JokowiTerbitkanInpres No.8/2018 UntukAksiNasionalBela Negara

KENDATI Presiden Joko Widodo sudah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 8 Tahun 2018 tertanggal 18 September 2018 tentang Renc...



KENDATI Presiden Joko Widodo sudah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 8 Tahun 2018 tertanggal 18 September 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Bela Negara Tahun 2018-2019, namun gaungnya belum terasa.
                Jokowi – sapaan akrab Presiden Joko Widodo – mengharapkan pelaksanaan peringatan Hari Bela Negara 2018 ini benar-benar memasyarakat. Untuk itu, Jokowi menginstruksikan peringatan Hari Bela Negara tahun 2018 ini diikuti dengan Aksi Nasional Bela Negara. Tidak tanggung-tanggung, agar Aksi Nasional Bela Negara berlangsung “semarak” maka waktunya ditetapkan dari 2018 sampai 2019.
                Ternyata, hingga sepekan lagi puncak peringatan Hari Bela Negara, yakni 19 Desember 2018, soaialisasi pelaksanaan peringatan Hari Bela Negara, masih sepi. Belum terlihat kesiapan dari para penerima Inpres No.8 Tahun 2018 itu. Padahal, seperti yang disebarluaskan melalui  situs resmi Sekretariat Kabinet, Inpres itu bertujuan agar upaya bela negara lebih terstruktur, sistematis, masif, dan terstandardisasi.
                Aksi Nasional Bela Negara ini ditetapkan melalui tiga tahap, yakni: tahap sosialisasi, tahap internalisasi nilai dasar bela negara, dan tahap aksi gerakan. Para pejabat pemerintahan yang ditugaskan melaksanakan Inpres itu adalah: 1. Para menteri Kabinet Kerja; 2. Sekretaris Kabinet; 3. Jaksa Agung; 4. Panglima Tentara Nasional Indonesia; 5. Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia; 6. Kepala Badan Intelijen Negara; 7. Para Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian; 8. Para Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Negara; 9. Para Gubernur; dan 10. Para Bupati/Wali Kota.
                Dalam aksinya, Jokowi menginstruksikan agar berpedoman pada modul yang disusun dan ditetapkan oleh Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional ( Sekjen Wantannas). Hasil pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Bela Negara Tahun 2018-2019 dilaporkan sesuai standar yang ditetapkan oleh Sekjen Wantannas. Para menteri koordinator, diminta Jokowi agar memfasilitasi Sekjen Wantannas saat mengkoordinasi kementerian dan lembaga, serta mengevaluasi pelaksanaan aksi nasional bela negara. Sedangkan Menteri Dalam Negeri, diminta Jokowi agar mengkoordinir pemerintah daerah dalam pelaksanaan aksi bela negara.
                Tidak hanya itu, Jokowi juga menginstruksikan kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas,  untuk memantau dan mengevaluasi pelaksanaannya. Di samping itu,  Sekretaris Kabinet, ditugaskan untuk mengawasi pelaksanaan Inpres ini. Agar Aksi Nasional Bela Negara Tahun 2018-2019 ini berjalan sesuai dengan rencana, maka pembiayaannya dibebankan kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari pos anggaran kementerian dan lembaga, APBD, dan sumber lain yang tidak mengikat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
                Kalau dibaca secara cermat Inpres No.8 Tahun 2018 ini, secara jelas dinyatakan, bahwa pelaksanaan Aksi Nasional Bela Negara Tahun 2018-2019,  mengikutsertakan peran masyarakat dan pelaku usaha sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
                Untuk itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, meminta kepada Sekjen Wantannas Mayor Jenderal TNI Doni Monardo untuk menata kembali konsep-konsep yang berhubungan dengan bela negara.  Wantannas adalah lembaga strategis yang berada langsung di bawah presiden.
Menteri Pertahanan Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu juga menginstruksikan kepada prajurit Komando Strategis Angkatan Darat untuk aktif mensosialisasikan program Bela Negara. Program Bela Negara merupakan kunci kekuatan dalam menghadapi masuknya potensi ancaman fisik dan nonfisik. Tugas bela negara adalah tugas yang berat seiring dengan makin kompleksnya tantangan yang dihadapi.
Ryamizard yakin melalui semangat kebersamaan dan persatuan serta kerja keras, semua mampu membawa Indonesia menjadi negara yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian serta berlandaskan gotong-royong. Apalagi, sejak tahun 2017, Kemhan dan Kemenristek Dikti telah melaksanakan MoU (kesepakatan bersama) program Bela Negara. Salah satunya dengan mengganti program Ospek atau perpeloncoan di kampus menjadi pekan Bela Negara selama 5 hari.
Selama ini ada anggapan, bahwa bela Negara itu selalu dikaitkan dengan kegiatan kemiliteran, sehingga seolah-olah kewajiban untuk bisa mempertahankan negara dan membela negara hanya ada pada Tentara Nasional Indonesia saja. Padahal faktanya jika kita melihat pada pasal 30 UUD 1945 sudah sangat jelas bahwa melakukan bela negara adalah hal dan kewajiban setiap warga negara Republik Indonesia.
Nah, dengan adanya payung hukum pelaksanaan Aksi Nasional Bela Negara itu, tentunya peringatan Hari Bela Negara harus dihayati. Termasuk, sejarah penetapan Hari Bela Negara tanggal 19 Desember 1948. Nah, inilah kronologi penting mengenai waktu penetapan Hari Bela Negara.MarilahkitaucapkanSelamatHariBela Negara ke-70 tanggal 19 Desember 1948-19 Desember 2018. (yousri)


COMMENTS

ADVERTORIAL,60,Bali,170,Berita Utama,105,Gresik,135,KORIDOR INSPIRASI HOBI,3,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,64,Nasional,106,Olahraga,10,Regional,279,Tajuk,11,Tanah Bumbu,96,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: JokowiTerbitkanInpres No.8/2018 UntukAksiNasionalBela Negara
JokowiTerbitkanInpres No.8/2018 UntukAksiNasionalBela Negara
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/12/jokowiterbitkaninpres-no82018.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/12/jokowiterbitkaninpres-no82018.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy