Investasi Bodong Berkedok Koperasi Marak di Bali

DENPASAR, Korandor.com - DEWAN Bali sangat terkejut, ada koperasi yang beroperasi tanpa mengantongi izin. Tetapi pengawasan oleh Di...




DENPASAR, Korandor.com - DEWAN Bali sangat terkejut, ada koperasi yang beroperasi tanpa mengantongi izin. Tetapi pengawasan oleh Dinas terkait, seolah-olah terjadi pembiaran. Anehnya lagi, setelah masyarakat menjadi korban penipuan hingga miliaran rupiah, baru di respon oleh instansi terkait.

Pernyataan itu dilontarkan politisi Golkar di DPRD Bali, Sugawa Korri, Selasa (25/9) di Denpasar. Dirinya berharap agar aparat dan dinas terkait mengambil langkah untuk membina usaha dan menindak tegas koperasi yang tidak memiliki izin.
Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, I Gede Indra Dewa Putra menegaskan, nama koperasi telah dicatut dalam kasus tersebut. Pasalnya, lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat itu belum memiliki badan hukum koperasi dan tidak mempunyai ijin usaha simpan pinjam.

Selain itu, koperasi sesuai ketentuan hanya melayani anggota-nya saja, bukan masyarakat diluar anggota. Saat ini tercatat ada 12 kelompok masyarakat yang mengatasnamakan koperasi menghimpun dana masyarakat di Bali. Total dana yang dihimpun diperkirakan mencapai Rp 153 miliar. Dari jumlah itu, 3 diantaranya ada di Kabupaten Tabanan dengan jumlah nasabah 200 orang dan dana yang dihimpun Rp 47 miliar.

Modusnya, masyarakat diiming-imingi bunga simpanan tinggi sampai 5 persen per bulan dan bunga pinjaman mencapai 10 persen per bulan. Lembaga yang mencatut nama koperasi itu bahkan mengaku telah bekerjasama dengan salah satu perbankan dengan bunga mencapai 10 persen.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan masyarakat untuk memahami legalitas dan alasan logis yang ditawarkan perusahaan tertentu untuk mencegah menjadi korban investasi ilegal. Begitu pula Direktur Kebijakan dan Dukungan penyidikan pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tongam L Tobing mengingatkan kepada masyarakat Bali agar lebih awas, untuk melihat setiap kegiatan usaha yang menawarkan investasi, harus ada izinnya dan logis.

Tongam yang juga sekaligus sebagai Ketua Satuan Tugas Waspada Investasi mengatakan, sebelum berinvestasi masyarakat perlu memastikan legalitas perusahaan termasuk izin usaha yang ditawarkan. Saat ini berdasarkan kasus yang dilaporkan masyarakat, banyak perusahaan tertentu yang memiliki izin prinsip atau pendirian, namun belum tentu memiliki izin usaha yang ditawarkan, misalnya izin untuk investasi. Adapula perusahaan yang memiliki izin perdagangan tetapi menghimpun dana masyarakat sehingga legalitas tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Langkah sederhananya yakni, mempertimbangkan secara logika terutama menyangkut imbal hasil yang besar dan didapatkan secara instan. Modus investasi yang tidak masuk akal itu biasanya dengan mengiming-iming masyarakat dengan bunga tinggi. Tawaran suku bunga tinggi itu ada yang 50 persen per bulan hingga 10 hingga 30 persen per tujuh hari.
Iming-iming tinggi itu kerap menjebak masyarakat ikut tertarik berinvestasi. Mereka tidak hanya berasal dari kalangan ekonomi menengah ke bawah tetapi juga menengah ke atas dan berpendidikan tinggi.

Lebih lanjut Tongam mengatakan, selama periode Januari-September 2017 pihaknya telah menghentikan kegiatan 48 entitas yang melakukan kegiatan ilegal. Pihaknya memprediksi total kerugian masyarakat dari investasi ilegal dari tahun 2007 hingga 2017 diperkirakan mencapai Rp 105 triliun. (dvd)


COMMENTS

ADVERTORIAL,35,Bali,119,Berita Utama,61,Gresik,91,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,49,Nasional,61,Olahraga,11,Regional,203,Tajuk,4,Tanah Bumbu,59,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Investasi Bodong Berkedok Koperasi Marak di Bali
Investasi Bodong Berkedok Koperasi Marak di Bali
https://1.bp.blogspot.com/-ollgwxAvzPQ/W7LmGRbhNOI/AAAAAAAATH8/kS01s7cHwCc8r8BXBK4sDeMksPBi8S48gCLcBGAs/s320/bali.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ollgwxAvzPQ/W7LmGRbhNOI/AAAAAAAATH8/kS01s7cHwCc8r8BXBK4sDeMksPBi8S48gCLcBGAs/s72-c/bali.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/10/investasi-bodong-berkedok-koperasi.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/10/investasi-bodong-berkedok-koperasi.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy