Bupati Lumajang: Jalan Khusus Truk Pasir Harus Tanggungjawab Pengelola Tambang

LUMAJANG, Korandor.com – PERKEMBANGAN pekerjaan jalan khusus truk tambang pasir yang sudah disepakati menjadi tanggung jawab pemili...




LUMAJANG, Korandor.com – PERKEMBANGAN pekerjaan jalan khusus truk tambang pasir yang sudah disepakati menjadi tanggung jawab pemilik izin tambang, hingga kini belum juga menemukan titik terang. Sebelumnya, truk pasir harus melewati Jalan Uranggantung Desa Jarit, Kecamatan Candipuro namun kini jalan tersebut ditutup untuk lalu lintas truk pasir.

Bupati Lumajang H Thoriqul Haq MML terkait hal itu menyatakan pada awak media, Rabu (20/2), kebijakan Pemerintah Kabupaten Lumajang adalah bahwa usaha pertambangan pasir harus memiliki jalan khusus tersendiri dan itu sudah final. Lalu lintas angkutan truk tidak bolehmelewati permukiman padat penduduk atau perkampungan padat penduduk karena sangat merugikan masyarakat sekitar.

“Sejak pemerintah mengumpulkan pemilik izin tambang beserta masyarakat di sekitaran akses jalan, kemudian masyarakat yang berkaitan dengan pekerja tambang pasir termasuk armada tambang pasir, semua juga punya pemahaman yang sama. Jadi kalau ada langkah – langkah diluar itu saya akan evaluasi. Kebijakan adalah truk pasir yang mengangkut tambang pasir harus melewati jalan khusus dan beban untuk pekerjaan jalan khusus tambang pasir sudah disepakati ditanggung oleh para pemilik izin tambang,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, Supaya jalan khusus tambang pasir cepat dikerjakan dan cepat terselesaikan, mutlak perlu ada jalan yang bisa dilalui oleh truk-truk tambang pasir. “Mereka harus cepat melaksanakan pekerjaan itu. Jangan problem itu di berikan kepada masyarakat sebab kalau beban persoalan itu diberikan kepada masyatakat justru imasyarakat yang dirugikan karena lingkungan mereka terganggu,” kilah Bupati lagi.

“Kebijakan saya, bahwa jalan yang sekian waktu menjadi akses ekonomi masyarakat adalah bukan jalan untuk truk tambang pasir, begitu masyarakat punya keinginan yang sama dengan harapan pemerintah, ya itu sebagai bagian dari kebijakan kami supaya responsif terhadap keinginan masyarakat,” tambah Bupati.

Bupati dalam hal ini juga menyampaikan bahwa dari evaluasi yang dilakukan pihaknya telah menemukan pemilik izin tambang yang tidak kooperatif terkait komitmennya untuk segera menyelesaikan jalan khusus angkutan tambang pasir. “Dari sekian waktu evaluasi yang kami lakukan, ada pemilik izin tambang yang tidak kooperatif dengan kesepakatan bahwa mereka berkewajiban untuk membuat jalan tambang baru yang khusus untuk pengangkut pasir.”.

Bupati Thoriqul Haq menyatakan akan memberi toleransi untuk secepatnya para pemilik izin tambang menyelesaikan pekerjaan pembangunan jalan khusus truk pasir. Namun ketika toleransi ini di abaikan dan tidak mendapatkan respon yang positif maka pihaknya akan membuat surat pencabutan rekomendasi kepada gubernur agar izinnya dicabut. Terkesan sejauh ini hanya satu yang tidak kooperatif yakni pemilik izin tambang LJS.

Bupati mengaku pihaknya sudah bertemu langsung degan pengelola atau penanggung jawab pembuatan jalan khusus truk pasir dan berdiskusi terkait diberikannya toleransi batas waktu untuk kapan rampungnya selesai pekerjaan itu. “Begitu sesuai dengan komitmen itu, ya kita akan memberikan apresiasi supaya segera di jadikan jalan khusus untuk truk tambang pasir, begitu dia tidak komitmen ya saya akan melakukan kebijakan untuk mencabut rekomendasi pemerintah kabupaten lumajang atas izin yang di keluarkan oleh pemerintah propinsi.”

Harusnya, kata Bupati, jalan khusus tambang pasir sudah selesai dikerjakan. Begitu sudah selesai truk tambang pasir tidak lagi melewat perkampungan dan berarti  tidak lagi lewat jalan jarit. (woko/red/tom)
                                                                                                                                      

COMMENTS

ADVERTORIAL,60,Bali,170,Berita Utama,105,Gresik,135,KORIDOR INSPIRASI HOBI,3,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,64,Nasional,106,Olahraga,10,Regional,279,Tajuk,11,Tanah Bumbu,96,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Bupati Lumajang: Jalan Khusus Truk Pasir Harus Tanggungjawab Pengelola Tambang
Bupati Lumajang: Jalan Khusus Truk Pasir Harus Tanggungjawab Pengelola Tambang
https://3.bp.blogspot.com/-pPST3-QoHBc/XHKX1ctociI/AAAAAAAAUCo/1Vf6IEKlVP898uqu0sI9sumDdJGLR36rQCLcBGAs/s320/lmj%2Bft%2Bbrt%2Bjalam%2Bkhusus%2Btruk%2Bpasir.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-pPST3-QoHBc/XHKX1ctociI/AAAAAAAAUCo/1Vf6IEKlVP898uqu0sI9sumDdJGLR36rQCLcBGAs/s72-c/lmj%2Bft%2Bbrt%2Bjalam%2Bkhusus%2Btruk%2Bpasir.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/02/bupati-lumajang-jalan-khusus-truk-pasir.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/02/bupati-lumajang-jalan-khusus-truk-pasir.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy