DPRD Komisi IV Badung Ingatkan Eksekutif Agar Bersikap Adil dengan Sekolah Swasta

BADUNG, Korandor.com - KOMISI IV DPRD Badung kembali mengingatkan, kepada eksekutif, agar segera memberdayakan sekolah swasta agar se...




BADUNG, Korandor.com - KOMISI IV DPRD Badung kembali mengingatkan, kepada eksekutif, agar segera memberdayakan sekolah swasta agar setara dengan sekolah berplat merah alias negeri.
Menurut Komisi IV DPRD Badung, tugas mencerdaskan anak bangsa, bukan saja oleh sekolah negeri, tapi juga peran sekolah swasta sangat membantu. Pernyataan itu disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Badung, AAN Ketut Agus Nadi Putra dalam rapat bersama dengan sejumlah OPD, terkait Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019, Senin (22/10).
Rapat dipimpin Ketua Komisi IV AAN Ketut Agus Nadi Putra, didampingi sejumlah anggota, Made Retha, Ni Luh Gede Sri Mediastuti, Nyoman Sentana, dan IB Alit Arga Patra. Ia menambahkan, bahwa sekolah swasta juga mampu mencetak siswa berprestasi. Untuk itu kembali ditegaskan agar eksekutif berlaku adil terhadap swasta dalam memajukan pendidikan di Kab Badung selama ini.
Sedangkan Made Retha mengusulkan agar ada bantuan operasional untuk sekolah swasta. “Setiap tahun Badung membangun gedung sekolah baru, tapi terkendala lahan. Jadi mari kita maksimalkan sekolah swasta. Kita ciptakan pendidikan yang adil dan merata,” ujarnya.
Misalnya, kata Retha, dengan memberikan bantuan terkait pembayaran SPP. Jika dimungkinkan, agar SPP siswa di sekolah swasta ditanggung oleh pemerintah melalui APBD. “Sehingga sekolah swasta merasa dihargai. Dengan demikian, tidak lagi berbondong-bondong ke sekolah negeri tiap tahunnya,” tegasnya.
Retha juga menyoroti soal laptop gratis yang diberikan kepada siswa. Dia minta agar laptop-laptop yang ‘diwariskan’ dari siswa ke siswa lainnya tersebut dicek kelayakannya. Jika ada kerusakan agar segera diperbaiki. “Selain itu agar aplikasi laptop bisa menjawab semua kebutuhan pelajaran siswa dan sesuai dengan perkembangan zaman. Agar tidak 10 tahun laptop itu, isinya masih sama. Padahal IT terus berkembang,” pintanya
Selain itu, Komisi IV juga disoroti oleh dewan soal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang hampir selalu diikuti permasalahan. Hal ini dikarenakan jumlah sekolah negeri di Kabupaten Badung tidak bisa menampung seluruh lulusan. Apalagi dengan adanya sistem zonasi. Berkenaan dengan itu, Komisi IV meminta agar Disdikpora menggenjot pembangunan sejumlah sekolah negeri baru yang telah dicanangkan.
“Bisa juga dipertimbangkan untuk merombak sekolah dua lantai menjadi tiga lantai, dan membuat basement untuk parkir, sehingga kendala lahan untuk sekolah yang selama ini menjadi permasalahan bisa diatasi,” ungkap Nadi Putra.
Menanggapi hal itu, Kadisdikpora Ketut Widia Astika menyatakan ada beberapa sekolah baru yang dibangun, yakni SMPN 5 Abiansemal yang berlokasi di Latu, SMPN 6 Mengwi di Kekeran, SMPN 7 Mengwi di Cemagi, SMPN 3 Kuta Utara di Kerobokan Kelod, dan SMPN 3 Kuta di Kedonganan. Mengenai bantuan terhadap sekolah swasta, pihaknya menyatakan sudah dalam kajian. “Sudah kami kaji terkait bantuan ke sekolah swasta. Cuma belum tembus saja,” ujarnya.
Mengenai fasilitas laptop gratis, Astika tak memungkiri ada yang rusak. Namun sudah langsung ditangani. Pasalnya, selama empat tahun masih masuk garansi rekanan. Jadi saat rusak, sekolah tinggal melapor ke Disdikpora. Nantinya Disdikpora yang menyerahkan ke rekanan untuk diperbaiki. Menyinggung kualitas pendidikan, Astika menyatakan akan berusaha semaksimal mungkin. Termasuk memanfaatkan jam-jam pelajaran kosong agar siswa tetap belajar. (dvd)

COMMENTS

ADVERTORIAL,39,Bali,125,Berita Utama,64,Gresik,96,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,51,Nasional,64,Olahraga,11,Regional,213,Tajuk,5,Tanah Bumbu,62,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: DPRD Komisi IV Badung Ingatkan Eksekutif Agar Bersikap Adil dengan Sekolah Swasta
DPRD Komisi IV Badung Ingatkan Eksekutif Agar Bersikap Adil dengan Sekolah Swasta
https://2.bp.blogspot.com/-899q_Z_PAFA/W9Ppjtc4eNI/AAAAAAAATTA/iWvoYi6-lLwL1pHi2SJWFm3imWX-kEkHgCLcBGAs/s320/bali.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-899q_Z_PAFA/W9Ppjtc4eNI/AAAAAAAATTA/iWvoYi6-lLwL1pHi2SJWFm3imWX-kEkHgCLcBGAs/s72-c/bali.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/10/dprd-komisi-iv-badung-ingatkan.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/10/dprd-komisi-iv-badung-ingatkan.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy