Rekanan Curiga Dana Proyek Macet Karena Pemkab Banyuwangi Bangkrut

BANYUWANGI, Koran DOR – KELUHAN bertubi-tubi dari sejumlah rekanan terkait dengan lambatnya pencairan proyek APBD terkesan sangat ber...



BANYUWANGI, Koran DOR – KELUHAN bertubi-tubi dari sejumlah rekanan terkait dengan lambatnya pencairan proyek APBD terkesan sangat berbanding terbalik dengan kondisi Pemerintah Banyuwangi yang justru menggapai prestasi perencanaan terbaik berikut cukup banyak perhelatan even bergengsi di Banyuwangi.
Saat dikonfirmasi Koran DOR, Supriyadi, salah satu rekanan di Banyuwangi, mengakui dan mengeluhkan proses pencairan proyek belakangan ini sangat lambat dan tidak berjalan sebagaimana biasa.
“Lazimnya saat berkas pencairan masuk ke Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) prosesnya tak sampai seminggu sudah cair. Sangat beda dengan sekarang hingga berminggu-minggu tak jelas kapan akan cair. Namun rekanan tertentu yang punya jaringan khusus dengan pejabat bisa cepat cair,” tutur dia.
Lebih lanjut Supriyadi menyebut permodalan dalam mengerjakan proyek didapat dari pinjaman Bank. "Kita mengerjakan proyek dengan modal pinjam bank dan baru dibayar jika sudah cair. Kalau terus ditunda-tunda maka kita akan terus bayar bunga. Nah, kalau memang tidak ada dana atau Pemkab Banyuwangi sedang deficit anggaran, lebih baik jangan memaksakan bangun proyek,” kilahnya.
Dia mempertanyakan ada apa dengan Banyuwangi saat ini dibalik banyak penghargaan yang diterima Pemkab Banyuwangi tapi proses mencairkan dana proyek sangat lambat dan susah. Kalau memang tidak ada anggaran mengapa harus meluncurkan proyek. “Apakah Pemkab Banyuwangi sudah benar-benar bangkrut?,” tanya dia seraya mengaku malu sebagai rakyat Banyuwangi melihat kondisi itu.
Masih menurut Supriyadi, kejadian ini bukan hanya dialami dia sendiri melainkan hampir semua rekanan. Terkait hal itu, Kepala BKPAD Banyuwangi, Samsudin, saat dikonfirmasi Koran DOR via pesan Whatsapp memastikan bahwa semua itu pasti akan dibayar dan aat ini masih dalam proses pemilahan mana yang akan direalisasikan lebih dulu. “Pasti dibayar. Sekarang masih dipilah-pilah mana yang didahulukan. Lagi pula, rekanan siapa yang sampai komplain?,” sebut dia.
Lebih lanjut Samsudin menegaskan pada rekanan jangan kawatir pasti akan dibayar. "Masih dalam proses. Nanti kalau legal formal sudah fix baru kita disclose. Yang penting semua harus berjalan normative," tandas mantan BPK yang kini menjabat Kepala BPKAD itu.
Sementara Sekretaris BPKAD Banyuwangi, Cahyanto Hendri Wahyudi menambahkan kondisi ini boleh jadi karena Pendapatan Asli Daerah (PAD) Banyuwangi sejauh ini masih mencapai 60 persen sehingga cost belanja tidak sesuai yang diharapkan.
Ditambahkan, jika hingga akhir Desember ini ada yang belum terbayar sebagai akibat PAD tidak mencukupi maka pihaknya akan membayar hingga minggu pertama bulan Januari 2019 dengan menggunakan sumber dana lain. “Jika belum tuntas, pimpinan sudah menyiapkan solusi yaitu dibayar dan dituntaskan minggu pertama Januari mendatang.”
Namun Cahyanto enggan menjelaskan asal-usul sumber dana lain dimaksud. Dia hanya menyebut proses pinjaman tersebut sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 tahun 2011 tentang pinjaman daerah. “Jadi meski pun sudah melewati tahun anggaran masih bisa dibayar tahun depan.”
Di tempat terpisah Sekdin PU Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang Banyuwangi Komang Sudira membantah ada pengajuan list yang diutamakan pencairannya. Beberapa SKPD yang lain saat dikonfirmasi juga menyebut hal senada terkait terkait list dimaksud. (ris/dod/red/tom)


COMMENTS

ADVERTORIAL,45,Bali,140,Berita Utama,78,Gresik,109,KORIDOR INSPIRASI HOBI,3,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,55,Nasional,78,Olahraga,10,Regional,230,Tajuk,7,Tanah Bumbu,69,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Rekanan Curiga Dana Proyek Macet Karena Pemkab Banyuwangi Bangkrut
Rekanan Curiga Dana Proyek Macet Karena Pemkab Banyuwangi Bangkrut
https://2.bp.blogspot.com/-b3yc3nICUhQ/XBYbnKfG7II/AAAAAAAATfM/68gU4xpdvZQGlgDHQcJrFqbu_2FkH9uvgCLcBGAs/s320/bwi%2Bkantor%2BBPKAD%2BBanyuwangi.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-b3yc3nICUhQ/XBYbnKfG7II/AAAAAAAATfM/68gU4xpdvZQGlgDHQcJrFqbu_2FkH9uvgCLcBGAs/s72-c/bwi%2Bkantor%2BBPKAD%2BBanyuwangi.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/12/rekanan-curiga-dana-proyek-macet-karena.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/12/rekanan-curiga-dana-proyek-macet-karena.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy