Peringatan Hari Santri di Blitar Meriah

BLITAR, Korandor.com – PERINGATAN Hari Santri di Kota Blitar diperingati dengan meriah dan penuh makna.. Kali ini sinergi Pemerintah...



BLITAR, Korandor.com – PERINGATAN Hari Santri di Kota Blitar diperingati dengan meriah dan penuh makna.. Kali ini sinergi Pemerintah Kota Blitar bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Blitar dan Ormas Islam menyelenggarakan berbagai kegiatan berlangsung sukses, Senin (22/10).

Selain itu ada kegiatan Kirab Santri Nusantara hari Sabtu (20/10) dengan melibatkan ribuan santri dan mendapatkan animo luar biasa dari warga masyarakat. Juga turnamen futsal santri bersarung hari Minggu (21/10) diikuti 52 tim dari berbagai Lembaga Islam.

Ada juga lomba voli bagi ustadzah TPQ dan lomba menyanyikan mars atau himne TPQ. Tak ketinggalan lomba menggambar dan mewarna bagi aaa santri. Semua kegiatan itu diarahkan untuk memperkuat karakter masyarakat yang religius-nasionalis.

Wakil Walikota Blitar Santoso sangat berharap melalui Peringatan Hari Santri Nasional kal n semua pihak dapat memberi pengakuan bahwa ulama dan santri telah memberi kontribusi nyata terhadap perjuangan, pergerakan kemerdekaan dan perjuangan untuk mengisi kemerdekaan hngga saat ini.

Kiprah santri, menurut Wawali, telah teruji dalam mengokohkan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang bersendikan Bhinneka Tunggal Ika. “ Santri berdiri di garda terdepan membentengi NKRI dari berbagai ancaman dan ikut berkontribusi pada terwujudnya Indonesia mandiri. Hal ini selaras dengan tema yang diangkat dalam peringatan hari santri kali ini yaitu: dedikasi santri untuk Indonesia mandiri, bersama santri damailah negeri.

Dalam memperingati Hari Santri kal  ini Wawali menilai perlunya mewarisi semangat dan nilai-nilai filosofi para alim ulama dan para kyai. Yakni bahwa kaum santri memiliki semangat rela berkorban, semangat cinta tanah air, dan  menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan kepentingan golongan. Para ulama terdahulu telah memberikan teladan bahwa antara kepentingan agama dan kepentingan negara tidak saling bertentangan, tetapi justru saling mendukung dan saling menguatkan.

Momentum hari santri perlu ditransformasikan menjadi gerakan penguatan paham kebangsaan yang bersintesis dengan keagamaan. Spirit “cinta tanah air sebagian dari iman” (khubbul wathon minal iman) perlu terus digelorakan.

“Peringatan hari santri perlu kita jadikan sebagai momentum untuk memotivasi santri agar semakin memperkuat tradisi keilmuan karena santri Kota Blitar harus menjadi santri yang alim, cerdas, kreatif, melek teknologi, memiliki inisiatif untuk maju, memiliki semangat cinta tanah air dan berwawasan kebangsaan’’ tambah pejabat yang juga fasih mengaji tersebut..

Karakter dan tradisi santri untuk mempelajari agama adalah bagian dari upaya penguatan karakter bangsa ini untuk membentuk generasi yang handal dan memiliki karakter sesuai dengan nilai dan ajaran agama. Untuk itu, pada kesempatan yang penuh barokah ini, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada para alim ulama, para kyai dan ibu nyai, para ustadz, guru-guru di pondok pesantren, di madrasah, di masjid, di musholla, dan di TPQ yang setiap hari memberikan ilmu kepada para santri. Kegiatan mengaji yang menjadi ciri khas para santri merupakan cikal bakal terbentuknya generasi bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral agama. 

Terakhir, karena tahun ini tahun politik, Wawali berpesan untuk menjadikan peringatan hari santri ini sebagai momentum memperkuat persatuan di antara umat Islam (ukhuwah islamiah) dan persatuan sesama warga bangsa (ukhuwah wathoniah)

“Kami menitipkan pesan kepada umat islam di Kota Blitar ini agar menjadi umat yang giat beribadah, baik ibadah ritual maupun ibadah sosial, santun dalam berperilaku, dan memiliki rasa toleransi serta wawasan kebangsaan yang tinggi,“ pungkas Wawali. (adv/her/rred/tom

COMMENTS

ADVERTORIAL,39,Bali,125,Berita Utama,64,Gresik,96,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,51,Nasional,64,Olahraga,11,Regional,213,Tajuk,5,Tanah Bumbu,62,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Peringatan Hari Santri di Blitar Meriah
Peringatan Hari Santri di Blitar Meriah
https://1.bp.blogspot.com/-Ru0hBQSwUuY/W9Px6P2ZJsI/AAAAAAAATTw/3Sf5aSkeLWUZzDB5qwn63NlyJ7NmOAi0wCLcBGAs/s320/blitar%2Bft%2Bbrt%2Bhari%2Bsantri.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Ru0hBQSwUuY/W9Px6P2ZJsI/AAAAAAAATTw/3Sf5aSkeLWUZzDB5qwn63NlyJ7NmOAi0wCLcBGAs/s72-c/blitar%2Bft%2Bbrt%2Bhari%2Bsantri.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/10/peringatan-hari-santri-di-blitar-meriah.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/10/peringatan-hari-santri-di-blitar-meriah.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy