Kabid Sukanitera Buka Workshop Bahasa Inggris Kepada Guru SD

TABANAN, Korandor.com – DINAS Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tabanan melalui UPT Pendidikan Kecamatan Tabanan bekerjasama...




TABANAN, Korandor.com – DINAS Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tabanan melalui UPT Pendidikan Kecamatan Tabanan bekerjasama dengan Tri Rama Dewata CV Aryaduta selaku penerbit buku percetakan, gelar Workshop Bahasa Inggris. Acara workshop yang digelar secara gratis tersebut diiukti seluruh sekolah guru SD mata pelajaran Bahasa Inggris yang ada di Kecamatan Tabanan. 

Workshop  Bahasa Inggris yang digelar, Sabtu (16/2) lalu di SDN 1 Dajan Peken, Tabanan dibuka oleh Kepala Bidang Pembinaan TK/SD Kabupaten Tabanan I Made Sukanitera, SPd. Serta dihadiri olah Kepala UPTD Pendidikan kecamatan Tabanan Made Suardana,SPd, Ketua K3S Made Maria,SPd. SD, serta pengawas Dra Ni Made Purnami.

Ketua panitia Made Maria dalam sambutannya melaporkan, adapun peserta yang ikut dalam workshop bahasa inggris ini adalah semua guru mata pelajaran Bahasa Inggris baik PNS maupun pengabdi yang ada di Kecamatan Tabanan. Secara keseluruhan jumlah peserta yakni 38 SDN dan 7 SD Swasta, jadi total guru yang ikut dalam kegiatan workshop ini adalah sebanyak 45 guru.

Guna memenuhi tuntutan era globalisasi dan berlakunya K13 tahun ajaran 2018/2019 ini maka, mata pelajaran Bahasa Inggris sudah ditetapkan menjadi muatan lokal, artinya secara serentak program pembelajaran K13 sudah diterapkan secara utuh di Kabupaten Tabanan.

Di sisi lain, dalam pembelajaran tema K13 Bahasa Inggris tidak termuat dalam tema. Merujuk SK Kepala Dinas No. 180/085/Disdik tanggal 25 Januari 2019, bahwa di Kabupaten Tabanan bahasa inggris secara resmi sudah dijadikan muatan lokal. Maka dari itu, untuk saat ini seluruh SD yang ada di Kabupaten Tabanan secara wajib membelajarkan bahasa inggris sebagai muatan lokal diantaranya untuk kelas IV, V dan VI.

Selain berdasarkan SK, masuknya mata pelajaran bahasa inggris sebagai muatan lokal, dalam kegiatan workshop ini, sesuai dengan surat ijin Kepala Dinas Pendidikan nomor 420/753/Disdik tanggal 7 Februari 2019 lalu. “Dengan adanya kedua surat tersebut maka pihaknya berani menggelar kegiatan workshop Bahasa Inggris,” tegasnya.  

Made Maria yang juga merupakan Ketua K3S Kabupaten ini juga menegaskan, terkait dengan kegiatan workshop bahasa inggris ini, dari pemkab tidak menyediakan anggaran, kegiatan ini sepenuhnya murni gratis dan terkait pembiayaan semuanya di backup oleh Tri Rama Dewata CV Arya Duta selaku pencetak dan penerbit buku,” jadi kegiatan workshop ini tidak dipungut biaya dan murni gratis,” paparnya.

Kegiatan Workshop Bahasa Inggris secara resmi dibuka oleh Kabid Pembinaan TK/SD I Made Sukanitera, S.Pd. Dalam sambutannya mengatakan, pihaknya cukup mengapresiai  dan berterimaksih atas kegiatan workshop yang digelar oleh Tri Rama Dewata CV Arya Duta yang bekerjasama dengan UPT pendidikan Kecamatan Tabanan.

“Memang, mengacu pada kurikulum K13 tahun ajaran 2018/2019 bahwa, mata pelajaran Bahasa Inggris sudah dijadikan muatan local untuk itu, dengan digelarnya kegiatan workshop ini, pihaknya merasa cukup terbantu karena guru – guru yang ada di Kecamatan Tabanan khususnya guru bahasa inggris akan mendapatkan pelatihan secara gratis dan tentunya akan menambah wawasan guna menunjang proses pembelajaran sesuai dengan program pembelajaran K13.

Memang, workshop ini baru pertama kali digelar di Tabanan. Pihaknya berharap dengan digelarnya kegiatan workshop ini, para guru bisa mengikuti secara baik dan nantinya diharapkan pula para guru mampu memberikan pelajaran Bahasa Inggris yang benar dan baik kepada para siswanya dan kegiatan ini bisa mengimbas ke kecamatan lain yang ada di Tabanan,” harapnya.

Selain itu, dalam penerapan muatan lokal dianjurkan kepada para guru yang mengajar bahasa inggris, hendaknya mengawali dengan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar. Seperti di DTW Jati Luwih ada relawan dari STIBA Denpasar mengajarkan bahasa inggris di sekolah SDN 1, 2 dan 3 secara gratis. Sukanitera menambahkan, terkait dengan kegiatan workshop ini pihaknya dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan tidak pernah mengintervensi untuk adanya kerjasama dengan pihak penerbit/ pencetak buku, semuanya diserahkan kepada masing–masing sekolah,” tegasnya.

Sementara, narasumber Nanik Lestari dari Tri Rama Dewata CV Arya Duta di sela–sela kegiatan mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan workshop ini adalah ingin memberikan edukasi kepada para guru terkait cara–cara pengajaran bahasa inggris yang baik dan benar serta fun kepada anak didiknya.

Tentunya itu dibutuhkan proses step by step dari tingkat dasar hingga ke tingkat yang lebih lanjut, inti tujuan kegiatan workshop ini adalah untuk memudahkan bagaimana cara mengajar bahasa inggris kepada anak didiknya. Apalagi saat ini pendidikan sudah mengacu pada Kurikulum K13, sedangkan saat ini banyak buku–buku yang beredar tidak mengikuti acuan dari K13 tersebut. Dengan digelarnya kegiatan ini, pihaknya akan mensinkronkan palajaran–pelajaran sesuai dengan tema K13,” harapnya. (gin)


COMMENTS

ADVERTORIAL,60,Bali,170,Berita Utama,105,Gresik,135,KORIDOR INSPIRASI HOBI,3,Koridor Kuala Kapuas,31,Malang Raya,64,Nasional,106,Olahraga,10,Regional,279,Tajuk,11,Tanah Bumbu,96,Tips,6,Umum,28,
ltr
item
KORANDOR.COM: Kabid Sukanitera Buka Workshop Bahasa Inggris Kepada Guru SD
Kabid Sukanitera Buka Workshop Bahasa Inggris Kepada Guru SD
https://2.bp.blogspot.com/-j91IoxeWmC0/XHvidD5B5YI/AAAAAAAAUIM/QJxU5IYtsug-5FQoh86hQY3gdMIXzv0xQCLcBGAs/s320/bali%2Bworkshop%2B%25281%2529.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-j91IoxeWmC0/XHvidD5B5YI/AAAAAAAAUIM/QJxU5IYtsug-5FQoh86hQY3gdMIXzv0xQCLcBGAs/s72-c/bali%2Bworkshop%2B%25281%2529.jpg
KORANDOR.COM
http://www.korandor.com/2019/03/kabid-sukanitera-buka-workshop-bahasa.html
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/
http://www.korandor.com/2019/03/kabid-sukanitera-buka-workshop-bahasa.html
true
3362559209841274946
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy