Rencana Musdalub Golkar, Bali Diterpa Rumor Rp 1,5 Miliar per DPD Tk II

DENPASAR, Korandor.com - GOLKAR Bali terus meradang paska lengsernya Sudikerta di tampuk pimpinan DPD I Partai Golkar Bali. Mengigat t...



DENPASAR, Korandor.com - GOLKAR Bali terus meradang paska lengsernya Sudikerta di tampuk pimpinan DPD I Partai Golkar Bali. Mengigat tahun depan pemilihan calon legislatif dan pilpres, maka Golkar Bali perlu seorang pemimpin yang definitif, agar mampu menggerakkan mesin partai dalam menghadapi pemilihan presiden dan wakil presiden.
Beberapa kader Kader Golkar yang merasa pantas menduduki tampuk pimpinan Ketua DPD I Partai Golkar menggeliat, jika nanti Musdalub Partai Golkar Bali digelar, maka kandidat yang pantas menduduki kursi ketua, ada tiga nama besar yang mempunyai kans.
Mereka yakniI Gede Sumarjaya Linggih alias Demer, Wayan Geredeg dan AA Bagus Adhi Mahendra alias Gus Adhi. Nama Gus Adhi disebut-sebut sebagai kuda hitam, yang dianggap sudah mampu merangkul para pemegang hak suara di DPD II Kabupaten Kota minus DPD II Golkar Gianyar.
Sementara itu dari sumber internal Golkar, gerakkan Musdalub sengaja dikemas untuk menggalang simpati terhadap Sudikerta. Kenyataannya, Sudikerta sendiri tidak punya keinginan diselenggarakan musdalub itu. Lalu siapa sebenarnya yang menggalang musdalub itu? Informasi diterima Koran DOR, bila musdalub berhasil digelar, ada kandidat yang menjanjikan Rp 1,5 miliar untuk masing-masing DPD II Golkar di tiap kabupaten. Itu sebabnya di Bali ada 9 DPD II Golkar, tetapi hanya DPD II Gianyar yang tidak setuju adanya musdalub itu.
Dari tiga nama besar seperti DPP Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Bali yang juga Anggota DPR RI Gede Sumarjaya Linggih alias Demer, anggota Departemen Pemenangan Pemilu Bali yang juga anggota DPR RI A.A. Bagus Adhi Mahendra (anak dari IGK Adhi Putra) dan politisi gaek Golkar Wayan Geredeg. Namun kabar yang berkembang, mayoritas dukungan mengarah ke Gus Adhi Mahendra, khususnya dari pemegang hak suara DPD II Golkar. “Gus Adhi bisa jadi kuda hitam, punya kans kuat memegang suara Ketua DPD II”.
Rumor dan janji untuk DPD II yang setuju musdalub diberikan Rp 1,5 miliar itu memang ada,” kata Sugawa Korry. Lanjut Sugawa, izin DPP Golkar akan sulit turun karena partai sedang fokus untuk Pemilu. Selain itu, Musdalub memang diamanatkan oleh DPP dalam SK Plt yang menujuk Sumarajaya Linggih.
Namun dalam posisi, ketika kasus Sudikerta sudah berkekuatan hukum tetap. “DPP sudah mengantisipasi, jika nanti Sudikerta bisa SP3, atau lainnya, kan bisa kembali menjadi Ketua DPD. Kalau Musdalub dipercepat, nanti menutup kesempatan Pak Sudikerta jadi Ketua DPD,” kata politisi yang duduk di Wakil Ketua DPRD Bali ini.
Sedangkan penggagas Musdalub sebenarnya datang dari Ketua DPD II Golkar Bangli. Wayan Gunawan mengatakan, sampai saat ini hanya Gianyar yang belum sepakat untuk Musdalub. Gunawan mengatakan dari 9 kabupaten/kota pemegang hak suara untuk mengajukan Musdalub, 8 Ketua DPD II Golkar kabupaten/kota sudah sepakat untuk Musdalub.
Gunawan menuturkan, dua pertiga dari Ketua DPD II, untuk bisa mengusulkan Musdalub. Saat ini sudah 8 Ketua DPD II/Kabupaten Kota kecuali Gianyar (Dauh Wijana) yang tidak mengusulkan Musdalub.
Ketua Fraksi Golkar DPRD Bali ini mengatakan, sudah sempat menyampaikan ke DPP untuk desakan Musdalub. Kemudian akan dikirim surat resmi, Selasa (11/12) ke DPP dari 8 DPD II, yaitu Bangli, Klungkung, Karangasem, Badung, Denpasar, Tabanan, Jembrana dan Buleleng untuk mengusulkan Musdalub.
Dikatakan, tujuan dari Musdalub untuk memberikan ruang Ketut Sudikerta menyampaikan laporan pertanggungjawaban. “Mesti diberikan kesempatan untuk pak Sudikerta menjelaskan dan melaporkan pertangungjawaban. Dan Musdalub untuk segera ada ketua definitif, untuk kepentingan partai juga. SK plt poin empat juga menyatakan, Plt segera memproses Musdalub, demikian Gunawan.
Berikut salah satunya yang mempunyai kans kuat adalah Gus Adhi yang dianggap punya dukungan dari DPD II, karena musdalub adalah forum tepat untuk menyaring dan mendapatkan Ketua DPD Golkar. Alasan lain yang ia kemukakan segera menggelar musdalub sehingga semua kader berpeluang, bila perlu muncul kandidat sebanyak banyaknya, bukan hanya Gus Adhi.
Gunawan juga mengatakan, harapan dari 8 Ketua DPD II Golkar/Kabupaten Kota dari 9 Ketua DPD II,  minus Gianyar. Sedangkan menurut Ketua DPD II Golkar Gianyar I Made Dauh Wijana mengatakan, pihaknya tidak sependapat dilakukan Musdalub (Musyawarah Daerah Luar Biasa), bukan lantaran tidak mau ikut dengan gerbong DPD II Golkar lainnya, yang mengharapkan Musdalub.
Baginya ada beberapa landasan berpikir dari pihaknya, untuk tidak dulu melakukan Musdalub.“ Dengan tegas ia mengatakan, punya landasan berpikir, yang bagi kami di DPD II Golkar Gianyar untuk tidak mengusulkan Musdalub. Landasan ini kami yakini benar, untuk tetap mendukung Plt (Pelaksana Tugas) yang memimpin DPD I Golkar Bali, untuk sementara,” jelas politisi yang saat ini duduk di Komisi IV DPRD Bali ini.
Landasan berpikir dirinya yang pertama karena simpati dengan Ketut Sudikerta sebagai Ketua DPD Golkar Bali yang sudah dinonaktifkan. Karena jika sampai Musdalub, dan ternyata Sudikerta dinyatakan secara resmi atau berkekuatan hukum tetap tidak bersalah, secara otomatis Plt dicabut dan Sudikerta kembali dijadikan sebagai Ketua DPD Golkar Bali. “Itu antisipasi dari Plt, ketika nanti Sudikerta tidak salah, apakah SP3, apakah pra peradilan atau putusan yang berkekuatan hukum tetap tidak salah, otomatis nanti dikembalikan jadi pemimpin Golkar Bali,” ujar politisi yang dikenal punya banyak joke joke lucu ini.
Dirinya melanjutkan, jika memang sudah Musdalub secara otomatis tidak bisa lagi mengangkat Sudikerta menjadi Ketua DPD I Golkar Bali. Karena hasil Musdalub, sudah dinyatakan sebagai Ketua difinitif,“.
kalau memang dalam posisi simpati dengan Pak Sudikerta, Plt yang jauh lebih aman. Ketika nanti Pak Sudikerta tidak bersalah, bisa nanti dijadikan Ketua lagi,” ujar Wijana. (dvd).



COMMENTS

ADVERTORIAL,80,Bali,212,Berita Utama,144,Gresik,180,KORIDOR INSPIRASI HOBI,3,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,78,Nasional,152,Olahraga,10,Regional,344,Tajuk,17,Tanah Bumbu,132,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Rencana Musdalub Golkar, Bali Diterpa Rumor Rp 1,5 Miliar per DPD Tk II
Rencana Musdalub Golkar, Bali Diterpa Rumor Rp 1,5 Miliar per DPD Tk II
https://1.bp.blogspot.com/-h0UQD06hV2Q/XBYVnKIXfiI/AAAAAAAATdI/6YHuxtGes7kjz4Zj3XXPQWMkNpuyFbYjACLcBGAs/s320/bali%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-h0UQD06hV2Q/XBYVnKIXfiI/AAAAAAAATdI/6YHuxtGes7kjz4Zj3XXPQWMkNpuyFbYjACLcBGAs/s72-c/bali%2B1.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2018/12/rencana-musdalub-golkar-bali-diterpa.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2018/12/rencana-musdalub-golkar-bali-diterpa.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy