DKPKP Gianyar Gelar Bimtek Guna Mendorong Penganekaragam Olahan Ikan

GIANYAR, Koran DOR - PEMKAB Gianyar melalui Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan, berupaya meningkatkan penganekaragaman pen...



GIANYAR, Koran DOR - PEMKAB Gianyar melalui Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan, berupaya meningkatkan penganekaragaman pengolahan hasil laut. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat mengkonsumsi ikan. Mengingat produksi perikanan tangkap di Kabupaten Gianyar cukup melimpah, tahun 2017 mencapai 521,1 ton/ tahun, dengan target konsumsi ikan pada tahun 2017 mencapai 29,8 kg perkapita/ tahun dan tahun 2018 ditarget 29,9 Kg per kapita/ tahun.

Selain mendongkrak nilai jual hasil ikan laut khususnya ikan, penganekaragaman dengan berbagai macam olahan diharapkan mampu meningkatkan nilai jual ikan itu sendiri. Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan Kab Gianyar, Ir. Dewi Hariani, saat membuka bimtek pengolahan hasil perikanan tangkap, di sekretariat Kelompok Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (Poklasar) Putra Samudra 1, di warung Makan Tepi Lebih Br Lebih Beten Kelod, Desa Lebih Gianyar, Kamis (13/9).

Menurut Dewi Hariani, dengan melimpahnya produksi ikan di daerah pesisir Kabupaten Gianyar, apalagi saat musim ikan perlu dicarikan solusi bagaimana ikan tangkapan nelayan bisa awet dengan nilai jual tinggi. Ikan setelah ditangkap harus mendapat perlakuan khusus agar tidak cepat membusuk, apakah itu diawetkan dengan cara dibekukan, dijemur ataukah dipindang seperti yang selama ini kita kenal. Selain pengolahan tersebut, saat ini diupayakan pengolakan ikan dengan menu-menu kekinian yang ngetren di masyarakat, seperti olahan geprek, ikan crispy dan lain-lainnya.

“Kita kan tahu saat ini di masyarakat lagi gandrung dengan menu ayam geprek, kami mencoba menganti ayam dengan ikan. kami akan terus berinovasi membantu nelayan dengan berbagai terobosan baru agar kesejahteraan nelayan dapat ditingkatkan,” jelas Dewi Hariani.

Ditambahkan, bimtek kali ini diikuti oleh 40 peserta yang merupakan perwakilan dari Poklasar di Kabupaten Gianyar. Peserta akan dilatih selama 2 hari (13 -14 September) dengan materi dari narasumber Ir. A.A Gede Putra, asesor pensiunan dari kantor BP3 Banyuwangi, DR.Ir I Nengah Kencana dari Fakultas Teknologi Pertanian Unud dan Prof. Ir. Nyoman Semadi Antara,MP.Ph.D Guru Besar di Fakultas Teknologi Pertanian Unud.

Selama 2 hari peserta yang merupakan istri-istri nelayan tersebut selain materi pengolahan ikan, mereka juga diberikan kesempatan praktek pembuatan ikan crispy, ikan geprek, camilan dengan bahan dasar ikan lemuru, pindang presto berikut cara pengemasan yang baik dan higienis, dan krupuk ikan.

Dipilihnya menu pindang presto menurut Dewi Hariani bukannya tanpa alasan. Menurut Kadis DKPKP ini, produksi olahan pindang cukup banyak. Dari 6 Poklasar yang mengolah hasil tangkapan laut, jumlah pemindangan di Kabupaten Gianyar sebanyak 151 orang, di Kec. Gianyar ada 90 orang, dan di Kec. Sukawati ada 61 orang. 

Dengan jumlah produksi mencapai sekitar 4000 Kg- 5000Kg per hari. Jumlah ini bisa meningkat pada saat musim ikan pada bulan September hingga Februari.
Sedangkan untuk olahan bakso, sate maupun ikan bakar yang selama ini menjadi ikon wisata kuliner di Pantai lebih, menurut Dewi Hariani jumlah pedagang lesehan mencapai sekitar 30 orang, dengan rata rata kebutuhan ikan mencapai 3.900 Kg/ tahun. 

Melihat kebutuhan akan ikan yang sedemikian banyak, kata Dewi Harini Pemkab Gianyar melalui DKPKP berupaya membuat berbagai terobosan program yang inovatif agar generasi muda kembali melirik nelayan sebagai profesi utama. (na)


COMMENTS

ADVERTORIAL,35,Bali,119,Berita Utama,61,Gresik,91,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,49,Nasional,61,Olahraga,11,Regional,203,Tajuk,4,Tanah Bumbu,59,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: DKPKP Gianyar Gelar Bimtek Guna Mendorong Penganekaragam Olahan Ikan
DKPKP Gianyar Gelar Bimtek Guna Mendorong Penganekaragam Olahan Ikan
https://1.bp.blogspot.com/-OO3zdTEogrM/W59db1d9gfI/AAAAAAAATCA/Bg4WHSKiNCELFijxF9ZQcMuwO3ZZFGx2wCLcBGAs/s320/bali%2Bft%2Bbrt%2BDKPKP%2Bgianyar.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-OO3zdTEogrM/W59db1d9gfI/AAAAAAAATCA/Bg4WHSKiNCELFijxF9ZQcMuwO3ZZFGx2wCLcBGAs/s72-c/bali%2Bft%2Bbrt%2BDKPKP%2Bgianyar.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/09/dkpkp-gianyar-gelar-bimtek-guna.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/09/dkpkp-gianyar-gelar-bimtek-guna.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy