Kejari Bidik Indikasi Penyimpangan Dana Promosi Pariwisata Kota Denpasar

DENPASAR, Korandor.com - KEJARI Denpasar tidak mau ketinggalan, untuk mengungkapkan indikasi penyimpangan dana promosi pariwisata, y...




DENPASAR, Korandor.com - KEJARI Denpasar tidak mau ketinggalan, untuk mengungkapkan indikasi penyimpangan dana promosi pariwisata, yang dikelola Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Denpasar.
Anehnya, sisa anggaran promosi pariwisata Tahun 2016, digunakan untuk promosi tahun 2017, dan dari anggaran promosi pariwisata Tahun 2016 yang berjumlah Rp 1,9 miliar, masih tersisa Rp 900 juta, tetapi oleh pengurus BPPD Kota Denpasar tidak dikembalikan ke kas daerah.
Dari sisa dana Tahun 2016 itu, oleh BPPD Kota Denpasar digunakan untuk kegiatan promosi Tahun 2017. Temuan BPK ini kemudian ditindaklanjuti oleh aparat kejaksaan untuk  membidik penggunaan dana hibah bagi industri pariwisata itu.
Patut diketahui, delapan bulan terakhir, penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Denpasar fokus memperdalam dugaan korupsi di (BPPD) Kota Denpasar. Kasi Intel Kejari Denpasar, I Made Agus Sastrawan, SH membenarkan tim penyidik pidana khusus (pidsus) Kejari Denpasar sudah memanggil puluhan orang untuk dimintai keterangan, terkait promosi pariwisata yang dilakukan BPPD Kota Denpasar diantaranya untuk  kegiatan Sanur Festival.
Dipastikan selangkah lagi proses penyelidikan akan ditingkatkan ke penyidikan. “Setelah pemeriksaan saksi, sudah sempat dilakukan gelar untuk menentukan apakah perkara ini layak dilanjutkan dan naik ke penyidikan atau tidak. Sampai saat ini masih tahap penyelidikan karena tim masih mengumpulkan lagi alat buktinya. Sumber koran ini mengungkapkan, Anggaran tersebut diperuntukkan promosi pariwisata. “Dalam promosi pariwisata ini lebih banyak digunakan untuk perjalanan dinas untuk promosi ke luar negeri.
Masih menurut sumber ini, dari dana hibah Rp 1,9 miliar yang dikucurkan. Kebetulan pada 2017 BPPD Kota Denpasar tidak mendapatkan bantuan hibah dari Pemkot Denpasar. Sisa anggaran 2016 inilah yang kemudian digunakan untuk membiayai promosi pariwisata di 2017 hingga habis. Sama dengan tahun sebelumnya, anggaran sisa sekitar Rp 900 juta ini kebanyakan digunakan BPPD Kota Denpasar untuk promosi pariwisata ke luar negeri.
Masalahnya, dari keterangan beberapa saksi termasuk saksi ahli menyebut bahwa dana sisa ini harusnya dikembalikan ke kas daerah Pemkot Denpasar. “Dana tidak bisa langsung digunakan di tahun berikutnya seperti anggaran multiyears atau tahun jamak,” beber sumber itu.
Tidak hanya itu, penyidik juga masih mendalami penggunaan anggaran di tahun 2017 ini dengan memeriksa kelengkapan dokumen dalam perjalanan dinas promosi pariwisata ke luar negeri. Selain itu, rencananya beberapa saksi ahli juga akan dimintai pendapatnya. Terkait peluang menetapkan tersangka, Agus menyebut masih melihat perkembangan penyelidikan, apakah sudah cukup bukti untuk dilanjutkan ke proses penyidikan dan penetapan tersangka. (dvd)


COMMENTS

ADVERTORIAL,35,Bali,119,Berita Utama,61,Gresik,91,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,49,Nasional,61,Olahraga,11,Regional,203,Tajuk,4,Tanah Bumbu,59,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Kejari Bidik Indikasi Penyimpangan Dana Promosi Pariwisata Kota Denpasar
Kejari Bidik Indikasi Penyimpangan Dana Promosi Pariwisata Kota Denpasar
https://3.bp.blogspot.com/-4zwLe-euArk/W59ee5wnHZI/AAAAAAAATCQ/0bkcoa38GEM2udESsSVzsWQNNxeFu5xqwCLcBGAs/s320/bali%2Bbaru.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-4zwLe-euArk/W59ee5wnHZI/AAAAAAAATCQ/0bkcoa38GEM2udESsSVzsWQNNxeFu5xqwCLcBGAs/s72-c/bali%2Bbaru.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/09/kejari-bidik-indikasi-penyimpangan-dana.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/09/kejari-bidik-indikasi-penyimpangan-dana.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy