Didominasi Anak-anak, Pol PP Denpasar Sulit Lakukan Penindakan Terhadap Pengasong

DENPASAR, Korandor.com - BELAKANGAN ini, pedagang asongan atau PKL kembali marak diperbincangkan, khususnya di Kota Denpasar. Hal i...




DENPASAR, Korandor.com - BELAKANGAN ini, pedagang asongan atau PKL kembali marak diperbincangkan, khususnya di Kota Denpasar. Hal ini lantaran para pedagang tersebut kini justru didominasi oleh anak-anak yang masih usia sekolah dan berstatus sebagai siswa. Bahkan pembahasaan akan hal tersebut menjadi viral di linimasa media sosoal.
Kasatpol PP Kota Denpasar, I Dewa Gede Anom Sayoga saat dikonfirmasi, Kamis (17/1) menjelaskan, pihaknya mengakui masih adanya pedagang asongan yang melibatkan anak-anak dengan menyasar pusat keramaian dan traffic light di Kota Denpasar. Kendati demikian, SatpoL PP sendiri telah rutin melaksanakan penertiban, hingga kini telah terdata sedikitnya 15 anak pengasong yang sebagian besar menjual tisu dan aksesoris ini telah ditertibkan, yang didominasi siswa Sekolah Dasar.
“Itu sudah sering kami tertibkan, namun yang kami khawatirkan saat penertiban karena aktivitasnya lebih banyak di jalan raya adalah keselamatan anak-anak, yang begitu melihat petugas langsung lari tanpa melihat kanan-kiri,” jelas Dewa Sayoga.
Lebih lanjut dikatakan, keberadaan anak-anak pengasong ini tentu akan menyisakan persoalan dan sangat berpotensi mengganggu ketertiban umum serta gangguan sosial di masyarakat. Karenanya aksi penertiban ini rutin dilaksanakan dan yang terjaring sebagian besar merupakan wajah-wajah lama yang sudah pernah ditertibkan sebelumnya.
“Yang kami tertibkan anaknya itu-itu saja, bahkan ada beberapa yang sudah menjadi langganan penertiban,” kata Dewa Sayoga.
Pihaknya mengatakan telah melakukan pembinaan mental dengan berkordinasi dengan Dinas Sosial, Disdikpora, Yayasan Lentera Anak Bangsa yang disertai dengan pemanggilan orang tua yang bersangkutan.
“Terhadap pelanggaran ini tentu tidak bisa dilanjutkan ke Sidang Tipiring walaupun perbuatan mengasong telah diatur dalam Perda No 1 Tahun 2015 tentang ketertiban umum di Kota Denpasar, hal ini lantaran anak-anak masih tergolong dibawah umur,” jelasnya.
Menurut Dewa Sayoga, selanjutnya anak-anak tersebut dikembalikan kepada orangtua yang bersangkutan. Namun demikian masih banyak orangtua yang mengelak dan mencari pembenaran bahwa mengasong ini adalah salah satu alasan mancari penghasilan tambahan untuk bersekolah.
“Kami merasa sia-sia melakukan penertiban karena setelah dikembalikan justru dari pihak keluarga mendorong dan mengijinkan untuk mengasong dengan dalih menambah biaya sekolah,” ujarnya.
Dewa Sayoga juga menekankan, Satpol PP Denpasar akan terus memantau pergerakan anak-anak pengasong itu dan sedianya akan menindak tegas jika ada pihak yang kedapatan secara sengaja mengkoordinir anak-anak tersebut untuk mengasong.
Pihaknya juga turut menghimbau kepada orang tua serta wali kelas untuk ikut memantau dan memberikan pemahaman agar anak-anak tidak lagi mengambil kegiatan mengasong di jalan atau pusat keramaian kota.
“Kami menghimbau kepada orang tua agar lebih memahami dan mengawasi anak-anak, agar tidak mengasong lagi,” jelasnya. (gin)

COMMENTS

ADVERTORIAL,50,Bali,150,Berita Utama,85,Gresik,116,KORIDOR INSPIRASI HOBI,3,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,58,Nasional,88,Olahraga,10,Regional,242,Tajuk,7,Tanah Bumbu,79,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Didominasi Anak-anak, Pol PP Denpasar Sulit Lakukan Penindakan Terhadap Pengasong
Didominasi Anak-anak, Pol PP Denpasar Sulit Lakukan Penindakan Terhadap Pengasong
https://1.bp.blogspot.com/-MDxnsotrHVg/XEVd0ADYgYI/AAAAAAAAToI/YMAgByl3MuYDomfQMjimXDri9KA_e1btwCLcBGAs/s320/bali%2Bpedagang%2Basongan.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-MDxnsotrHVg/XEVd0ADYgYI/AAAAAAAAToI/YMAgByl3MuYDomfQMjimXDri9KA_e1btwCLcBGAs/s72-c/bali%2Bpedagang%2Basongan.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/01/didominasi-anak-anak-pol-pp-denpasar.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/01/didominasi-anak-anak-pol-pp-denpasar.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy