Desak DPRD Banyuwangi Segera Bentuk Pansus Tambang Emas Tumpang Pitu

BANYUWANGI, Korandor.com – PULUHAN warga Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran kembali menggelar aksi demo di Kantor DPRD Kabupate...




BANYUWANGI, Korandor.com – PULUHAN warga Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran kembali menggelar aksi demo di Kantor DPRD Kabupaten Banyuwangi, Senin (25/2). Aksi yang digelar kali ini cenderung lebih mendesak DPRD Kabupaten Banyuwangi, agar membentuk panitia khusus (pansus) guna meneliti dan menyelidiki persoalan tambang emas di Gunung Tumpang Pitu, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

Salah satu orator, Zaenal Arifin, mengatakan kedatangan mereka kali ini ke Gedung DPRD Banyuwangi adalah menuntut pihak DPRD untuk melakukan yang terbaik. Membuktikan DPRD punya kekuatan dan kemampuan untuk memaksa sebuah perusahaan pengelola tambang emas yang beroperasi di  Banyuwangi benar-benar mentaati peraturan yang berlaku.

“Kali ini kami mendasak agar DPRD membuat pansus untuk melakukan penelitian dan penyelidikan terhadap perusahaan tambang emas di Gunung Tumpang Pitu,” kata Ari – sapaan akrab Zaenal Arifin.

Selain itu massa juga menanyakan terkait gagalnya rencana agenda rapat antara DPRD Banyuwangi dengan manajemen PT. Merdeka Cooper Gold dan PT. BSI selaku pengelola Tambang Emas Tumpang Pitu. “Hari ini kami ingin memastikan, apakah ada pertemuan. Kalau memang tidak ada pertemuan, berarti PT BSI selaku pengelola tambang emas Tumpang Pitu adalah pengingkar janji,” tambah dia.

Sementara itu pejuang perempuan yang gigih menolak pertambangan Tumpang Pitu, Nurul Aini, mengaku sebagai korban dari tambang emas Tumpang Pitu. Karena itu sejatinya usaha tambang emas di Kecamatan Pesanggaran tidak perlu ada.

“Gunung Tumpang Pitu itu adalah benteng dari Pulau Jawa. Kelak jika Gunung Tumpang Pitu sudah habis dan terjadi pergeseran wilayah, mau ditaruh dimana warga setempat. Mohon semua yang ada di DPRD ini turut bertanggung jawab. Akan mengadu kepada siapa lagi kami menyusul sudah beberapa kali mengadu ke Bupati terkesan semua pada sembunyi,” tutur dia.

Dengan nada lantang, dia menyebut heran jika tiba-tiba dahulu dikeluarkan izin pertambangan sementara warga sekitar tidak tahu-menahu. “Boleh jadi Bupati adalah biang kerok semua ini. Mana Bupati yang mau menemui warga, mana Bupati yang mau bertanggung jawab. Dengan keberadaan tambang emas itu maka dua Kecamatan terkesan dijadikan tumbal,” tandas dia berapi-api.

Usai orasi, massa akhirnya ditemui sejumlah anggota dewan dan dilakukan dengar pendapat. Di antara anggota dewan ada M. Basir (Fraksi PPP), I Made Swastika (Fraksi PDI Perjuangan) dan Andik Purwanto (Fraksi Partai Gerindra).

Menanggapi hal itu M. Basir mengatakan sejak awal Fraksi PPP konsis menjadi inisiator pembentukan Pansus terkait keberadaan PT. BSI di Banyuwangi. Meski hanya terdiri empat anggota, FPPP akan tetap solid menolak keberadaan tambang emas.

“Saya tidak mau bicara soal golden share dan lain-lain karena prosesnya dari awal sudah salah dan tidak becus. Lahan pengganti tidak jelas dan PT BSI harus hengkang dari bumi Banyuwangi,” tandas dia dengan nada tegas

Ketika ditanya terkait gagalnya pertemuan antara DPRD dan PT. BSI untuk yang kedua kali, M. Basir mengatakan pihaknya hanya sebatas anggota biasa sehingga tidak bisa berbuat apa-apa. “Kami hanya sebatas bisa melapor kepada pimpinan,” tutur dia. (ris/dod/red/tom)


COMMENTS

ADVERTORIAL,76,Bali,208,Berita Utama,140,Gresik,173,KORIDOR INSPIRASI HOBI,3,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,76,Nasional,146,Olahraga,10,Regional,336,Tajuk,16,Tanah Bumbu,127,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Desak DPRD Banyuwangi Segera Bentuk Pansus Tambang Emas Tumpang Pitu
Desak DPRD Banyuwangi Segera Bentuk Pansus Tambang Emas Tumpang Pitu
https://2.bp.blogspot.com/-GxA_lNhspLE/XHvrti3CLUI/AAAAAAAAUJQ/_PxI_6JRL2ADM-DPnfql7eNyD2yRRiS2gCLcBGAs/s320/bwi%2Bft%2Bbrt%2Bwarga%2Bbwi%2Bmendesak%2BDPRD.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-GxA_lNhspLE/XHvrti3CLUI/AAAAAAAAUJQ/_PxI_6JRL2ADM-DPnfql7eNyD2yRRiS2gCLcBGAs/s72-c/bwi%2Bft%2Bbrt%2Bwarga%2Bbwi%2Bmendesak%2BDPRD.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/03/desak-dprd-banyuwangi-segera-bentuk.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/03/desak-dprd-banyuwangi-segera-bentuk.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy