Kurangi Kebiasaan Buang Kotoran ke Sungai

KEPRI, Korandor.com – FAKTOR lingkungan mempunyai peranan sangat besar dalam proses timbulnya gangguan kesehatan baik secara ind...





KEPRI, Korandor.com – FAKTOR lingkungan mempunyai peranan sangat besar dalam proses timbulnya gangguan kesehatan baik secara individu maupun masyarakat umum. Masalah kesehatan lingkungan yang timbul terutama disebabkan oleh lingkungan yang kurang atau tidak memenuhi syarat kesehatan dan belum terpenuhinya kebutuhan sanitasi dasar seperti penyediaan air bersih, pembuangan sampah, sarana pembuangan air limbah dan pembuangan tinja.

Upaya pembinaan kesehatan lingkungan pada prinsipnya dimaksudkan untuk memperkecil atau meniadakan faktor resiko terjadinya penyakit atau gangguan kesehatan akibat dari lingkungan yang kurang sehat.

STBM adalah suatu pendekatan partisipatif yang mengajak masyarakat untuk menganalisa kondisi sanitasi mereka melalui suatu proses pemicuan, sehingga masyarakat dapat berpikir dan mengambil tindakan untuk meninggalkan kebiasaan buang air besar mereka yang masih di tempat terbuka dan sembarang tempat. Untuk itu diperlukan sarana kesehatan yang baik seperti Jamban Komunal.

Jamban Komunal didefinisikan sebagai suatu bangunan yang dipergunakan untuk membuang tinja/kotoran manusia bagi keluarga, lazimnya disebut kakus. Penyediaan sarana pembuangan kotoran manusia atau tinja (kakus/jamban) adalah bagian dari usaha sanitasi yang cukup penting peranannya, khususnya dalam usaha pencegahan penularan penyakit saluran pencernaan. Ditinjau dari sudut kesehatan lingkungan, maka pembuangan kotoran yang tidak saniter akan dapat mencemari lingkungan terutama dalam mencemari tanah dan sumber air.

Fasilitas sanitasi yang layak seperti Jamban Sehat merupakan fasilitas sanitasi yang memenuhi syarat kesehatan antara lain dilengkapi dengan leher angsa, tanki septik/Sistem Pengolahan Air Limbah (SPAL), yang digunakan sendiri atau bersama.

Permasalahan yang dihadapi di Provinsi Kepulauan Riau  adalah sebagian besar wilayah di kepulauan Riau merupakan wilayah yang terdiri dari lautan yaitu sebesar 417.013 m2 (97,52%), sehingga banyak penduduk yang tinggal di daerah pesisir yang tidak memiliki fasilitas sanitasi yang layak. Beberapa Masyarakat di pesisir mayoritas menggunakan jamban plengsengan dan cemplung yang tidak memiliki septik tank dan dapat mencemari sumber air.

Apabila Fenomena masyarakat yang BAB sembarangan terus terjadi maka wilayah tersebut terancam munculnya beberapa penyakit menular yang berbasis lingkungan diantaranya adalah penyakit cacingan, kolera (muntaber), diare, tipus, disentri, paratypus, polio, hepatitis B dan masih banyak lagi penyakit lain.

Selain itu dapat menimbulkan pencemaran lingkungan pada sumber air dan bau busuk serta estetika. Semakin besar persentase yang BAB sembarangan maka ancaman penyakit itu semakin tinggi intensitasnya.

Keadaan ini sama halnya dengan fenomena bom waktu, yang bisa terjadi ledakan penyakit pada suatu waktu cepat atau lambat. Sebaiknya semua orang BAB di jamban yang memenuhi syarat, Dengan demikian wilayahnya terbebas dari ancaman penyakit-penyakit tersebut. Dengan BAB di jamban banyak penyakit berbasis lingkungan yang dapat dicegah, tentunya jamban yang memenuhi syarat-syarat kesehatan.

Secara garis besar, dalam meningkatkan kesehatan lingkungan tidak cukup mengandalkan Pemerintah saja, tetapi perlu adanya partisipasi masyarakat luas. Salah satu program berbasis lingkungan yang sedang digalakkan oleh Pemerintah adalah Program Jamban Komunal. (hl/is/red/tom)

COMMENTS

ADVERTORIAL,97,Bali,238,Berita Utama,163,Gresik,203,KORIDOR INSPIRASI HOBI,3,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,92,Nasional,169,Olahraga,10,Regional,391,Tajuk,21,Tanah Bumbu,156,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Kurangi Kebiasaan Buang Kotoran ke Sungai
Kurangi Kebiasaan Buang Kotoran ke Sungai
https://1.bp.blogspot.com/-t7v33aqRB5E/XGJfhrSeIKI/AAAAAAAAT34/CDUek15jxsoIxu1R2NBSR8MCUWcJ7PYRgCLcBGAs/s320/riau%2BKurangi%2BKebiasaan%2BBAB%2BKe%2BSungai%2BDengan%2BProgram%2BJamban%2BKomunal%2Bdi%2BDaerah%2BPesisir.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-t7v33aqRB5E/XGJfhrSeIKI/AAAAAAAAT34/CDUek15jxsoIxu1R2NBSR8MCUWcJ7PYRgCLcBGAs/s72-c/riau%2BKurangi%2BKebiasaan%2BBAB%2BKe%2BSungai%2BDengan%2BProgram%2BJamban%2BKomunal%2Bdi%2BDaerah%2BPesisir.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/02/kurangi-kebiasaan-buang-kotoran-ke.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/02/kurangi-kebiasaan-buang-kotoran-ke.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy