Jurus Pamungkas Membangun Desa Penaga

BINTAN, Korandor.com – UNTUK mewujudkan desa yang maju, mandiri, sejahtera dan berkelanjutan mutlak perlu digelorakan semangat memb...




BINTAN, Korandor.com – UNTUK mewujudkan desa yang maju, mandiri, sejahtera dan berkelanjutan mutlak perlu digelorakan semangat membangun dengan melakukan berbagai inovasi dan jurus pamungkas. Apalagi terhiung tahun 2019 ini setiap desa sudah akan memiliki satu inovasi tersendiri dalam membangunan perekonomian desa. 

Hal ini ditandaskan Hamrudin, Kepala Desa Penaga, Kabupaten Bintan saat coba menjabarkan visi-misinya kepada media ini di ruang kerjanya, Kamis, (28/2) lalu.

Menurut Hamrudin, pemerintah telah mengamanahkan kepada seluruh Kepala Pemerintah Daerah agar dapat mengoptimalkan Dana Desa yang diberikan pemerintah guna kemajuan ekonomi desa. Dana itu tidak sedikit sehingga harus dikelola sebaik mungkin oleh pemerintahan desa dalam melakukan inovasi-inovasi pembangunan ekonomi guna kesejahteraan masyarakat.

“Kami akan terus melalukan berbagai inovasi pembangunan di desa. Termasuk membentuk dan mengoptimalkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sebab melalui BUMDes diharapkan tingkat kesejahteraan masyarakat desa bisa menjadi lebih baik lagi," kata Hamrudin.

Sebagai Kepala Desa, ia mengaku harus berpikir kreatif dan inovatif guna membangun desa. Hal itu dapat diterapkan secara sederhana dan kuncinya adalah kepekaan dalam mencium peluang dan kemampuan membaca pasar agar tepat guna dan tepat sasaran.

Untuk mewujudkan desa yang mandiri dibutuhkan kreativitas dan inovasi dalam merealisasikan sehingga desa dapat memanfaatkan potensi fisik dan nonfisik yang dimiliki. Menjadikan desa modern mirip dengan kehidupan perkotaan. Masyarakat memiliki mata pencaharian beragam didukung beragam sarana dan prasarana yang lebih maju.

“Bagaimana pun kita harus optimistis desa akan jauh lebih baik jika semua warga masyarakat terutama generasi muda berpikir kreatif untuk membuat karya-karya yang menarik. Berbagai potensi yang ada di desa sangat mungkin dapat dikembangkan dan dapat mewujudkan kegiatan berbasis Usaha Ekonomi Masyarakat jika dikemas dengan cara yang lebih kreatif dan inovatif,” tambah dia.

Disebut misalnya bagaimana jika produk makanan ringan yang selama Ini hanya dibuat untuk konsumsi rumah tangga bisa diproduksi dengan kemasan yang menarik serta memiliki izin dari Dinas Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk dapat dijual di pasar tradisional maupun pasar modern. Selama Ini produk-produk dari desa sebagian besar hanya sebagai pemasok bahan baku dan tidak sampai menjadi produk jadi.

Begitu pun dengan potensi keindahan alam desa dapat dikemas secara kreatif dan inovatif dengan membuat konsep desa wisata di mana rumah-rumah masyarakat desa dapat dijadikan homestay bagi para wisatawan. Namun, untuk mewujudkan hal itu dibutuhkan strategi pemasaran seperti program promosi guna memperkenalkan paket wisata di desa baik secara online maupun offline.

“Bumdes dapat menjadi penggerak untuk mengembangkan potensi perekonomian melalui desa wisata. Bumdesa bisa juga membuat program atau event di desa sebagai daya tarik wisatawan,” tambah Hamrudin seraya menambahkan dalam waktu dekat Desa Penaga akan membangun Balai Pertemuan Desa dan tempat ibadah. (hl/is/red/tom)

COMMENTS

ADVERTORIAL,60,Bali,170,Berita Utama,105,Gresik,135,KORIDOR INSPIRASI HOBI,3,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,64,Nasional,106,Olahraga,10,Regional,279,Tajuk,11,Tanah Bumbu,96,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Jurus Pamungkas Membangun Desa Penaga
Jurus Pamungkas Membangun Desa Penaga
https://4.bp.blogspot.com/-LYy_IPuA_WQ/XHv1NhyEAXI/AAAAAAAAULM/hlCy8wNYk2MppY3y4_STqoD5BBESVO8nQCLcBGAs/s320/riau%2BInovasi%252C%2BJurus%2BAmpuh%2BMembangun%2BDesa%2BPenaga.JPG
https://4.bp.blogspot.com/-LYy_IPuA_WQ/XHv1NhyEAXI/AAAAAAAAULM/hlCy8wNYk2MppY3y4_STqoD5BBESVO8nQCLcBGAs/s72-c/riau%2BInovasi%252C%2BJurus%2BAmpuh%2BMembangun%2BDesa%2BPenaga.JPG
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/03/jurus-pamungkas-membangun-desa-penaga.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/03/jurus-pamungkas-membangun-desa-penaga.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy