Cari Solusi Masalah Sampah, Bupati Mahayastra Tinjau TPA Temesi

GIANYAR, Korandor.com - KAPASITAS Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Temesi yang sudah  overload  mendapat pehatian serius Bupati Gianyar...



GIANYAR, Korandor.com - KAPASITAS Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Temesi yang sudah overload mendapat pehatian serius Bupati Gianyar, I Made Mahayastra. Orang nomor satu di Gianyar ini terjun langsung ke lokasi didamping Kepala Dinas Lingkungan Hidup, I Wayan Kujus Pawitra, untuk meninjau serta mencari solusi terkait penanganan sampah di Kabupaten Gianyar, Senin, (25/2).
Selain meninjau kondisi tumpukan sampah yang ada di TPA Temesi, Bupati Mahayastra juga meninjau lahan yang direncanakan untuk disewa sebagai solusi jangka pendek untuk penangangan sampah.
“Saya ingin tahu detail tentang TPA Temesi. Dari dulu memang sudah kita kerjakan dengan profesional, kerjasama dengan pemerintah, swasta dengan masyarakat. Namun faktanya, dari luas 4 hektar 40 are, kita sudah mengalami overload,” kata Bupati Mahayastra.
Dari 4 hektar, 40 are tersebut, 1 hektar merupakan lahan untuk sanitary landfill (sistem pengolahan/ pemusnahan sampah dengan cara membuang dan menumpuk sampah di lokasi cekung, memadatkannya, dan kemudian menimbunnya dengan tanah) sudah tidak bisa terlaksana lagi melihat volume sampah yang masuk ke TPA Temesi sekarang ini. Dimana sisa dari keseluruhan lahan dimanfaatkan untuk perkantoran, Yayasan Pengelola Sampah Temesi, gudang serta saluran pengolahan.
“Saya kesini mencari solusi. Seperti apa kondisi sampah, ternyata sudah menggunung, setinggi 5 sampai 6 meter. Dan sanitary landfill yang sudah berjalan tidak bisa terlaksana lagi melihat situsi seperti ini. Sehingga saya mencari solusi, bagaimana penanganan selanjutnya,” imbuh Bupati Mahayastra.
Dikatakan, untuk solusi jangka pendek, Pemkab Gianyar akan melakukan sewa lahan sehingga masyarakat yang membuang sampah secara sukarela, baik pihak swasta maupun desa dapat ditampung di TPA Temesi. Selain itu, Mahayastra juga juga memerintahkan untuk petugas alat berat sebanyak 6 orang untuk kerja lembur, melakukan penataan sampah yang menumpuk di sebelah barat untuk dipindahkan ke sebelah timur, sehingga akses lebih terbuka dalam waktu tiga bulan ini. Bahkan, Bupati Mahayastra tak ragu-ragu merogoh kocek pribadi untuk memberikan dana tambahan lembur kepada petugas alat berat di TPA Temesi.
“Saya pastikan kepada masyarakat, selama tiga bulan ini saya pastikan TPA Temesi siap menerima sampah. Jadi tidak benar, dalam kurun waktu tanggal 1 ini masyarakat yang membuang sampah secara sukarela, baik dari swasta maupun desa itu tidak bisa masuk ke temesi,” tegas Mahayastra.
Langkah cepat penanganan sampah oleh Bupati Mahayastra juga ditanggapi dengan sigap oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar, I Wayan Kujus Pawitra. Setelah mendapat instruksi dari Bupati, Kujus segera akan melakukan penjajakan dengan pemilik lahan di seputar TPA Temesi.
“Besok kita akan melakukan rapat dengan pemilik lahan yang akan disewa. Sebagai solusi jangka pendek seperti disampaikan Pak Bupati,” kata Kujus Pawitra.
Kujus Pawitra juga mengatakan, pada tahun 2020, Pemkab Gianyar juga berencana akan melakukan penataan secara total TPA Temesi. Selain itu, akan melakukan penjajakan dengan pihak swasta sehingga pengelolaan sampah dilakukan dengan teknologi terbarukan. Begitu juga dengan program Pengelolaan Sampah Terpadu Pedesaan (PSTP) di setiap desa, akan lebih diintensifkan pelaksanaannya.
“Setiap desa nanti ada PSTP. Di setiap desa ada armada, tenaga, pengolahan dan pemilahan serta bank sampah. Sehingga yang masuk ke TPA Temesi, merupakan sisa-sisa pemilahan di desa,” imbuh Kujus Pawitra. (na)


COMMENTS

ADVERTORIAL,97,Bali,238,Berita Utama,163,Gresik,203,KORIDOR INSPIRASI HOBI,2,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,92,Nasional,169,Olahraga,10,Regional,391,Tajuk,21,Tanah Bumbu,156,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Cari Solusi Masalah Sampah, Bupati Mahayastra Tinjau TPA Temesi
Cari Solusi Masalah Sampah, Bupati Mahayastra Tinjau TPA Temesi
https://3.bp.blogspot.com/-ypnCKlyo_7o/XHvh3XzfD8I/AAAAAAAAUIA/gt87hnToN2Umq9wLggpjPgKQWbf6Tn6pgCLcBGAs/s320/bali%2Bft%2Bbrt%2Bcari%2Bsolusi%2Bmasalah%2Bsampah.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-ypnCKlyo_7o/XHvh3XzfD8I/AAAAAAAAUIA/gt87hnToN2Umq9wLggpjPgKQWbf6Tn6pgCLcBGAs/s72-c/bali%2Bft%2Bbrt%2Bcari%2Bsolusi%2Bmasalah%2Bsampah.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/03/cari-solusi-masalah-sampah-bupati.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/03/cari-solusi-masalah-sampah-bupati.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy