Diskusi Publik Bidang Kesehatan dan Hukum Pelayanan RSUD Muhammad Zyn Jadi Sorotan

SAMPANG, Korandor.com - BERTEMPAT di gedung aula karta jalan jamaludin, ikatan pemuda sejabotabek mengadakan acara diskusi.  Tema y...




SAMPANG, Korandor.com - BERTEMPAT di gedung aula karta jalan jamaludin, ikatan pemuda sejabotabek mengadakan acara diskusi. Tema yang diangkat dalam acara diskusi, Minggu (24/2) yakni masalah buruknya pelayanan publik, serta sempitnya ruang publik di bidang kesehatan dan hukum.

Hadir dalam acara tersebut, anggota DPR RI Jakfar Sodik, Ketua Ombusdmen Jawa Timur Agus, Nurul Hadi perwakilan dari Pemkab Sampang, Dinkes yang dihadiri dr Yuliono, Titin Hamidah direktur RSUD Sampang, perwakilan Polres Sampang, DKR, LSM, media serta beberapa warga yang pernah merasakan "buruknya" pelayanan RSUD Sampang.

Hernandi Kusuma Hadi sebagai moderator diskusi menjadi sangat menarik, sebab Jakfar Sodik SH selaku ketua panitia saat diskusi menyinggung buruknya pelayanan RSUD Muhammad Zyn Kabupaten Sampang, sehingga mengakibatkan salah satu pasien meninggal dunia.

"Meninggalnya Safira diindikasi ada kelalain dari pihak RSUD Muhammad Zyn, dan ini sudah sangat viral di media sosial (medsos).

Jelas masalah ini tidak bisa dibiarkan, karena kalau dibiarkan, dikhawatirkan ada kasus serupa seperti yang dialami Safira, ujar Jakfar yang juga seorang pengacara ini.

"Proses hukum atas meninggalnya Safira telah dilaporkan ke Polres Sampang, dan penanganannya harus jelas.

Sebab publik juga ingin tau sampai sejauh mana penyelidikan oleh aparat hukum atas kasus meninggalnya Safira, jelasnya.

"Jangan sampai publik punya penilaian buruk terhadap kinerja aparat hukum, apalagi selama ini saya juga banyak mendengar banyaknya laporan perihal Rumah Sakit Sampang, tapi prosesnya terkesan tidak jelas.

KBO Reskrim Polres Sampang yang hadir saat itu mengatakan, kasus meninggalnya Safira masih dalam proses penyelidikan.

"Kasus ini tetap kami tindak lanjuti sesuai dengan protap, bahkan dalam kasus ini kami sudah melakukan pemanggilan kepada saksi pelapor dan terlapor untuk dimintai keterangan”.

Rolis Sanjaya dari Generasi Peduli Negeri (GPN) megatakan, pihak rumah sakit harus bertanggungjawab.

"Sebab ini murni bentuk kelalaian pihak rumah sakitnya, sampai mengakibatkan Safira meninggal.

Diketahui, meninggalnya Safira (5), anak pasangan dari Mahfud dan Zaenab asal dusun baban desa pangilen, Rabu (23/1) lalu diindikasi lalainya pihak rumah sakit yang menangani, dan menjadi pembicaraan dikalangan masyarakat.

Bukan rahasia umum, pelayanan Rumah Sakit Sampang sering mendapat keluhan baik dari pasien maupun dari keluarga pasien.

Meninggalnya Safira tidak hanya menjadi perbincangan hangat bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Dari anggota DPR RI dapil Madura, yang pada waktu diskusi jadi tamu undangan, juga ikut berkomentar dan akan mengawal kasus tersebut sampai tuntas.

"Akan kita kawal kasus ini, ujar Jakfar Sodiq, Minggu (24/2) saat dimintai keterangan oleh beberapa awak media.

Bahkan, Agus Ketua Ombusdmen Jawa Timur juga mengatakan, akan memantau kasus meninggalnya Safira yang telah dilaporkan ke Polres Sampang.

"Kita akan liat sejauh mana Pemerintah Sampang melakukan upaya penyelesain dalam kasus Safira ini, jelasnya.

Dalam kasus ini sementara belum ada laporan dari pihak yang dirugikan, jadi kita tidak bisa semena-mena masuk, ujar Agus.

Sementara itu direktur RSUD Muhammad Zyn Kabupaten Sampang, Titin Hamidah, sangat mengakpresasi sekali langkah pelaksana dengan mengadakan acara diskusi publik walaupun dari awal sempat kaget, karena tema diskusi dengan undangan tidak sama.

"Tapi tidak apa apa, karena bagi kami (RSUD Sampang, red) ini merupakan sebuah cambuk untuk perbaikan masalah pelayanan di RSUD Sampang kedepan.

Dirinya juga mengakui, setiap tahunnya RSUD Sampang selalu berbenah terutama di bidang pelayanan.

"Bahkan selama tahun 2018, tidak ada satupun keluhan terkait pelayanan di RSUD Kabupaten Sampang, ujar Titin. (bah)


COMMENTS

ADVERTORIAL,97,Bali,238,Berita Utama,163,Gresik,203,KORIDOR INSPIRASI HOBI,3,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,92,Nasional,169,Olahraga,10,Regional,391,Tajuk,21,Tanah Bumbu,156,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Diskusi Publik Bidang Kesehatan dan Hukum Pelayanan RSUD Muhammad Zyn Jadi Sorotan
Diskusi Publik Bidang Kesehatan dan Hukum Pelayanan RSUD Muhammad Zyn Jadi Sorotan
https://3.bp.blogspot.com/--8rChxIT_7o/XHv_S2j-x4I/AAAAAAAAUNM/ZJYjfBAoScc5vzG4spzlbEJtZOt9St30QCLcBGAs/s320/sampang%2Bft%2Bsaat%2Bdiskusi%2B%25281%2529.jpg
https://3.bp.blogspot.com/--8rChxIT_7o/XHv_S2j-x4I/AAAAAAAAUNM/ZJYjfBAoScc5vzG4spzlbEJtZOt9St30QCLcBGAs/s72-c/sampang%2Bft%2Bsaat%2Bdiskusi%2B%25281%2529.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/03/diskusi-publik-bidang-kesehatan-dan.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/03/diskusi-publik-bidang-kesehatan-dan.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy