Workshop SPMI Digelar di Sekolah Rujukan SMPN 4 Tabanan

TABANAN, Koran DOR - BERTEMPAT di SMP Negeri 4 Tabanan Workshop Sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Program Bantuan Pe...



TABANAN, Koran DOR - BERTEMPAT di SMP Negeri 4 Tabanan Workshop Sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Program Bantuan Pemerintah 2018, resmi dibuka Kepala Bidang Pendidikan Tingkat SMP Made Darmawita.

Kegiatan workshop yang berlangsung selama dua hari, 15-16 Oktober 2018 lalu dihadiri oleh Kepsek Drs I Wayan Bukatiasa, MPd, Pengawas Ni Ketut Ariwati, SPd MPd., Dr Luh Putu Pujiastuti, MPd., Dr I Ketut Nantra, MPd para guru serta pengurus komite SMPN 4 Tabanan. Sebagai narasumber Dr I Wayan Surata, MPd dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Bali.
Ketua panitia Drs I Made Rana dalam laporannya mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih banyak atas kehadiran para narasumber maupun seluruh peserta pelaksanaan workshop terkait Sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Program Bantuan Pemerintah 2018 yang digelar di SMP Negeri 4 Tabanan ini.

Sesuai UU Nomor 23 Tahun 2003 mengamanatkan, pemerintah pusat maupun daerah wajib memberikan pelayanan dan kemudahan serta menjamin pendidikan bagi setiap warga Negara tanpa adanya diskriminasi. Dalam UU itu pula disebutkan bahwa standar nasional pendidikan digunakan sebagai acuan pengembangan kurikulum,tenaga kependidikan, sarana dan prasarana dan pengelolaan pembiayaan.

Sejak tahun 2015/2016 beberapa sekolah di Indonesia sudah ditetapkan menjadi sekolah rujukan dan salah satunya yakni SMPN 4 Tabanan. Pihaknya sangat bersyukur karena SMPN 4 Tabanan bisa dijadikan sekolah rujukan ataupun contoh bagi sekolah lain dalam pengembangan dan pengetahuan pelaksanaan praktek pendidikan yang baik (best practice) di bidang manajemen, penataan lingkungan sekolah, sarpras yang menunjang kegiatan belajar mengajar dan kegiatan pembiasaan sebagai penguatan pendidikan karakter siswa.

Pihaknya juga akan terus berupaya mendukung penuh apa yang menjadi program daripada pemerintah, dirinya merasa bangga dan bersyukur karena kerja keras yang selama ini telah dilakukannya tidaklah sia – sia sehingga berhasil menyandang predikat sekolah rujukan ,” paparnya.

Made Darmawita selaku Kepala Bidang Pendidikan Tingkat SMP dalam sambutannya mewakili Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Kabupaten Tabanan mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi pelaksanaan Workshop Sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang digelar di SMPN 4 Tabanan dengan menghadirkan narasumber dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Bali.

Pihaknya sangat salut dan bangga terhadap SMPN 4 Tabanan atas predikatnya sebagai sekolah rujukan. Sebagai sekolah rujukan tentunya membutuhkan proses yang sangat berat dan sudah melalui berbagai pertimbangan. Selain itu pihaknya juga merasa bangga karena sampai saat ini untuk di Kabupaten Tabanan sudah ada dua sekolah rujukan diantaranya SMPN 4 Tabanan dan SMPN 1 Tabanan.

Dirinya berharap dengan dijadikannya SMPN 4 Tabanan sebagai sekolah rujukan atau sekolah contoh tentunya hal tersebut bisa mengimbas kepada sekolah - sekolah yang lain. Dan dengan dilaksanakannya Workshop SPMI ini, para peserta juga diharapkan mampu mengikuti sosialisasi tersebut hingga selesai dan hendaknya bisa memahami materi yang telah disajikan. Dan untuk itu, kedepan dunia pendidikan di Kabupaten Tabanan bisa berjalan dengan baik ,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Drs I Wayan Bukatiasa, MPd Kasek SMPN 4 Tabanan. Pihaknya juga mengucapkan banyak terimaksih pada narasumber maupun pihak panitia sekolah rujukan SMPN 4 Tabanan atas terlaksananya kegiatan tersebut.

Bukatiasa memaparkan, semestinya kegiatan workshop ini digelar akhir September lalu, mengingat karena keterbatasan narasumber dan waktu yang cukup padat maka kegiatan workshop ini baru bisa digelar hari ini. Berkat kerjakeras seluruh keluarga besar SMPN 4 Tabanan maka tidak sia-sia SMPN 4 Tabanan dapat anugrah sekolah rujukan setelah SMPN 1 Tabanan.

Dirinya berharap dengan dianugrahinya SMPN 4 Tabanan sebagai sekolah rujukan, kedepan mudah-mudahan bisa melahirkan adik sekolah rujukan. Menurut pengamatannya dengan Kabid SMP akan diprioritaskan yang berlabel satu semua karena, secara keunggulan sekolah yang berlabel satu sudah cukup unggul yang nantinya bisa dikatakan sebagai salah satu indikator sekolah sukses.

Adapun kandidat yang akan diprioritaskan diantaranya SMPN 1 Penebel, SMPN 1 Selemadeg, SMPN 1 Pupuan, SMPN 2 Kerambitan dan SMPN 1 Marga. diharapkan pula, dari kelima sekolah yang dicadangkan tersebut mudah-mudahan bisa lolos,” harapnya.

Terkait dengan pelaksanaan workshop ini, SMPN 4 Tabanan digelontor dana sebesar Rp 100 juta dan computer sebanyak 21 unit. Dari dana tersebut, hampir 90% nya digunakan untuk pengembangan sumber daya atau peningkatan mutu dan tidak boleh digunakan untuk sarana. Dalam jangka waktu kurang lebih dua bulan dana tersebut harus sudah habis.

Terkait dianugrahinya sekolah rujukan, seharusnya SMPN 4 Tabanan harus memiliki keunggulan lebih dibandingkan dengan sekolah lain. Seperti misal dalam bidang managemen, penataan lingkungan,serta prestasi akademik maupun non akademik. Kedepan pihaknya akan mencanangkan sekolah olahraga mandiri untuk bisa menjaring bibit-bibit unggul dalam bidang non akademik”, paparnya

Mantan Kasek SMPN 4 Pupuan ini juga menambahkan, dengan adanya sosialisasi SPMI tersebut, sekolah akan dituntut mutunya secara terukur dan sistematik. Dengan komite pihaknya wajib menjalin hubungan yang erat terkait dengan penjagaan dalam peningkatan mutu.

Dengan mengejar mutu tentunya dibarengi dengan kerja keras untuk mendapatkan hasil yang optimal. Yang tidak kalah pentingnya, diharapkan semua warga sekolah harus memiliki komitmen untuk nantinya bisa menghasilkan dokumen mutu yang akan dipajang di gerbang sekolah. Dan melalui sekolah rujukan ini bisa mengawali kebangkitan sekolah untuk berprestasi”, pungkasnya.  

Sementara Dr I Wayan Surata, M.Pd selaku narasumber dari LPMP disela-sela kegiatan mengatakan, dengan digelarnya sosialisasi SPMI di SMPN 4 Tabanan sebagai sekolah rujukan yakni yang pertama dengan melakukan penjaminan mutu. Apapun yang dilakukan di sekolah harus terjamin mutunya termasuk sarpras, proses pembelajaran serta SDM. Implikasinya akan timbul budaya mutu di sekolah.

Rujukan adalah sebagai contoh bagi sekolah rajin untuk melaksanakan pendidikan yang bermutu. Harapannya sekolah-sekolah di sekitarnya bisa mencontoh SMPN 4 Tabanan sebagai sekolah rujukan. Hal itu bisa berjalan dengan baik apabila dilakukan dengan membentuk tim penjaminan mutu di sekolah ada diskripsi tugas dari masing – masing komponen, penyusunan program serta pelaksanaan, sedangkan inti dari penjaminan mutu itu harus melaksanakan pemetaan mutu dengan basis adalah raport mutu yang dilaksanakan oleh Kemendikbud, dimana nantinya akan muncul 8 standar terkait kelemahan maupun kekuatan dari masing - masing sekolah tersebut. Dan kedepan sekolah SMPN 4 Tabanan betul - betul menjadi laboratorium bagi sekolah - sekolah yang lain”, paparnya. (gin)

COMMENTS

ADVERTORIAL,39,Bali,125,Berita Utama,64,Gresik,96,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,51,Nasional,64,Olahraga,11,Regional,213,Tajuk,5,Tanah Bumbu,62,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Workshop SPMI Digelar di Sekolah Rujukan SMPN 4 Tabanan
Workshop SPMI Digelar di Sekolah Rujukan SMPN 4 Tabanan
https://1.bp.blogspot.com/-dAImIFExDJ8/W9PsS8BX_zI/AAAAAAAATTU/4t7fBKjjzpg2HEqhqfymDoUBNhpOlRg7gCLcBGAs/s320/bali%2Bft%2Bbrt%2Bworkshop%2BSPMI%2Bpoto%2Bnarasumber%2BDr.%2BI%2BWayan%2BSurata%252C%2B%2BM.Pd%2B%25281%2529.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-dAImIFExDJ8/W9PsS8BX_zI/AAAAAAAATTU/4t7fBKjjzpg2HEqhqfymDoUBNhpOlRg7gCLcBGAs/s72-c/bali%2Bft%2Bbrt%2Bworkshop%2BSPMI%2Bpoto%2Bnarasumber%2BDr.%2BI%2BWayan%2BSurata%252C%2B%2BM.Pd%2B%25281%2529.jpeg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/10/workshop-spmi-digelar-di-sekolah.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/10/workshop-spmi-digelar-di-sekolah.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy