Dewan Badung Kritisi Pembangunan Sungai Buatan Lingkar Puspem Badung

BADUNG, Korandor.com - PROYEK sungai yang dirancang melingkari puspem Badung diminta supaya dikaji ulang, karena sungai yang diranc...




BADUNG, Korandor.com - PROYEK sungai yang dirancang melingkari puspem Badung diminta supaya dikaji ulang, karena sungai yang dirancang PUPR Badung itu menyebabkan banjir dan airnya menggenangi dihalaman gedung DPRD Badung. Pernyataan itu dilontarkan Ketua DPRD Badung, Dr I Putu Parwata, Senin (7/1) terkait genangan air sungai  yang dirancang PUPR, tidak mampu menampung curah hujan yang begitu besar.

Proyek yang dikerjakan PT Sanur Jaya ini belum rampung, air sungai sudah meluap saat diguyur hujan. Akibatnya ruas jalan dan taman di alur sungai buatan itu terendam banjir. Sepertinya sudah menjadi langganan bila hujan turun, jalan menuju gedung Dewan kebanjiran. Ia pun meminta instansi terkait dalam hal ini Dinas PUPR Badung mengkaji ulang pelaksanaan proyek sungai yang dirancang melingkari Puspem Badung tersebut.

“Pihak Dewan memberikan apresiasi pembangunan sungai buatan itu, tapi kajian dan pelaksanaanya harus baik. Kami tidak ingin pembangunan sungai itu memunculkan masalah baru, seperti halnya kebanjiran, ujar politisi asal Dalung ini. Ia pun meminta kepada PUPR Badung melakukan pembenahan. Sebab, kata dia, air sungai yang mengalir ke Subak Kwanji tersebut terkadang tidak stabil apalagi saat musim hujan.

“Dulu itu kan saluran irigasi Subak Kwanji yang debit airnya bisa naik bisa turun. Kita harapkan proyek alur sungai ini (ring river) tidak menjadi bencana karena kajian yang salah. Harus segera ada pembenahan,” kata Parwata.

Kepala Dinas PUPR Badung Ir Ida Bagus Surya Suamba yang dikonfirmasi terpisah justru membantah proyek ring river di kawasan Puspem salah konstruksi. Menurut dia air di sungai buatan itu sempat meluap karena proses uji coba. “Melalui  proses uji coba ini, pihaknya menyebut akan ada beberapa perbaikan. "Itu uji coba. Setelah hasil uji coba ini memang ada beberapa penyempurnaan-penyempurnaan terkait dengan alur air. Dan tadi pagi sudah kita evaluasi, ujarnya.

Selain itu rekanan pun, kata Surya, sudah menyatakan kesiapannya untuk melakukan penyempurnaan. “Sudah disepakati untuk diperbaiki. Tadi sudah dikeringkan lagi. Untuk elevasinya (ketinggian/debit air masuk, red) akan disempurnakan lagi. Memang harus berkali-kali diuji coba. Proyek ini sendiri dipastikan akan tuntas pada 15 Januari ini.

Surya mengaku masih memberikan kelonggaran waktu lantaran sistem pembayaran proyek ini juga belum lunas. “Untuk waktu (penyelesaian proyek, red) sudah sesuai ketentuan. Karena kita tidak bisa membayar, makanya kita kasi perpanjangan 15 hari. Yang jelas rekanan tidak dikenakan pinalti.

Sebagaimana kita ketahui, untuk mempercantik kawasan Puspem, Pemkab Badung tengah membangun ring river atau semacam sungai buatan yang mengelilingi kompleks perkantoran.  Dalam tahap pertama ini akan dibangun sungai sepanjang 325 meter, yang dimulai dari sebelah barat Kantor Bappeda ke selatan hingga Kantor Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga.

Proyek ring river yang dikerjakan PT Sanur Jaya, juga termasuk penanaman pohon-pohon besar dan penambahan lampu-lampu taman. Proyek senilai Rp 5,4 miliar lebih ini merupakan ide langsung dari Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta. Sungai yang dibangun rata-rata selebar 2 meter dengan kedalaman 1 meter. Permukaan air akan dibiarkan tinggi rata dengan dinding. Sumber air berasal dari aliran subak yang kemudian masuk ke Puspem dan selanjutkan keluar kembali menuju saluran irigasi subak. Dibeberapa titik akan dibuatkan penyaringan dan bak pengendapan lumpur, sehingga air yang mengalir akan tetap jernih. (dvd)

COMMENTS

ADVERTORIAL,45,Bali,140,Berita Utama,78,Gresik,109,KORIDOR INSPIRASI HOBI,3,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,55,Nasional,78,Olahraga,10,Regional,230,Tajuk,7,Tanah Bumbu,69,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Dewan Badung Kritisi Pembangunan Sungai Buatan Lingkar Puspem Badung
Dewan Badung Kritisi Pembangunan Sungai Buatan Lingkar Puspem Badung
https://3.bp.blogspot.com/-D1a_mkfXt34/XDs9TLb0wUI/AAAAAAAATjI/uFAk3iigabk4P8e1btwuG89hL_3hg9plACLcBGAs/s320/bali%2B2.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-D1a_mkfXt34/XDs9TLb0wUI/AAAAAAAATjI/uFAk3iigabk4P8e1btwuG89hL_3hg9plACLcBGAs/s72-c/bali%2B2.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/01/dewan-badung-kritisi-pembangunan-sungai.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/01/dewan-badung-kritisi-pembangunan-sungai.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy