikuti 221 ribu jamaah asal Indonesia. Kuota haji Indonesia tahun 2018 ini, naik  dari sebelumnya 168 ribu tahun 2017, berdasarkan rasio yang ditetapkan OKI (Organisasi Konferensi Islam). Sebenarnya jumlah kenaikan itu hanya 211 ribu orang, namun ditambah sebagai “hadiah” 10 ribu orang lagi oleh Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz, sehingga menjadi 221 ribu orang.
Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin, mengakui adanya kenaikan biaya haji sekitar Rp 1 juta dibandingkan tahun 2017 lalu, menjadi Rp 35,79 juta tahun ini.
Kabar baik disampaikan Menag Lukman, bahwa tahun ini ada terobosan baru. Kalau dulu-dulu, saat jamaah memasuki Negara Arab, saat di bandara bisa antre berjam-jam untuk pemeriksaan dokumen keimigrasian, yakni paspor dan visa.  Mulai tahun ini, pemeriksaan paspor, visa, sidik jari dan perekaman biometric dilaksanakan di 13 Asrama Haji atau bandara keberangkatan (embarkasi) di Indonesia. Tidak hanya itu, sekarang gelangnya menggunakan barcode. Pada barcode itu, dapat dibaca jatidiri (identitas) lengkap jamaah.
Ada yang perlu mendapat perhatian tahun-tahun ini, hingga tahun berikutnya. Jumlah jamaah haji berusia lanjut atau lansia mencapai 60 persen. Tentu ini memerlukan perhatian khusus petugas. Apalagi yang perlu diwaspadai adalah suhu udara yang panas, berkisar antara 35 sampai 53 derajat Celcius. Para jamaah harus benar-benar mematuhi, agar menggunakan alas kaki – umumnya sandal – saat berada di jalan raya. Aspal sangat panas, bahkan tidak jarang jamaah yang kehilangan atau salah menaruh sandal saat di Masjid, telapak kakinya terkelupas dan jatuh. Kabarnya, petugas kesehatan sudah mengantisipasi dengan menyediakan sandal gratis di tempat-tempat tertentu, terutama di pintu masjid.
Nah, sejak pertengahan Juli ini, hingga akhir September 2018 nanti, kesibukan pemberangkatan dan pemulangan haji di tanah air akan terlihat. Tradisi masing-masing daerah beserta prosesi ibadah haji tentu tidak sama.
Kita ucapkan selamat menunaikan ibadah haji bagi umat Islam di Indonesia. Mudah-mudahan suatu saat situasi ini bisa berubah. Sekurang-kurangnya, aktivitas umat Islam yang belum mendapat kesempatan melaksanakan haji, bisa umrah lebih dahulu. Selamat menunaikan ibadah haji dan umrah, semoga memperoleh kemabruran. Amin ya Rabbal  ‘alamin. (yousri)







COMMENTS

ADVERTORIAL,33,Bali,107,Berita Utama,56,Gresik,88,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,46,Nasional,53,Olahraga,10,Regional,191,Tajuk,3,Tanah Bumbu,54,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Waspada Saat Ibadah Haji 2018 Cuaca Mencapai 53 Derajat Celcius
Waspada Saat Ibadah Haji 2018 Cuaca Mencapai 53 Derajat Celcius
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/08/waspada-saat-ibadah-haji-2018-cuaca.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/08/waspada-saat-ibadah-haji-2018-cuaca.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy