SMPN 4 Tabanan Wakili LSS Tingkat Provinsi

TABANAN, Korandor.com - T IM penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat provinsi mengunjungi SMPN 4 Tabanan, (SPENFOURTA) yang berada...



TABANAN, Korandor.com - TIM penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat provinsi mengunjungi SMPN 4 Tabanan, (SPENFOURTA) yang berada di Desa Tunjuk, sebagai perwakilan Kabupaten Tabanan Tingkat Provinsi Bali Tahun 2018, Rabu (19/9).
Asisten I Setda Kabupaten Tabanan I Wayan Yatnanadi, MSi didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan Dr I Gede Susila, S.Sos, MSi beserta jajarannya menerima kedatangan tim penilaian LSS Tingkat Provinsi Bali. Dalam kesempatan tersebut turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan dr I Nyoman Suratmika, M.Kes., Kementrian Agama Kabupaten Tabanan, serta DKLH Tabanan.
Tujuan digelarnya kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran para siswa – siswi, bahwa kebersihan merupakan hal yang sangat penting. Karena jasmani kuat dan jiwa yang sehat tidak akan dapat tercipta apabila lingkungan di sekitar kita kotor. Sehingga dengan diadakannya LSS ini, bisa meningkatkan kesadaran para siswa – siswi akan pentingnya kebersihan bukan saja di sekolah, tapi juga di rumah serta di lingkungan dimanapun mereka berada.
Bupati Tabanan dalam sambutannya yang dibacakan I Wayan Yatnanadi, M.Si., menyampaikan, melalui lomba usaha kesehatan sekolah ini merupakan momentum untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan anak didik sedini mungkin. Serta merupakan bagian integral dari pembangunan nasional dan pembangunan seluruh masyarakat Indonesia. Sehingga diharapkan akan dapat membangun masyarakat yang sehat lahir dan batin.
Pihaknya juga menegaskan bahwa pada intinya lomba kesehatan sekolah bertujuan untuk menciptakan kesehatan dan kebersihan lingkungan yang asri dimanapun berada, baik di sekolah maupun di lingkungan keluarga. Sehingga tercipta kesehatan dan keharmonisan di sekolah maupun keluarga. Dengan kehidupan yang bersih serta sehat lahir dan batin, bisa meningkatkan taraf hidup keluarga,” tegasnya.
Ketua Tim Penilai LSS Tingkat Provinsi Bali, Novita Budi Rismayanti dari Dinas Pendidikan Provinsi Bali berharap dengan dilakukannya penilaian LSS ini, banyak muncul terobosan yang kreatif dan inovatif dalam rangka menggali dan memanfaatkan sumber daya sekolah yang ada secara optimal, sebagai bagian dari sarana pembinaan, pengembangan, dan evaluasi pelaksanaan program UKS untuk mewujudkan visi dan misi UKS.
“Pelaksanaan penilaian LSS ini merupakan momentum untuk mewujudkan pendidikan kesehatan melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan, penanaman kebiasaan hidup sehat, dan pelaksanaan pelayanan kesehatan. Sehingga menghasilkan generasi yang sehat secara fisik dan mental, cerdas dan berbudi pekerti,” ujarnya.
Adapun kriteria yang dilombakan dalam penilaian lomba ini diantaranya, kesehatan sekolah, kebersihan sekolah, kebersihan radius 100 meter dari sekolah, kebersihan dan kesehatan kantin sekolah.
Sementara, hal senada juga disampaikan Kepala SMP Negeri 4 Tabanan Drs I Wayan Bukatiasa, MPd., dalam ajang LSS tingkat provinsi tersebut pihaknya didukung oleh Pemda Tabanan dalam hal ini Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Kementrian Agama, dan DKLH. Pihaknya bekerjasama dengan komite sekolah berupaya keras untuk membuat program sekolah yang menitik beratkan pada pengembangan pola hidup sehat jasmani dan rohani. Sehingga meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal, guna menciptakan lingkungan sekolah yang sehat.
Adapun upaya-upaya yang selama ini telah dilakukan SMPN 4 Tabanan untuk mendukung program LSS diantaranya melalui kebijakan sekolah dengan  menginternalisasikan pendidikan kesehatan melalui visi dan misi sekolah. Melalui kurikulum yakni dengan memasukan program UKS dalam rencana pelaksanaan pembelajaran selain mata pelajaran IPA dan Penjaskes. Melalui partisipasi warga sekolah yakni dengan melakukan kegiatan Sabtu bersih dan Kader Kesehatan Remaja (KKR), melalui kerjasama dengan pihak ketiga yakni Dinas Kesehatan, Puskesmas, Pustu, dan LSM, dan terakhir melalui budaya literisasi yakni meningkatkan budaya baca dikalangan warga sekolah sebelum PBM dimulai. Minimal sehari setiap minggunya warga sekolah wajib mengumpulkan resume bacaan terkait kesehatan.
Baginya, LSS bukan merupakan tujuan utama, namun jauh lebih penting bagaimana menyiapkan generasi muda menjadi generasi yang kuat, karena sehat melalui prilaku hidup bersih dan sehat melalui Gerakan Masyarakat Sehat (Germas),” harapnya. (gin)





COMMENTS

ADVERTORIAL,35,Bali,119,Berita Utama,61,Gresik,91,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,49,Nasional,61,Olahraga,11,Regional,203,Tajuk,4,Tanah Bumbu,59,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: SMPN 4 Tabanan Wakili LSS Tingkat Provinsi
SMPN 4 Tabanan Wakili LSS Tingkat Provinsi
https://1.bp.blogspot.com/-R-ZgXIhAe5s/W7LmZLPZNFI/AAAAAAAATII/rZycPwLCMEE7s0THplZiUDMmTSOEy-nswCLcBGAs/s320/bali%2B%2Bft%2Bbrt%2Blomba%2Bsekolah%2Bsehat%2BSALAH%2BSATU%2BKETRAMPILAN%2BYANG%2BDI%2B%2BPRAKTEKKAN%2BSISWI%2B-%2BSISWI%2BSPENFOURTA%2B%25282%2529.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-R-ZgXIhAe5s/W7LmZLPZNFI/AAAAAAAATII/rZycPwLCMEE7s0THplZiUDMmTSOEy-nswCLcBGAs/s72-c/bali%2B%2Bft%2Bbrt%2Blomba%2Bsekolah%2Bsehat%2BSALAH%2BSATU%2BKETRAMPILAN%2BYANG%2BDI%2B%2BPRAKTEKKAN%2BSISWI%2B-%2BSISWI%2BSPENFOURTA%2B%25282%2529.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/10/smpn-4-tabanan-wakili-lss-tingkat.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/10/smpn-4-tabanan-wakili-lss-tingkat.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy