Setelah Jembatan Suramadu Digratiskan Kapal Penyeberangan Menunggu Kematian

Tajuk DOR 695 KELUHAN tarif tol   jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) yang selama ini disebut “termahal” di Indonesia, selalu men...


Tajuk DOR 695



KELUHAN tarif tol  jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) yang selama ini disebut “termahal” di Indonesia, selalu menjadi perbincangan. Tidak jarang, ada yang menyatakan mahalnya tarif tol jembatan Suramadu itu, menjadi “biang” seretnya pembangunan dan kegiatan perekonomian di Pulau Madura. Padahal, impian membuat jembatan Suramadu itu adalah untuk meningkatkan investasi ke Pulau Garam itu.
Tetapi, kini Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang juga Calon Presiden petahana pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 nanti, “memutuskan dan menetapkan membebaskan pembayaran – alias menggratiskan – bagi semua kendaraan bermotor yang menyeberang melalui Jembatan Suramadu”. Keputusan Presiden ini berlaku sejak Hari Sabtu tanggal 27 Oktober 2018.
Memang, di permukaan, kebijakan ini banyak mendapat respon positif dari berbagai kalangan. Masyarakat yang biasa melintasi jembatan itu untuk pergi dan pulang dari Pulau Jawa ke Pulau Madura dan sebaliknya, menyatakan senang. Sebab, tarif tol jembatan Suramadu ini cukup mahal, bahkan sangat mahal apabila dibanding dengan jembatan atau jalan tol yang panjangnya sekitar lima kilometer itu.
Para pelaku usaha dari Madura yang biasanya membawa hasil panen pertanian ke Pulau Jawa, khususnya Kota Surabaya, umumnya menyatakan senang. Demikian pula, masyarakat Madura yang berada di beberapa kota di Pulau Jawa, menyambut gembira kebijakan Pemerintah yang disampaikan Presiden Jokowi – panggilan akrab Joko Widodo.
Bahkan, Bupati Pamekasan Badrut Tamam, sertamerta menyebut, penggratisan atau pembebasan biaya tol Suramadu membuka harapan baru untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten Pamekasan. Sebab, Pamekasan merupakan “ibukota” dari wilayah eks Keresidenan Madura. Di samping itu, dampak positif kegiatan transportasi sudah tidak perlu lagi terbebani biaya.
Dengan adanya kebijakan Presiden Jokowi ini, Badrut Tamam akan merangkul para investor dan pemilik modal yang akan membangun di wilayah Pamekasan. Pokoknya, Batrut Tamam menyatakan akan mendukung, apabila tujuannya, demi kemakmuran masyarakat Pamekasan.
Sebenarnya, usulan dari empat kepala pemerintahsn daerah di Madura itu, agar jembatan Suramadu itu diubah statusnya menjadi jalan non-tol itu sudah lama. Termasuk Gubernur Jatim H.Soekarwo, juga pernah mengusulkan menurunan tarif tol yang cukup mahal. Namun, baru sepeda motor yang digratiskan. Nah, sekarang, usul Pakde Karwo – panggilan akrab Soekarwo – justru tidak hanya penurunan tarif,. tetapi malah “dihapus atau digratiskan”.
Tentu, dengan penggratisan lewat jembatan Suramadu ini, akan menimbulkan dampak dan kekhawatiran terhadap biaya perawatan jembatan bentang laut sepanjang 5,4 kilometer itu.
Pakde Karwo mengatakan, peresmian penghapusan biaya tol jembatan Suramadu itu, sekaligus sebagai hadiah bagi masyarakat Madura yang sedang menjamu tamu-tamu kebesaran dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan dari negara tetangga. Presiden Jokowi mendapat kehotmatan menyambut kehadiran raja-raja Nusantara dan negara tetangga itu di Keraton Sumenep, Sabtu, 27 Oktober 2018, malam.
Dengan digratiskannya jembatan Suramadu akan menurunkan ongkos produksi dalam distribusi barang. Jadi, ini juga membuat margin laba industri dan UMKM di Madura akan meningkat. Dan, Soekarwo yakin, biaya perwatan akan dianggarkan oleh Pemerintah melalui APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).
Namun, pengamat kebijakan publik Agus Pambagyo berpendapat lain. Ia menyebut APBN   mendapatkan tambahan beban karena harus membayar biaya pengelolaan jembatan. Seharusnya ini tidak boleh. Kalau gratis, dana perawatannya bagaimana? Kelihatannya Agus menilai ada “urusan politik” di balik penggratisan tol jembatan Suramadu itu, karena dilaksanakan di tahun politik sekarang ini.
Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto, mengakui, saat ini sedang dalam tahap pembahasan dan penyusunan payung hukum. Perhitungan pengembalian investasi dari dana APBN yang sudah digelontorkan pun juga dalam estimasi. Apabila dibebankan menjadi non tol, kita juga harus memikirkan bagaimana pemeliharaannya.

Adanya tudingan penggratisan jembatan Suramadu itu bermuata politik, dibantah langsung oleh Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Ma'ruf Amin, Erick Thohir.
Rencana menggratiskan Tol Suramadu itu adalah sebagai upaya pemerintah untuk mempercepat pembangunan di Madura. Diharapkan pera investor tertarik menanamkan modalnya di Madura yang selama ini “dihantui” beban biaya transportasi melintasi jembatan Suramadu.
Bagaimanapun juga, harus diakui, di balik pro-kontra itu, ternyata ada yang “menjerit”. Mereka yang sejak adanya jembatan Suramadu itu sudah menderita,  karena usaha kemaritiman yang mereka jalani sudah dalam keadaan sakarat. Kini, tinggal menunggu “kematian”, itulah yang dialami beberapa pengusaha kapal penyeberangan. (yousri)




COMMENTS

ADVERTORIAL,39,Bali,125,Berita Utama,64,Gresik,96,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,51,Nasional,64,Olahraga,11,Regional,213,Tajuk,5,Tanah Bumbu,62,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Setelah Jembatan Suramadu Digratiskan Kapal Penyeberangan Menunggu Kematian
Setelah Jembatan Suramadu Digratiskan Kapal Penyeberangan Menunggu Kematian
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/10/setelah-jembatan-suramadu-digratiskan.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/10/setelah-jembatan-suramadu-digratiskan.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy